Apa Itu NFC pada HP? Apa Saja Fiturnya? Penjelasannya Disini!

Advertisements
Jadi Salah Satu Penunjang Pembayaran Virtual, Sudah Tahu Apa Itu NFC pada HP?

Sudah tahu apa itu NFC pada HP? Mungkin sebagian dari kamu sudah sering mendengar istilah NFC sekarang ini. Tapi tidak jarang orang mengaitkannya dengan komponen HP biasa yang ada pada setiap seri perangkat.

Nyatanya tidak sepenuhnya demikian, kamu perlu tahu bahwa NFC ternyata jadi salah satu komponen penunjang pembayaran virtual. Apa lagi saat ini pembayaran virtual jadi salah satu metode pembayaran yang jadi keharusan dibanding dengan pembayaran cash.

NFC memungkinkan untuk melakukan sistem pembayaran virtual seperti tap cash tanpa perlu melakukan proses transfer secara manual dari aplikasi tertentu. Lalu seperti apa definisi, bentuk, fungsi dan cara kerjanya?

Apa Itu NFC pada HP?

Apa Itu NFC pada HP?

Near Field Communication atau yang lebih sering disingkat NFC adalah sistem komunikasi dengan berbekal medan magnet. Bagaimana bisa sistem komunikasi jadi salah satu perantara pembayaran digital?

Bukan sistem komunikasi yang tergambar seperti di WA atau sosial media lain, sistem ini membuat ‘komunikasi’ antar sistem. Jadi nantinya hasil komunikasi bisa berupa bill pembayaran di sistem tertuju atau notifikasi jenis lainnya.

Fitur dalam sistem ini bisa dikategorikan sama dengan Bluetooth namun banyak digunakan untuk sistem tap pembayaran digital. Komponen ini biasa berbentuk lempengan bundar yang didalamnya punya konstruksi tersendiri.

Pada saat ini komponen NFC tidak lagi ditempel secara manual di luar perangkat tapi sudah menyatu di dalam perangkat itu sendiri. Kehadirannya memang belum sepenuhnya merata, namun ponsel pintar kelas menengah hingga flagship sudah banyak dibekali dengan NFC.

Inilah yang selanjutnya dikenal sebagai fitur NFC. Lalu apa itu fitur NFC pada HP? Fitur ini merupakan sistem bawaan dari perangkat HP tertentu yang memungkinkannya melakukan pembayaran virtual atau digital langsung dengan cara tapping atau scaning.

Tidak hanya membayar dengan jumlah saldo tertentu, teknologi satu ini juga memungkinkan kamu untuk melihat sisa saldo hingga isi saldo. Di beberapa negara teknologi dengan chip NFC digunakan sebagai tiket transportasi umum.

Pada perangkat lebel besar seperti Samsung dan Apple, keduanya telah menerapkan sistem NFC pada beragam perangkat utamanya telepon genggam. Jadi bila kamu menggunakan salah satu perangkatnya maka kamu bisa menggunakan sistem NFC.

Mode-Mode NFC pada HP

Mode-Mode NFC pada HP

Sudah paham apa itu NFC pada HP? Kamu juga perlu mengenali mode-mode yang ada pada perangkat NFC di HP. Bisa jadi NFC pada perangkat HP kamu punya tiga mode sekaligus atau hanya salah satunya. Apa saja mode  dari NFC ini?

1. Reader Mode (Mode Pembaca)

Fitur pertama yang juga merupakan fitur paling standar yang dimiliki oleh sistem NFC. Perangkat HP dengan mode ini akan bisa membaca hingga menulis data dari salah satu perangkat (tag) lain yang dihubungkan.

2. Card Emulation Mode (Mode Kartu Emulasi)

Mode kedua memungkinkan kamu untuk tidak hanya membaca atau menulis dari suatu perangkat tapi juga bisa bekerja sebaliknya. Pemindahan data bisa saja terjadi bila dua perangkat dengan sistem NFC Card Emolator saling didekatkan.

Mode ini yang selanjutnya digunakan untuk sistem tiket pada HP sebagai perangkat aktifnya. Seperti contohnya tap HP saat ingin naik bus umum di negara luar. Bila perangkat sudah menjauh otomatis sistem NFC akan off sendirinya.

3. Peer to Peer Mode (Mode Saling)

Terakhir, mode yang memungkinkan kamu untuk melakukan penukaran data dengan lebih cepat dan tepat. Mode ini yang selanjutnya digunakan pada sistem pembayaran atau transfer digital dengan cara tap karena perangkat bisa berfungsi sebagai reader atau writer aktif dan pasif.

Bagaimana Cara Kerja NFC pada HP?

Bagaimana Cara Kerja NFC pada HP?

Cara kerja NFC pada perangkat HP sebenarnya cukup sederhana. Hampir sama halnya dengan cara kerja WiFi atau Bluetooth, NFC juga bertumpu pada sistem gelombang radio untuk mengirim berbagai jenis data.

Spesifiknya NFC menggunakan sistem RFID (Radio Frequency Identification) dengan induksi elektromagnetik pasif. Induksi ini bisa untuk mengirim data dalam muatan ringan sekalipun data yang dikirimkan rumit.

Frekuensi yang bekerja pada transmisi NFC bisa menyentuh 13,56 MHz (megahertz). Artinya frekuensi ini bisa bekerja dengan cepat untuk menunjang berbagai kebutuhan transfer data antar perangkat.

Contoh Penerapan NFC pada HP

Kini berbagai perangkat sudah banyak menerapkan sistem NFC. Semakin canggih sistem NFC yang diterapkan pada suatu perangkat HP maka akan semakin beragam pula fitur yang bisa digunakan. Beberapa contoh penerapan NFC pada HP meliputi:

1. Pembayaran Tap Virtual atau Digital

Pembayaran Tap Virtual atau Digital

Sudah tidak jarang didengar, sistem tap untuk berbagai jenis pembayaran virtual atau digital kini sudah sepaket di dalam perangkat HP. Artinya kamu tidak perlu membeli lagi chip NFC untuk diletakan pada permukaan luar HP.

2. Transmisi Data

Transmisi Data

Tidak hanya pembayaran, transmisi data juga bisa dilakukan oleh sistem NFC. Kamu memungkinkan untuk melihat berbagai data yang ditransmisikan oleh perangkat aktif. Misalnya bila kamu ingin melihat saldo kamu bisa melakukannya dengan mengaktifkan mode NFC.

Lewat sistem ini juga kamu bisa melakukan top up atau isi saldo. Hanya dengan mendekatkan perangkat saldo bisa langsung masuk ke perangkat pasif atau aktif sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan.

3. Tiket Naik Transportasi

Tiket Naik Transportasi

Pada beberapa negara sudah memberlakukan tiket tap menggunakan HP saat ingin menaiki transportasi umum. Seperti halnya bagian negara Eropa yang sudah lekat dengan pembayaran digital hingga Korea yang memiliki sistem serupa.

Jadi tidak perlu membeli kartu khusus transportasi lagi, calon penumpangnya hanya perlu mendekatkan HP untuk bisa langsung naik juga sebagai tanda sudah bayar. Nantinya saldo yang dimiliki akan otomatis berkurang.

4. Tiket Masuk Venue Tertentu

Tiket Masuk Venue Tertentu

Tanpa harus ribet masukkan pin hingga tunjukan QR code saat hendak memasuki venue tertentu, kamu juga bisa memanfaatkan sistem dari NFC. Sistem ini memungkinkan kamu untuk langsung masuk ke venue tanpa tiket fisik.

Hal ini yang banyak dimanfaatkan bagi para promotor hingga penyelenggara acara terkemuka. Selain lebih mudah, anggaran yang digelontorkan juga bisa lebih minim karena tidak ada proses pencetakan tiket fisik.

5. Penunjang Media Charge Perangkat Sejenis atau Sama

Penunjang Media Charge Perangkat Sejenis atau Sama

Masih dikatakan sebagai sistem charger perangkat eksklusif, isi ulang baterai HP dengan cara mendekatkan dua perangkat yang sama hanya bisa dilakukan pada perangkat tertentu. Seperti halnya iPhone.

Menggunakan basis prinsip yang serupa dengan sistem NFC, transmisi daya dilakukan dengan gelombang frekuensi tertentu. Dua perangkat ada yang berlaku sebagai perangkat aktif dan pasif hingga share daya baterai bisa terjadi.

Apa itu NFC pada HP memang cukup menarik untuk diselami. Sistem ini memungkinkan berbagai aktivitas jadi jauh lebih sederhana dan mudah untuk dilakukan. Berbasis sistem otomatis kini HP jenis apa saja sebenarnya bisa mengadaptasi sistem NFC.

Kamu tertarik untuk menggunakan sistem teknologi ini? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencoba sistem ini. Sebagai salah satu usaha paling mudahnya kamu bisa menggunakan HP flagship tertentu dengan sistem tanam NFC.

Baca Juga: Cheat GTA San Andreas Android Armor, Uang, Senjata, Makanan