9 Cara Merawat Kucing agar Kucing Tumbuh Sehat 

  • Whatsapp
Cara Merawat Kucing

Melihat hewan kesayangan tumbuh dengan sehat tentunya akan sangat melegakan. Bagi para penggemar kucing harus tahu cara merawat kucing yang baik, mulai dari melakukan vaksin.

Melansir dari embaran.id Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kucing yang baik:

1. Mengenali Kebutuhan Gizi Kucing 

Kebutuhan gizi kucing dan anak kucing sangatlah berbeda. Anak kucing membutuhkan gizi dua kali lebih lengkap dari kucing. Guna memenuhi kebutuhan gizinya, berikan makanan kucing dengan makanan khusus untuk kucing. Makanan tersebut mengandung nutrisi yang lengkap untuk kucing. Dengan demikian, kucing pun bisa tumbuh lebih sehat. 

2. Jangan Memberikan Kucing Makanan untuk Jenis  Hewan Lainnya 

Cara merawat kucing yang selanjutnya adalah dengan tidak memberikan kucing dengan makanan untuk hewan lainnya. Misalnya memberikan makanan anjing untuk kucing. Hal tersebut jelaslah berbeda, dari segi nutrisinya. Bahkan makanan hewan lain tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing. Dengan demikian, tidak akan memiliki pengaruh yang baik untuk kucing. 

3. Mandikan Kucing Secara Teratur 

Agar kucing merasa sehat dan bersih, mandikan kucing secara teratur. Gunakanlah sabun khusus untuk kucing, agar bulu-bulunya tetap terpelihara dengan baik. Disamping itu, kucing akan merasa lebih bersih dan wangi setelah dimandikan. Tentunya akan membuatnya nyaman dan sebagai pemilik kucing pun senang untuk bermain-main dengannya. 

4. Menyikat Bulu-Bulu Kucing 

Walaupun kucing kerap membersihkan bulunya sendiri, dengan cara menjilatnya, namun alangkah baiknya jika sebagai pemilik hewan kesayangan ini membersihkan kucing tersebut dengan cara menyikat bulu-bulunya. Hal tersebut merupakan cara merawat kucing agar membuatnya lebih nyaman dan lebih rapi. 

5. Mengajak Kucing Bermain Jalan-jalan 

Setelah bersih dan wangi, saatnya mengajak kucing untuk berjalan-jalan. Kucing pun akan senang bila dapat menghirup udara segar. Terlebih bila mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hal tersebut berfungsi untuk melatih otot-otot motoriknya agar kucing semakin gesit dan lincah. Tentunya menjadi lebih sehat. 

6. Membersihkan Kandang Kucing secara Teratur 

Cara terbaik merawat kucing selanjutnya adalah dengan membersihkan kandang kucing. Kandang kucing yang kotor merupakan sarang penyakit. Dengan demikian, kucing tersebut menjadi lebih mudah sakit. Maka dari itu, harus membersihkan kandang kucing secara berkala. Disamping akan membuat kucing lebih nyaman, tentunya akan lebih sehat. 

7. Membersihkan Bagian Tubuhnya Kucing 

Bagian tubuh kucing yang tidak boleh luput untuk dibersihkan adalah kuku, telinga dan gigi. Pastikan untuk membersihkannya secara berkala. Pasalnya, jika tidak dibersihkan dapat menjadi sarana pertumbuhan bakteri. Dengan demikian kucing pun lebih mudah sakit. Disamping itu, kucing akan terlihat tidak terawat jika tidak dibersihkan pada bagian tersebut. 

8. Memberikan Daging Terbaik untuk Kucing 

Pahami bahwa kucing merupakan hewan karnivora. Selucu apapun tampilan fisiknya, kucing merupakan hewan pemakan daging. Dengan demikian, cara merawat kucing harus memberikan daging terbaik untuk hewan peliharaan yang satu ini. Memberikan kucing dengan daging, atau telur mentah dapat menjaga bulu-bulunya agar tetap halus dan terawat. 

9. Mengajarkan Kebiasaan Hidup yang Baik 

Sebagai hewan peliharaan, kucing merupakan salah satu hewan penurut. Dengan demikian, kucing tersebut akan menuruti apa yang diperintahkan oleh majikannya. Maka dari itu, sebaiknya untuk mengajarkan kucing untuk terus mengajarkan hidup yang baik. Mulai dari membuang kotoran pada tempatnya, memakan makanan di tempat yang sama yang telah disediakan, dan hal baik lainnya. 

Disamping harus melakukan langkah-langkah tersebut di atas, mengontrol kesehatan secara teratur dan memberikan vaksin merupakan bagian dari cara merawat kucing. Maka dari itu, sebagai pemilik hewan peliharaan ini harus mencoba memberi vaksin mengingat  harga vaksin kucing relatif murah. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *