Apps  

11 Aplikasi Desain Baju di Android/Iphone Terbaik

Kerja Cepat dengan Pilihan Aplikasi Desain Baju Terbaik

Tidak bisa dipungkiri apabila kehadiran teknologi sangat memudahkan kehidupan manusia, termasuk di dalam hal mendesain baju. Berkat kehadiran aplikasi desain baju, membuat berbagai rancangan pakaian menjadi sangat mudah.

Tidak perlu lagi coretan di atas kertas. Cukup dengan mengunduh aplikasi di hp maupun PC, maka kamu sudah bisa menciptakan baju rancangan sendiri. Cara ini tentunya juga cukup efektif meningkatkan produktivitas karena dapat dilakukan di mana saja.

Tutorial di dalam aplikasi juga sangat memudahkan bagi para desainer pemula untuk memulai debut mereka. Bahkan mereka yang belum mahir dalam mendesain pakaian pun akan merasa sangat terbantu. 

Rekomendasi Aplikasi Desain Baju Gratis

Dengan 11 daftar aplikasi di bawah ini, kamu dapat mendesain baju impianmu dengan cara yang lebih efisien dan simpel.

1. Modern Women Gamis Design

Modern Women Gamis Design

Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini memang lebih banyak menyediakan fitur untuk mendesain baju gamis modern. berbagai kemudahan diberikan, salah satunya dengan adanya puluhan template hijab yang memudahkanmu membuat rancangan baju muslimah kekinian.

Ukuran aplikasi yang kecil juga membuatnya dapat dioperasikan dengan ringan karena tidak memakan banyak memori. Selain itu, kamu juga dapat mengakses desain dengan hanya menggunakan ponsel di manapun berada. 

2. Draw Clothes Outfit

Draw Clothes Outfit

Salah satu aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan skill merancang baju adalah Draw Clothes Outfit. Dengan banyaknya template gratis yang kekinian dengan fitur leveling, kamu dapat mendesain baju dengan lebih simpel namun terlihat bagus.

Sayangnya, aplikasi ini lebih cocok dioperasikan lewat PC atau laptop. Hal ini dikarenakan ukuran aplikasi yang cukup besar sehingga dapat menyebabkan lemot jika dioperasikan lewat hp. 

3. Fashion for Men

Fashion Design Flat Sketch

Hanya butuh OS versi 5.0 minimal untuk bisa mengakses aplikasi satu ini. Salah satu keunggulan dari aplikasi yang dikembangkan oleh Gelly Apps ini adalah tampilan antarmuka yang simpel sehingga memudahkan para pemula yang ingin mulai mendesain baju.

Selain itu, ukuran aplikasi ini juga kecil. Hanya dengan 4,3 MB saja kamu sudah dapat menikmati aplikasi dengan template baju pria yang sangat beragam ini. 

4. Ingubo

Ingubo

Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi desain baju satu ini adalah pilihan desain baju yang cukup lengkap. Selain itu, terdapat juga banyak model dan gaya kaos yang bisa dipilih. Ukuran dari kaos yang akan diproduksi pun juga dapat disesuaikan dengan keinginan.

Fitur yang disediakan oleh Ingubo antara lain adalah kemudahan mengunggah desain baju, terdapat kumpulan galeri, ketersediaan fitur untuk mendesain rompi, pengaturan font serta ukuran dan juga penyuntingan seperti rotate hingga trim.

Hanya saja, aplikasi ini mengharuskan penggunanya untuk mengakses aplikasi dari perangkat yang sudah menggunakan minimal OS versi 4.0.

5. Snaptee

Snaptee

Untuk bisa menikmati semua fitur yang disediakan di Snaptee, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untungnya, tidak ada biaya yang dipungut setiap kali melakukan pendaftaran. Setelahnya kamu dapat menikmati berbagai fitur menarik.

Fitur yang disediakan tersebut antara lain pilihan jenis desain yang beragam mulai dari parka hingga v-neck, pengaturan warna, pengaturan ukuran baju, desain kaos dengan tambahan tulisan tangan dan lain sebagainya.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini di smartphone maupun PC. Banyak orang memilih aplikasi ini karena dapat mendesain baju dengan mengadopsi gambar tangan buatanmu serta dapat menyesuaikan baju dengan pengguna.

6. Fashion Design Flat Sketch

Fashion Design Flat Sketch

Tidak butuh banyak skill yang mumpuni untuk bisa menghasilkan desain baju yang sederhana. Dengan menggunakan template dari Fashion Design Flat Sketch, kamu dapat membuat desain dari 0 dengan sangat mudah.

