7 Aplikasi Edit Foto Profesional Terbaik Untuk Para Profesional

  • Whatsapp

Mengedit foto kini sudah menjadi kegiatan yang tak sulit untuk dilakukan, bahkan bisa dilakukan melalui smartphone seperti yang dikutip dari Tedas Corp. Akan tetapi bagi profesional tentu saja aplikasi editing di laptop atau pc tetap menjadi andalan.

Bukan hanya soal layar monitor yang besar tetapi juga fitur yang dihadirkan masih lebih lengkap.

Di tahun 2021 ini, tentu ada banyak aplikasi yang menanti untuk digunakan. Apa saja aplikasi edit foto yang profesional bisa Anda gunakan?

Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Para Profesional

Era mengedit foto jadi lebih menarik terus meningkat dengan berkembangnya teknologi fotografi. Kamera ponsel saja hampir sama kualitasnya dengan kamera DSLR beberapa tahun lalu. Betapa menakjubkannya kecanggihan teknologi saat ini.

Walaupun kamera dan fiturnya sudah canggih, tak sedikit foto yang membutuhkan editing. Tujuannya adalah supaya foto lebih indah dan bagi profesional foto bisa juga jadi hasil karya yang penting.

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi mana yang sebaiknya digunakan, berikut beberapa pilihannya.

Adobe Photoshop

Aplikasi yang terus jadi favorit bahkan dari tahun-tahun terdahulu, produk keluaran Adobe ini menghadirkan begitu banyak fitur. Hingga saat ini ada banyak sekali seri dari Adobe Photoshop yang semakin lengkap fiturnya.

Tak hanya profesional, para pemula pun akan selalu dianjurkan menggunakan Adobe Photoshop untuk edit foto. Untungnya saat ini aplikasi ini tersedia dalam dua yaitu CS dan CC yang bisa diakses secara online.

Lightroom

Masih dengan aplikasi editing keluaran Adobe, satu lagi yang sering jadi alternatif adalah Adobe Lightroom. Apabila merasa berat dan mahal mengakses Adobe Photoshop CS dan CC, pilihan lainnya bisa menggunakan Lightroom.

Fitur yang dihadirkan tak kalah lengkapnya selain itu lebih ringan ketika digunakan. Hanya berbekal komputer dengan spek RAM 8 dan VGA 2 ke atas aplikasi in bisa dengan mudah dijalankan.

Luminar

Jika dilihat sekilas sasaran pengguna Luminar adalah pemula, mengingat banyaknya filter yang disediakan pada aplikasi ini. Tapi jangan salah, tidak sedikit juga para profesional fotografer yang menggunakan Luminar.

Bagi profesional ada banyak fitur otomatis baik dalam memperbaiki warna hingga tine dan less distortion. Aplikasi berbayar ini lebih murah dibandingkan kedua aplikasi keluaran Adobe.

Affinity Photo

Sudah banyak profesional yang menggunakan aplikasi dan bagi pemula terdapat kemudahan menggunakannya yaitu tersedia tutorial. Sebagai alternatif aplikasi murah dari Adobe Photoshop, Affinity Photo menyediakan banyak fitur lengkap.

Aplikasi ini juga tergolong ringan bisa dioperasikan pada komputer dengan spek minimal RAM 2 GB dengan os Windows 64 bit. Walaupun sudah rilis tahun 2016 namun hingga tahun ini Affinity Photo tetap jadi favorit.

Baca Juga: 6 Aplikasi Rekam Layar pada Laptop dengan Fitur Menarik!

Paintshop Pro

Sebuah aplikasi yang selalu mengalami pembaruan setiap tahunnya. Bisa dibilang aplikasi ini adalah pesaing berat dari Adobe Photoshop. Dari segi pembuatan desain dan editing foto fitur yang digunakan sangat mumpuni.

  1. DxO Photolab

Aplikasi berbayar yang bisa jadi pilihan lainnya karena harga lebih murah. Hanya saja tools yang tersedia cukup rumit sehingga Anda harus belajar lebih cermat. Namun fitur yang tersedia memudahkan editing foto menjadi karya yang luar biasa.

  1. GIMP

Jika ingin mencari aplikasi gratis untuk profesional, GIMP jadi pilihannya. Aplikasi ini bisa dioperasikan pada berbagai jenis os mulai dari Windows hingga Linux. Apabila spek dari komputer tinggi maka GIMP sangat lancar digunakan.

Sekarang Anda tak akan ketinggalan lagi dengan aplikasi yang bisa digunakan untuk editing foto. Buat karya semakin menarik dengan beberapa aplikasi ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *