6 Tanaman Hias yang Paling Banyak Dicari dan Manfaatnya!

  • Whatsapp

Hobi mendekorasi rumah memang sangat menyenangkan. Pemilik rumah juga bisa menuangkan ide-ide kreatif agar rumah tampak lebih segar dengan cara yang sederhana. Ada beberapa jenis-jenis tanaman hias yang paling banyak dicari karena selain indah, juga memberikan banyak manfaat. 

Tanaman Hias yang Paling Banyak Dicari

Tidak hanya cantik, tanaman itu juga memiliki manfaat bagi pemilik rumah. Misal digunakan sebagai pembersih polutan atau aromanya yang mengharumkan ruangan. Nah, berikut ini ada 6 tanaman hias yang paling banyak dicari untuk mempercantik rumah!  

1. Peace Lily

Tanaman hias yang paling banyak dicari urutan pertama adalah peace lily atau yang dikenal sebagai lili perdamaian. Namun, rupanya peace lily termasuk keluarga Araceae, bukan Lilium spp. Warna putih yang menawan membuat tanaman ini sering ditanam di sekitar rumah.

Tidak hanya sebagai dekorasi, peace lily juga memiliki beberapa manfaat. Peace lily mampu mengurangi spora jamur di udara sehingga perkembangan jamur di rumah bisa diatasi. Tidak hanya itu, peace lily juga bisa menyerap uap aseton dan membersihkan polutan.

Jika tanaman ini diletakan di kamar, peace lily mampu membantu meningkatkan kualitas tidur karena dapat mengontrol kelembaban ruangan.  Daun dan bunganya yang cantik dapat membuat tubuh serta pikiran semakin rileks. 

2. Monstera

Semakin hari, tanaman monstera semakin naik harganya. Keunikan dan keindahan unik yang dimiliki monstera terdapat pada daunnya yang lebar dan berlubang. Tanaman satu ini berasal dari hutan tropis selatan Meksiko hingga wilayah Panama.

Tanaman ini dapat diletakan di dalam atau luar ruangan karena memberikan kesan artistic. Warna hijau daun dapat membuat rumah minimalis terlihat lebih hijau dan segar. Tidak hanya sebagai dekorasi, tanaman ini bisa meningkatkan kualitas udara di malam hari, sehingga oksigen di dalam rumah akan terus diperbarui. Tanaman ini bisa ditanam langsung ditanah atau menggunakan pot.

Perawatannya pun cukup mudah karena hanya perlu disiram seminggu sekali. Tanaman ini harus dibiarkan terpapar cahaya dan memberi pupuk agar tumbuh subur.

3. Spider Plant

Sama seperti Monstera, Spider Plant juga memiliki keunikan di bagian daun. Tanaman satu ini memiliki daun memanjang yang terlihat seperti pinta. Spider plant juga bisa digantung menggunakan pot lalu diletakan di dalam atau luar rumah.

Tanaman ini aman untuk anak-anak dan hewan karena tidak memiliki racun.  Malahan, Spider Plant bisa menyerap polutan dan menyaring udara. Tanaman ini juga bisa menghasilkan oksigen sambil menyerap karbon monoksida dan metanol di ruangan atau sekelilingnya.

4. Sansevieria atau Lidah Mertua

Ingin memiliki tanaman hias tanpa merasa repot merawatnya? Sansevieria atau lidah mertua adalah pilihan yang tepat! Tanaman ini sejenis dengan lidah buaya yang mampu tumbuh di kondisi tanah dan cuaca apa pun. Cukup menumbuhkannya dengan cara stek dan siram dua kali seminggu agar tumbuh subur.

Tidak hanya berperan sebagai dekorasi, lidah mertua juga bisa menyaring udara kotor dan menyerap racun di udara. Tanaman ini juga bisa menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen sehingga sangat cocok dijadikan tanaman indoor. Namun, tanaman ini harus dijauhkan dari hewan peliharaan karena mengandung zat toksin.

5. Bonsai

Harga Bonsai memang beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Pohon yang dikerdilkan sehingga terkesan rapi dan lucu ini bisa menjadi alat pereda stress jika dirawat secara konsisten dan benar. Bentuknya yang pendek seringkali menjadi alasan tanaman ini digemari.

Hanya saja, bonsai memerlukan perawatan yang cukup merepotkan. Bonsai harus dipotong ranting yang mencuat dan diatur bentuk batangnya agar jauh lebih indah. Ada banyak jenis bonsai yang bisa dijadikan pilihan. Misalnya saja, pohon bonsai kesemek, pohon bonsai murbei, atau pohon bonsai apel. Tanaman ini bisa diletakan di dalam atau luar rumah agar memberi kesan natural dan segar.

6. Aglaonema

Tanaman hias yang paling banyak dicari berikutnya adalah Aglaonema. Spesies tanaman ini sering disebut Sri Rejeki atau Chinese Evergreen. Aglaonema tumbuh sangat baik di daerah tropis. Perawatannya yang mudah dan tampilannya yang cantik cocok untuk pecinta tanaman hias yang tidak mau ribet.

Tanaman ini sulit bertahan di suhu dingin di bawah 16 derajat Celcius. Namun, tanaman ini dinilai membawa energi positif di dalam rumah dan dapat menghilangkan polutan rumah. Aglaonema dapat menghilangkan formaldehyde dan benzene di udara. Sehingga udara di rumah akan terus bersih dan segar.

Aglaonema sendiri memiliki banyak varietas yang bisa dijadikan pilihan. Misalnya saja Aglaonema Red Kochin yang berwarna merah muda dan sering menjadi incaran banyak orang. Harganya kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah dan dapat ditemukan di toko online.

Menghias rumah sekaligus memberi manfaat untuk pemilik rumah memang menjadikan alasan tanaman-tanaman ini sering dicari. Itulah 6 jenis tanaman hias yang paling banyak dicari dan manfaatnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *