Apps  

Mau Temu Jodoh? Gunakan Aplikasi Chat Untuk Jomblo Ini Untuk Menemukan Pasangan yang Cocok

Advertisements
aplikasi chat untuk jomblo

Jika melihat di Internet, ada banyak sekali aplikasi chat untuk jomblo yang tersedia. Aplikasinya bisa digunakan oleh para jomblo di berbagai penjuru dunia. Beberapa aplikasi bahkan memiliki pilihan bahasa yang bisa disesuaikan.

Namun memang tidak semua orang di Indonesia menyukai aplikasi berbasis luar negeri karena mengalami kendala bahasa. Karena itu akhirnya beruntung ada aplikasi berbasis dalam negeri Indonesia dengan nama “Setipe”.

Aplikasi ini dibuat oleh Razi Thalib yang menyadari bahwa modernisasi ternyata memiliki pengaruh pada masalah percintaan. Belum lagi mencari aplikasi yang aman untuk orang lokal Indonesia ternyata tidak mudah.

Aplikasi Setipe

Berbeda dengan aplikasi chat untuk jomblo yang umumnya berbasis luar negeri, aplikasi Setipe ini buatan anak negeri. Dengan begitu, aplikasi ini memiliki berbagai keunggulan, yaitu:

  • Berbahasa Indonesia. Memudahkan komunikasi antar anggota.
  • Anggotanya adalah orang Indonesia atau yang sudah terbiasa di Indonesia.
  • Memiliki latar belakang budaya dan nilai kehidupan khas Indonesia.
  • Bisa memilih lokasi dan daerah yang diinginkan.
  • Terdapat layanan konsultasi untuk menemukan pasangan yang sesuai, bahkan untuk rencana jangka pendek dan panjang (menikah).

Cara Menggunakan Aplikasi Setipe

Setipe bisa diunduh langsung dari situs resminya di https://setipe.com ataupun melalui Google Play Store. Langkah berikutnya adalah melakukan registrasi lalu menjalani semua tahapan sesuai yang diminta oleh aplikasi. Berikut adalah penjelasannya:

1. Melakukan Registrasi

Untuk melakukan registrasi, calon anggota akan diberikan pilihan. Pendaftaran bisa dilakukan secara manual langsung ke situs resminya, atau melalui koneksi akun Facebook. Jika belum ingin akun FB terhubung, lakukan saja registrasi manual.

2. Mengisi Formulir Data Diri

Sebagaimana layaknya aplikasi sejenis, aplikasi chat untuk jomblo Setipe juga meminta data diri profil pribadi. Misalnya nama, data kontak, jenis kelamin, tanggal lahir, dan sejenisnya. Kemudian juga diminta membuat kata sandi untuk akunnya.

Berikanlah data diri yang benar sesuai aslinya. Karena jika terbukti memberikan data pribadi yang palsu, hal ini bisa dilaporkan oleh pihak ketiga sebagai upaya penipuan. Peraturan ini juga bertujuan agar para pengguna aplikasi ini merasa aman.

3. Melengkapi Data Tambahan

Data ini berupa lokasi tempat tinggal, status hubungan saat ini, agama yang dianut, etnis, dan data lain yang sejenis. Termasuk juga data kesehatan seperti apakah merokok, kesukaan minum alcohol, dan sebagainya.

Termasuk juga pertanyaan tentang pendidikan terakhir, tinggi dan berat badan, tipe tubuh, bahasa yang dikuasai, hobi, dan berbagai data yang menggambarkan diri sendiri.

4. Memberikan Standar Kriteria

Selain menjelaskan tentang diri sendiri, pengguna juga akan diminta memberikan standar kriteria yang diinginkan dari pasangan. Hal ini dibutuhkan untuk melakukan penyaringan kemungkinan orang yang cocok sesuai keinginan pengguna.

5. Menjalani Tes Kepribadian

Untuk menangani hal ini, Setipe.com menggunakan para ahli di bidang psikologi untuk membantu. Dengan tes karakter dan kepribadian ini, pengguna bisa lebih mengenal dirinya sendiri. Dengan demikian juga bisa membantu menemukan kecocokan dengan calon pasangan nantinya.

6. Menjawab Pertanyaan Seputar Perasaan

Selain tes kepribadian, pengguna juga akan diminta menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan perasaan. Misalnya hal yang menjadi kecemasan, pandangan pengguna terhadap suatu masalah atau situasi atau pernyataan tertentu. Atau juga apakah pengguna merupakan orang yang terbuka atau tertutup.

7. Mengunggah Foto

Agar bisa membayangkan tampilan seseorang, tentunya akan dibutuhkan foto diri yang jelas dan terbaru. Buatlah foto yang memberi penampilan terbaik dan unggah ke Setipe.com sebagai tanda pengenal diri yang jelas.

8. Memilih yang Cocok

Mesin pencari dalam aplikasi akan membantu menyaring seluruh anggota sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh pengguna. Besarnya persentase kesesuaian, maka secara kepribadian akan dianggap semakin cocok.

Tapi semua kembali pada pengguna, tentunya. Jika tidak menyukainya, pilih tanda “X”. Namun jika merasa suka, berikanlah tanda hati. Jangan khawatir karena pemberian tanda ini tidak akan diketahui orang yang bersangkutan, kecuali pengguna melakukan chat langsung.

9. Melakukan Chat Langsung

Jika ingin melakukan chat dengan orang yang disukai, lakukanlah di dalam aplikasi. Dengan begitu keamanannya bisa terjamin. Karena tidak perlu memberikan nomor telepon pribadi atau akun media sosial terlebih dulu.

10. Melakukan Pencarian Ulang

Jika saat pencarian awal tidak ada satupun yang disukai, aplikasi ini akan membutuhkan waktu 24 jam untuk melakukan pencarian berikutnya. Kandidat yang kemudian tersaring akan diinformasikan lagi seperti sebelumnya.

Fitur Status

Yang dimaksud dengan status di sini adalah bukan saja mengenai status pengguna saat ini. Jomblo atau duda atau janda. Tapi juga mengenai jenis hubungan yang ingin dijalin melalui aplikasi ini. Misalnya pengguna hanya ingin berteman, hal ini juga bisa dilakukan.

Jika memiliki kecocokan, untuk berteman juga bisa menyenangkan. Karena justru pada zaman modern seperti sekarang, mencari teman atau sahabat yang bisa saling memahami juga ternyata banyak yang mengalami kesulitan. Aplikasi ini bisa membantu menjadi jembatan penghubung untuk menemukan teman yang tepat.

Fitur Layanan VIP

Dalam layanan ini biasanya pengguna memang serius mencari pasangan hidup. Setipe.com memiliki tim yang secara khusus akan melakukan verifikasi lanjutan. Bukan saja masalah identitas, fisik, dan hal lainnya. Tapi bahkan bisa memfasilitasi pertemuan langsung (offline dating).

Aplikasi chat untuk jomblo yang berbasis lokal ini memang disukai oleh orang Indonesia. Karena kesesuaian latar belakang akan memudahkan dalam menemukan pasangan yang sesuai. Dibandingkan dengan aplikasi luar negeri yang memiliki banyak kendala dan terkait dengan faktor keamanan secara pribadi.