Apps  

Mengenal Aplikasi Pengolah Angka dan Fungsinya

Fungsi Aplikasi Pengolah Angka Adalah

Aplikasi pengolah angka adalah sebuah software yang digunakan untuk mengolah data-data ke dalam bentuk worksheet.

Umumnya proses pengolahan angka memakai kalkulator atau alat hitung lainnya dan pembukuan, namun cara tersebut mulai bergeser dengan aplikasi pengolahan angka seperti Microsoft Excel, XESS, Lotus 123 dan lainnya.

Aplikasi ini membantu kamu untuk mendata semua angka atau teks ke dalam kotak atau sel dengan cepat dan mudah, setiap proses perhitungannya memakai rumus-rumus.

Fungsi Aplikasi Pengolah Angka Adalah..

Fungsi Aplikasi Pengolah Angka Adalah

Fungsi utama dari aplikasi pengolah angka adalah solusi untuk menghitung angka dalam jumlah besar ke sebuah tabel dengan mudah. Nantinya kamu bisa mengatur ukuran lebar tabel, menghitung angka pakai rumus tertentu, sampai membuat grafik.

Selain fungsi diatas, masih ada tiga fungsi umum lainnya dari aplikasi pengolah angka adalah :

1. Pembuatan laporan keuangan

Aplikasi pengolah angka berfungsi untuk membantu kamu dalam membuat laporan keuangan. Sehingga kamu tidak akan kesusahan lagi saat menghitung keuangan dan tidak perlu menghitung secara manual.

2. Pembuatan grafik

Aplikasi pengolah angka membantu kamu dalam pembuatan grafik sebagai bentuk pelaporan data, nantinya hasil perhitungan angka atau data tadi akan ditampilkan dalam bentuk grafik.

3. Perhitungan angka memakai rumus

Semua aplikasi pengolah angka sudah dilengkapi dengan rumus yang akan membantu kamu untuk menghitung data dengan cepat dan tepat.

Nantinya kamu tinggal menginput data atau angka lalu memasukkan rumus, setelah itu hasil perhitungan angka akan muncul secara otomatis.

Daftar Aplikasi Pengolah Angka

1. Microsoft Excel

Microsoft Excel

Pertama, ada Microsoft Excel yang sangat populer dan sudah banyak digunakan oleh orang banyak sejak dirilis pada tahun 1987.

Umumnya Microsoft Excel dipakai untuk melakukan perhitungan seperti bidang akuntansi menghitung keuntungan dan kerugian sebuah penjualan.

Kelebihan Microsoft Excel adalah tampilannya sederhana dan perhitungan data jadi lebih cepat. Dapat menampung 16.384 kolom dan 1.084.576 baris.

Kabar baiknya Microsoft Excel sudah terintegrasi sehingga kamu bisa akses Excel secara online di browser. Untuk penyimpanan file bisa kamu pilih pakai format pdf atau Open Office pakai Linux.

Namun, agar bisa mendapatkan lisensi penggunaan Microsoft Excel kamu harus membayar sekitar $69.99 per tahun, atau $149.99 untuk pemakaian selamanya.

2. Kspread

Kspread

Kspread adalah aplikasi spreadsheet salah satu bagian dari Koffice yang sifatnya multiplatform dan open source.

Maksudnya, kamu dapat mengubah kode program agar fitur pada program software semakin bertambah. Dan kamu bisa menyesuaikan semua fitur pengolahan angka sesuai kebutuhan.

Sifat multiplatform memungkinkan kamu memakai software ini dengan berbagai jenis sistem. Sehingga kamu bisa memakai software ini di OS Linux dan Windows.

Fitur lainnya yaitu ada beberapa lembar kerja di dalam satu dokumen, tersedia bermacam format, dan pemeriksaan ejaan.

3. OpenOffice Calc

OpenOffice Calc

OpenOffice Calc mempunyai sifat yang sama seperti Kspread yaitu multiplatform dan open source. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk modifikasi spreadsheet sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Kelebihan aplikasi Open Office Calc adalah interface yang sangat sederhana sehingga lebih mudah digunakan oleh mereka yang pemula. Selain itu, tampilan software di penuhi oleh menu dan tombol di toolbar, kelebihan lainnya hampir sama seperti Microsoft Excel.

4. Abacus

Abacus

Abacus adalah aplikasi spreadsheet yang ukurannya sangat sangat kecil sekitar 2 MB. Kelebihan Abacus yaitu tidak memakan banyak memori, sehingga cocok buat kamu yang suka software minimalis dan hemat ruang penyimpanan.

Tidak hanya itu, Abacus sangat mudah untuk digunakan sehingga cocok untuk kamu yang pemula baru belajar tentang pengolahan angka. Namun, aplikasi Abacus baru tersedia untuk sistem operasi Linux.

5. Wingz

Wingz

Jika kamu termasuk pengguna yang suka dengan aplikasi freeware, aplikasi Wingz bisa menjadi pilihan untuk membantu dalam pengolahan angka.

Namun sayangnya, aplikasi Wings sangat dibatasi untuk penggunaan non komersial, sehingga aplikasi ini tidak bisa dijual kembali.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi Wings mempunyai sifat multiplatform dimana kamu bisa memakai aplikasi ini di berbagai jenis sistem operasi.

Selain itu aplikasi ini mempunyai bermacam fitur seperti Micro Add-Ins dan kemampuan untuk pemrograman. Lalu untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap kamu bisa mengeluarkan budget yang cukup banyak.

6. SPREAD32

SPREAD32

SPREAD32 adalah aplikasi alternatif Excel yang kamu gunakan secara gratis sebagai alat pengolah angkat.

Dilengkapi dengan 300 fungsi untuk menghitung matematika, trigonometri, referensi, teknik, logika, keuangan. Semua file akan disimpan oleh spreadsheet dalam bentuk CSV, XLS dan PXL.

Saat kamu menganalisis atau melakukan perhitungan dengan data yang jumlahnya kecil, maka spreadsheet versi gratis akan melakukan filter data, menyisipkan bagan dan menyiapkan tiga pengaturan dengan formagan bersyarat.

Namun, kalau kamu melakukan analisis data dengan jumlah yang besar disarankan untuk memakai spreadsheet berbayar.

7. GNOME Office-Gnumeric

GNOME Office-Gnumeric

GNOME Office Gnumeric merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh GNOME Office. Aplikasi ini hampir sama dengan Open Office dan Kspread yaitu mempunyai sifat open source.

Aplikasi ini dibuat dengan tampilan user yang friendly, dimana halaman utama Gnumeric terdapat menu dan tombol toolbars.

8. Abs

Abs

Salah satu program spreadsheet yang berdiri sendiri dan bisa kamu pakai di platform Unix atau Linux adalah Abs.

Abs memiliki bahasa macro AB Visual yang cukup kompatibel dengan Microsoft Visual Basic, sehingga memungkinkan Abs bertukar data/file dengan Microsoft Excel memakai Visual Basic.

Lalu, semua format, data, bagan/chart, kontrol bisa kamu ekspor ke Microsoft Excel. Karena aplikasi ini sudah bisa didistribusikan pakai source code dibawah pengawasan lisensi GPL.

9. XESS

XESS

XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Applied Information System (AIS). Aplikasi XESS bisa kamu install pada laptop yang punya sistem Windows, Linux, Openvms dan UNIX.

10. Office Suite

Office Suite

Aplikasi Office Suite hampir sama seperti WPS, maksudnya aplikasi Office Suite tidak cuma menyediakan aplikasi pengolah angka namun menyediakan pdf, doc dan spreadsheet. Aplikasi ini bisa kau download di smartphone dan aplikasi Office Suite punya sisi interface yang berbeda dengan aplikasi lainnya

11. LibreOffice Calc

LibreOffice Calc

Terakhir, aplikasi LibreOffice Calc yang mampu mengolah angka secara gratis, punya sifat open source, dikembangkan oleh Open Office, dan mempunyai tampilan seperti Excel versi lama.

LibreOffice Calc menjadi alternatif yang cukup bagus untuk Google Sheets saat pengguna mencari aplikasi yang bisa digunakan di desktop Windows, Linux atau Mac.

Aplikasi ini sangat ramah dan mudah digunakan karena sistem aplikasi sudah support untuk file Excel, terdapat template sehingga bisa menghemat waktu, dan navigasi yang cepat karena dilengkapi kontrol keyboard.

Dari 10 rekomendasi aplikasi pengolah angka diatas kira-kira mana aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk memilih aplikasi yang support atau cocok di laptop, agar proses perhitungan angka dapat berjalan lancar dan tidak mendadak error.

Jika ditarik kesimpulan maka aplikasi pengolah angka adalah aplikasi yang bisa membantu dalam proses perhitungan angka sampai ke proses pendataan dan pelaporan data. Semua bisa dilakukan dengan satu aplikasi secara cepat dan gratis.

Baca Juga: 5 HP Layar 7 Inch dengan Performa Terbaik 2022