Aplikasi Menghitung Usia Kehamilan yang Mudah Digunakan

  • Whatsapp
Aplikasi Menghitung Usia Kehamilan

Kehamilan merupakan hal yang dinantikan oleh seorang ibu dan ibu akan menghitung usia kehamilan tersebut. Bagaimana cara menghitungnya bisa menggunakan bantuan aplikasi menghitung usia kehamilan. Memahami usia kehamilan sangat penting karena ibu bisa mempersiapkan segala sesuatunya berdasarkan pertumbuhan janin.

Ada hal yang perlu dipahami tentang usia kehamilan tersebut karena usia kehamilan berbeda dengan usia janin. Selanjutnya guna menghitung usia kehamilan bisa menggunakan beberapa aplikasi yang disarankan.

Pengertian Usia Kehamilan dan Perbedaan dengan Usia Janin

Pada usia kehamilan pada umumnya berlangsung 40 minggu hingga si Ibu melahirkan janinnya. Perhitungan dilakukan mulai dari hari terakhir menstruasi, sehingga si Ibu harus mengingat kapan menstruasi terakhir.

Hal tersebut dilakukan pula oleh dokter untuk menentukan kapan bayi lahir. Dengan melakukan perhitungan usia kehamilan yang terhitung dari hari terakhir menstruasi hingga 40 minggu menjadi tanda atau prediksi melahirkan janin.

Sementara itu pada usia janin merupakan usia yang sebenarnya bahwa janin tersebut tumbuh pada rahim si ibu. Namun, secara pasti tidak diketahui kapan terjadinya pembuahan rahim, sehingga penggunaan usia kehamilan dilakukan sebagai prediksi kapan janin akan lahir. Dengan memahami hal tersebut, maka ibu bisa menghitung dengan perhitungan beberapa aplikasi untuk usia kehamilan.

Aplikasi Menghitung Usia Kehamilan

Kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi menghitung usia kehamilan bisa digunakan oleh Ibu untuk mengetahui berapa usianya dan prediksi kelahiran. Berbagai ragam fitur menarik tersedia pada aplikasi hitung kehamilan berikut ini:

1. Teman Bumil

Pada aplikasi Teman Bumil dilengkapi dengan fitur pemantauan kesehatan ibu serta janin setiap bulannya. Dengan memasukkan data tekanan darah si ibu serta berat badan selama masa kehamilan, progress dari kesehatan ibu dan janin bisa dipantau via aplikasi ini. bahkan ada fitur record Mum & Janin, sehingga bisa mencatat data berat janin, panjang janin hingga detak jantungnya.

Adanya fitur 360 juga membantu ibu untuk melihat perkembangan janin dengan cara memberitahu via aplikasi. Adanya fitur agenda memberikan notifikasi pada ibu hamil serta fitur checklist yang berupa list yang harus dikerjakan ibu hamil. Teman BUmil merupakan aplikasi yang memang mudah digunakan dengan fitur yang lengkap untuk Ibu hamil.

2. Pregnancy Assistant

Aplikasi Pregnancy Assistant ini bisa diunduh via HP android dan merupakan aplikasi menghitung usia janin yang direkomendasikan. Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu dengan memasukkan tanggal hari pertama haid terakhir. Kemudian akan tampil berbagai macam catatan mingguan yang bisa disimak oleh si Ibu.

Ada pemberitahuan pula pada aplikasi Pregnancy Assistant, kapan harus cek ke dokter. Maka Ibu hamil harus segera berkonsultasi dengan dokter perihal kondisi Ibu dan melihat perkembangan janin secara resmi. Aplikasi ini dikonsep untuk membantu Ibu yang sedang hamil memiliki pengingat atau asisten agar perkembangan janin bisa terpantau.

3. Pregnancy ++

Penggunaan aplikasi Pregnancy ++ juga memudahkan Ibu hamil. Memberikan kalkulasi hitung usia kehamilan yang mendekati akurat, sehingga si Ibu mengetahui kapan janin akan lahir. Bahkan dilengkapi dengan hitungan tendangan jika usia kandungan si Ibu memasuki trimester kedua dan terakhir.

Adanya fitur perhitungan total berat badan Ibu yang naik setiap minggunya juga memberikan informasi yang penting. Bagaimana kondisi Ibu dan perkembangan janin, sehingga Ibu bisa mengontrol dan menjaga kesehatan dirinya dan janinnya secara bersamaan.

4. Hallobumil

Aplikasi menghitung usia kehamilan yang terbaik lainnya yaitu Hallobumil. Hadir dengan memberikan beberapa tips serta informasi penting kepada Ibu hamil dan disesuaikan dengan usia kehamilan. Semua informasi kesehatan yang ada pada Hallobumil ini terjamin aman karena dibuat oleh tim dokter dari Hallobumil. Bahkan tim dokter tersebut bekerjasama dengan klikdokter.com untuk menyajikan yang terbaik.

Terdapat pula timeline untuk memonitor kehamilan dengan dilengkapi informasi berdasarkan kondisi saat itu juga secara tepat. Jadi saat ibu hamil memperhatikan usia kehamilan tidak sesuai dengan timeline bisa mengetahuinya lebih awal. Dan segera melakukan konsultasi secara resmi kepada dokter.

Baca juga: 6 Aplikasi Belajar Online untuk Menunjang Pendidikan Daring di Masa Pandemi

5. Count The Kicks

Pada aplikasi Count The Kicks ada hal yang menarik disini, yaitu fitur yang mengetahui gerakan janin pada kandungan sang Ibu. Bahkan ada perhitungan beberapa kali janin melakukan tendangan pada perut Ibu hamil. Jadi saat ada perhitungan tendangan janin yang tidak sesuai, maka Ibu hamil bisa langsung melakukan konsultasi ke dokter sebagai penangan awal.

Count The Kicks ini juga bisa mendeteksi kapan due date atau tanggal ibu melahirkan. Dengan memasukkan kapan tanggal terakhir haid sehingga akan muncul hasilnya. Oleh karena itu, pentingnya ibu mengingat atau mencatat hari terakhir haid guna menentukan usia kehamilan janin.  Sehingga bisa mengikuti perkembangan dan kesehatannya.

Dengan adanya aplikasi menghitung usia kehamilan yang bisa didownload dengan mudah di android. Serta bisa digunakan bahkan memberikan notifikasi pada HP untuk beberapa pengingat. Tentunya sangat membantu Ibu hamil dalam menjalani kehamilan dan memantau perkembangan janin secara lebih baik. Dan jika ada hal yang tidak sesuai dengan informasi, Ibu hamil bisa mendapatkan peringatan dini untuk ke dokter.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *