Review SUN Energy : Apa Itu Solar Panel dan Bagaimana Cara Kerjanya

  • Whatsapp
Apa Itu Solar Panel

Perkembangan yang semakin maju membuat inovasi yang disuguhkan manusia juga makin banyak pula, salah satunya yaitu sistem solar panel. Inovasi ini memanfaatkan tenaga matahari yang merupakan sumber energi luar biasa. Lantas bagaimana cara kerja solar panel dan apa sejatinya alat satu ini? Simak ulasan berikut:

Mengenal Apa Itu Solar Panel

Solar panel atau biasa juga disebut dengan nama panel surya, adalah kumpulan sel surya yang telah ditata sedemikian rupa agar efektif untuk menyerap sinar matahari. Dimana pengertian dari sel surya sendiri yaitu perangkat elektronik, yang mampu menangkap sinar matahari kemudian mengubahnya menjadi energi listrik.

Sel surya ini umumnya memiliki ukuran sekitar telapak tangan orang dewasa, dan bentuknya segi delapan dengan warna hitam kebiruan. Nantinya sel surya ini digabungkan menjadi unit yang lebih besar yaitu modul surya, dan modul surya digabungkan lagi menjadi panel surya atau solar panel.

Jadi yang anda lihat seperti lembaran dengan warna biru atau kehitaman di atas atap, itu lah yang disebut sebagai panel surya. Dimana dalam penyusunnya terdapat ratusan sel surya per atap tersebut. Terkadang sel surya ini disebut juga sepabagi PV atau sel fotovoltaik karena memanfaatkan sinar matahari.

Yang mana foto dalam bahasa Yunani berarti cahaya, dan volta mengacu ke perintis listrik asal Italia bernama Alessandro Volta. Sehingga seperti yang sudah disebutkan, solar panel ini adalah konversi cahaya matahari yang mengubahnya menjadi energi listrik. Dimana penggunaannya bisa untuk rumah perkotaan, hingga di daerah terpencil yang kekurangan listrik.

Cara Kerja Solar Panel SUN Energy

Cara kerja solar panel dimulai dengan membiarkan partikel cahaya menjatuhkan elektron bebas yang berasal dari atom, sehingga menghasilkan listrik. Dimana untuk bekerja ini, sel fotovoltaik harus membentuk medan listrik terlebih dahulu. Medan listrik ini terjadi saat muatan berlawanan dipisahkan, mirip dengan medan magnet yang terjadi akibat kutub berlawanan.

Dan untuk mendapatkan bidang tersebut, produsen biasanya membuat silikon dengan bahan lain dan memberikan muatan listrik negatif atau positif pada setiap irisan atau lapisan sel fotovoltaik. Komponen pada sel inilah yang nantinya membuat sinar matahari yang diserap dapat diubah menjadi daya yang bisa digunakan.

Jika dijabarkan secara rinci, mungkin cara kerja dari panel surya ini terlihat begitu rumit. Namun sejatinya prosesnya terbilang berjalan sangat sederhana seperti yang telah disebutkan di awal, yaitu cara kerja solar panel adalah mengubah energi dari sinar matahari menjadi energi listrik yang dapat digunakan.

Solar panel ini mempunyai banyak manfaat dalam penggunaannya, salah satunya yaitu menghemat biaya listrik PLN dan ramah lingkungan karena menggunakan sumber energi yang dapat diperbarui. Untuk menghadirkan banyaknya manfaat dari panel surya ini anda bisa menggunakan produk dari SUN Energy yang unggul akan pembangkit listrik tenaga suryanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *