Apps  

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun dan Anime di iOS & Android

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun dan Anime di iOS dan Android

Saat ini mengedit foto menjadi kartun memang sedang tren di kalangan anak muda, mungkin kamu termasuk salah satu orangnya. Sebenarnya ada banyak sekali pilihan aplikasi edit foto jadi kartun yang bagus dan gratis.

Kamu bisa membuat foto profil media sosial menjadi lebih keren dan menarik dengan beberapa aplikasi tersebut. Namun, untuk membuat hasil gambar kartun ala anime yang bagus kamu tidak hanya membutuhkan aplikasi edit foto jadi anime.

Tapi, juga membutuhkan kreativitas untuk mengaplikasikan tools-tools yang ada pada fotomu tersebut. Jadi jangan salahkan aplikasinya jika hasil gambar kartunmu kurang bagus atau tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan ya!

Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun dan Anime di iOS dan Android

Mengedit foto menggunakan efek di Instagram agar terlihat lebih cantik dan keren, merupakan hal yang sudah biasa. Salah satu ide mengedit foto yang unik, yaitu membuat foto menjadi kartun yang berbeda dari orang-orang pada umumnya.

Bagi kamu yang sudah tidak sabar ingin mengedit foto menjadi kartun ala anime, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasinya.

1. PicsArt

PicsArt

Rekomendasi aplikasi pertama ini pasti sudah tidak asing di telingamu, karena memang sudah banyak dikenal karena memiliki banyak sekali pilihan tools. Di aplikasi PicsArt tersedia berbeda tools seperti frame, filter, teks, stiker, crop, rotate, dan tools keren lainnya.

Di aplikasi ini kamu juga akan menjumpai berbagai pilihan filter yang  bisa membuat fotomu, terlihat seperti kartun di dalam komik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengedit foto menjadi gambar karikatur pensil yang unik dan keren.

PicsArt bisa dibilang sebagai aplikasi edit foto jadi kartun anime terbaik yang mudah digunakan dan memiliki banyak fitur.

2. Clip2Comic & Caricature Maker

Clip2Comic _ Caricature Maker

Sayangnya aplikasi selanjutnya ini hanya bisa digunakan di iPhone dan iPad karena hanya tersedia di iOS. Di aplikasi Clip2Comic ini kamu bisa menjadikan foto apa pun menjadi lebih artistik dan keren.

Di sini kamu bisa mengubah foto menjadi gambar kartun ala komik super hero yang unik dan keren. Hasil gambar kartun yang didapatkan cukup bagus bak profesional, sehingga cocok digunakan untuk membuat konten promosi produk dan tujuan komersial lainnya.

3. Pixlr

Pixlr

Selain aplikasi PicsArt, aplikasi Pixlr pasti juga sudah tidak asing lagi di telingamu. Aplikasi Pixlr juga menyediakan beragam pilihan fitur dan tools yang menarik dan keren untuk mengubah foto menjadi lebih artistik.

Sama seperti PicsArt, aplikasi ini juga menyediakan filter kartun yang bisa mengubah fotomu menjadi lebih unik bak gambar di komik. Aplikasi edit foto jadi kartun satu ini bisa kamu gunakan secara gratis dan pengoperasiannya cukup mudah dipahami.

4. ToonCamera

ToonCamera

Aplikasi satu ini sayang juga hanya tersedia di iOS sehingga hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone. ToonCamera ini bisa dibilang sebagai aplikasi spesialis edit foto anime dan kartun.

Melalui aplikasi ToonCamera ini kamu bisa mengubah foto menjadi kartun dengan berbagai pilihan efek dan style. Kamu juga bisa menyaksikan efek kartun secara langsung dari tampilan viewfinder sehingga lebih memudahkan saat mengedit.

Tersedia juga berbagai  pilihan tools, seperti gaya sketsa, oil painting, hitam putih, efek tinta, dan efek lainnya. Efek-efek tersebut tidak hanya digunakan untuk foto tapi juga bisa digunakan untuk video.

5. Pencil Sketch

Pencil Sketch aplikasi edit foto jadi kartun

Rekomendasi aplikasi edit foto jadi kartun berikutnya ini bisa digunakan di perangkat Android, saat menggunakannya kamu akan merasa seperti seniman sungguhan. Karena aplikasi ini bisa mengubah semua foto menjadi gambar pensil yang indah.

Jadi, tidak hanya foto wajah saja tapi juga bisa digunakan untuk mengedit foto pemandangan alam dan lainnya. Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, cukup pilih salah satu foto lalu tinggal pilih efek dan filter yang kamu inginkan.

Di aplikasi Pencil Sketch ini kamu bisa memilih berbagai efek, mulai dari  Doodle yang membuat foto seperti gambar kartun. Atau mode Comic yang bisa mengubah foto menjadi gambar kartun ala komik anime.

6. MomentCam

MomentCam

Aplikasi selanjutnya ini cukup populer di Indonesia terutama pada pengguna perangkat Android, MomentCam dikembangkan oleh developer bernama Hightalk Software Corp asal China. Untuk menggunakan aplikasi ini kamu perlu memilih beberapa karakter kartun yang telah disediakan terlebih dulu.

Setelah memilih karakter kartun yang diinginkan, selanjutnya aplikasi tersebut akan dikombinasikan dengan foto wajahmu. Kombinasi yang dihasilkan cukup unik dan lucu sangat cocok digunakan untuk koleksi foto di media sosial.

7. Avatoon

Avatoon aplikasi edit foto jadi kartun

Melalui aplikasi Avatoon kamu juga bisa mengubah foto wajah menjadi gambar kartun dengan mudah loh. Aplikasi ini menyediakan pendeteksi wajah untuk memotret wajahmu secara langsung, lalu menjadikannya menjadi avatar.

Gambar avatar yang dihasilkan akan dibuat semirip mungkin dengan wajahmu, karena sudah menggunakan teknologi biometriks. Di aplikasi ini kamu tidak hanya bisa mengubah foto wajah saja tapi juga bisa foto dari keseluruhan badan.  

8. Sketch Camera

Sketch Camera aplikasi edit foto jadi kartun

Aplikasi satu ini dibuat oleh Pixelab yang bisa menjadi real time sketsa, dengan memberikan efek kartun secara langsung di kamera smartphone kamu. Kamu bisa langsung memilih efek kartun yang diinginkan lalu mengambil foto secara langsung.

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot lagi mengedit karena bisa langsung berfoto dengan berbagai pilihan efek kartun yang tersedia. Tersedia berbagai pilihan efek di antaranya seperti sketsa, gambar pensil, minyak, cat air, dan berbagai efek lainnya.

9. Sketch Me! Sketch&Cartoon

Sketch Me! Sketch_Cartoon

Aplikasi edit foto jadi kartun anime selanjutnya ini bernama Sketch Me! Sketch&Cartoon yang hanya tersedia di iOS. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan filter kartun yang sangat menarik dan unik untuk mengubah tampilan fotomu.

Tapi, sayangnya untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus mengeluarkan biaya sebesar 1,99 USD. Biaya langganan tersebut bisa dibilang sepadan dengan fitur dan tools yang ditawarkan karena performanya yang instan dalam mentransformasi gambar dan mudah digunakan.

10. PicsKit Photo Editor

PicsKit Photo Editor aplikasi edit foto jadi kartun

Rekomendasi aplikasi edit foto jadi anime yang terakhir ini datang dari PicsKit Photo Editor yang bisa digunakan di perangkat Android. Aplikasi satu ini merupakan aplikasi edit foto general yang menyediakan berbagai tools dan fitur edit foto dalam satu aplikasi.

Jadi, aplikasi ini tidak hanya bisa mengubah fotomu, menjadi kartun tapi juga bisa digunakan untuk mengedit foto secara general. Mulai dari menggabungkan dua foto menjadi satu, menghapus dan mengubah background foto, dan fitur-fitur lainnya.

Cukup menarik bukan? Tapi, sayangnya aplikasi ini tidak memiliki filter dan fitur yang lengkap untuk mengubah foto menjadi kartun. Jadi, pilihan tools untuk mengubah gambar menjadi kartun agak terbatas.

Dari beberapa rekomendasi aplikasi editing foto di atas, aplikasi mana yang paling kamu ingin gunakan? Beberapa aplikasi di atas memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebaiknya kamu memilih aplikasi edit foto jadi kartun yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Jika, untuk tujuan komersial kamu bisa memilih aplikasi khusus edit foto kartun yang lebih profesional untuk hasil yang bagus.

Baca Juga: 10 Game PS1 Terbaik yang Masih Layak Dimainkan Sekarang