Selain fitur template, aplikasi desain baju ini menyediakan perpustakaan desain yang cukup lengkap. Selain itu terdapat juga pilihan desain baju wanita yang beragam serta mengekspornya ke media lain dengan mudah.

Sayangnya, aplikasi ini belum membebaskan penggunanya untuk menggunakan warna. Desain yang dihasilkan oleh aplikasi ini hanya bisa berupa sketsa hitam putih. 

7. Daily Men Fashion Style

Daily Men Fashion Style

Jika kamu membutuhkan aplikasi untuk desain baju wanita, maka kamu tidak akan bisa mendapatkannya di dalam aplikasi ini. Sebab aplikasi yang satu ini hanya menyediakan referensi untuk baju pria saja. 

Di dalam aplikasi juga terdapat tutorial sehingga memudahkanmu yang baru pertama kali belajar mendesain. Fitur lain yang disediakan Daily Men fashion Style adalah referensi gambar hingga beragam pilihan gaya baju pria.

Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa diakses dengan menggunakan perangkat Android saja. Walau demikian, keunggulan dari aplikasi ini adalah ukuran filenya yang tidak terlalu besar. 

8. Design & Get Your T-Shirt

Design _ Get Your T-Shirt

Bagi kamu yang menyukai desain kaos, maka aplikasi satu ini sangat cocok untuk kamu gunakan. Di dalamnya terdapat banyak fitur untuk merancang kaos distro. Hebatnya lagi, desain yang kamu buat bisa dipesan dan diantar ke rumahmu.

Fitur yang disediakan aplikasi ini berupa kustomisasi desain kaos, template quotes dan gambar serta pengaturan ukuran kaos sesuai keinginan. Sayangnya untuk bisa memiliki hasil desain kamu harus membayar. Itulah sebabnya hasil desain tidak dapat disimpan ke dalam galeri. 

9. T-Shirt Design Studio

T-Shirt Design Studio

Satu lagi aplikasi yang cocok untuk mendesain kaos adalah T-Shirt Design Studios. Aplikasi ini menyediakan fitur yang lengkap untuk merancang baju misalnya tutorial mendesain baju, fitur gambar desain manual, penyuntingan foto dan gambar serta penambahan gambar dan tulisan pada desain.

Pengoperasian tools di aplikasi ini juga mudah sehingga tidak menyulitkan ketika mendesain baju. Tampilan antarmuka juga ramah sehingga bagus untuk pemula. Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya bisa untuk desain kaos saja. Selain itu, tidak semua template tersedia gratis. 

10. DesainKita

DesainKita

Jika menggunakan aplikasi ini, kamu bebas menyunting gambar maupun tulisan untuk bagian depan maupun belakang baju. Selain itu, terdapat pula fitur kustomisasi baju dari warna, desain, hingga teks. Jika ingin menyimpan hasil desain, kamu dapat meletakkannya di galeri.

kamu juga mudah melakukan impor gambar untuk inspirasi desain kaos. Ukuran kaos juga bisa disesuaikan dengan S sebagai ukuran terkecil dan XL sebagai ukuran terbesar. Jika ingin mendesain baju secara instan, terdapat pula koleksi template yang cukup lengkap. 

Kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya tersedia fitur untuk mendesain baju jenis kaos saja. Selain itu, tampilan antarmukanya juga cukup monoton sehingga membuatnya kurang menarik.

11. Sketchbook

Sketchbook

Rekomendasi aplikasi terakhir adalah Sketchbook. Sesuai namanya, desain baju yang dihasilkan akan berupa sketsa. Walau demikian, kamu bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan menggunakan 140 jenis brush yang tersedia.

Walaupun berbentuk sketsa, namun kamu tetap bisa membubuhkan warna melalui palet warna yang sangat beragam. kamu juga dapat melakukan pengaturan kecerahan hingga layering pada objek yang sedang kamu kerjakan.

Hanya saja, aplikasi ini tidak cocok untuk semua jenis smartphone. Hanya ponsel pintar yang memiliki stylus pen saja yang dapat menggunakan aplikasi ini dengan leluasa. 

Kemampuan mendesain baju tidak hanya perkara kreativitas saja, tetapi juga kemampuan untuk menggambar baju sesuai dengan keinginan. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menggambar dengan baik.

Kemunculan aplikasi desain baju dengan berbagai macam fitur membuat terbukanya peluang bagi siapa saja untuk belajar merancang baju. Dengan aplikasi ini desain kaos hingga pakaian wanita yang cukup rumit bisa dihasilkan tanpa harus menggambar manual dengan tangan.

Baca Juga: 7 HP Termahal di Indonesia dengan Performa Gahar