6 Aplikasi Rekam Layar pada Laptop dengan Fitur Menarik!

  • Whatsapp

Beberapa aktivitas di laptop terkadang butuh untuk direkam. Misalnya, sedang ditugaskan membuat video presentasi, merekam kegiatan gaming, atau bahkan ketika membuat video tutorial untuk Youtube. Sejatinya di beberapa sistem operasi seperti windows 10 sudah bisa merekam tanpa membutuhkan aplikasi rekam layar pada laptop. Namun, terkadang kualitas gambar dan fiturnya terbatas.

Aplikasi Rekam Layar pada Laptop

Sangat banyak aplikasi perekam layar beredar, ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Maka banyak dari pengguna yang kesulitan memilih aplikasi yang mana yang layak untuk di download sesuai dengan ekspektasi dan spesifikasi laptop pengguna. Pada artikel ini akan diberikan rekomendasi 6 aplikasi rekam layar pada laptop, lengkap dengan fiturnya.

1. VideoProc

Rekomendasi aplikasi rekam layar pada laptop pertama adalah VideoProc. Aplikasi ini akan memudahkan seseorang untuk merekam layar pada Windows/Mac tanpa memiliki batas durasi perekaman alias suka-suka pengguna. Aplikasi VideoProc ini sangat bisa diandalkan bagi yang memiliki kepentingan pekerjaan seperti webinar, live streaming, meeting, atau pembuatan tutorial di Youtube.

Berkat teknologi akselerasi perangkat keras GPU-nya, VideoProc mampu memberikan pengguna pengalaman rekam yang stabil meskipun hanya memiliki standar CPU yang rendah. Pengguna juga dengan leluasa menentukan area yang ingin direkam, tidak hanya sebatas seluruh layar saja. Banyak juga fitur premium yang ditawarkan secara gratis.

Salah satunya fitur green screen yang bisa digunakan untuk menghapus background rekaman dan menggantinya sesuai dengan keinginan. Pengguna bisa mengedit rekam layar dan menuangkan sisi kreativitasnya seperti membuat catatan, memberi efek suara dan gambar, bahkan memberikan subtitle dalam rekaman tersebut.

2. Camtasia

Aplikasi Camtasia cukup populer di kalangan pekerja. Pasalnya, Camtasia sangat baik digunakan untuk keperluan meeting atau presentasi. Disediakan berbagai template dan preset untuk membuat video lebih variatif, sehingga cocok untuk segala keperluan.

Camtasia juga memiliki fitur yang canggih, seperti penggunaan green screen, penambahan caption atau subtitle, penghilang background noise suara, serta dukungan integrasi Microsoft PowerPoint dan masih banyak lagi.  Camtasia juga sangat mudah dioperasikan siapapun baik bagi kalangan pemula.

Karena kelengkapan fiturnya, aplikasi ini hanya bisa dinikmati menggunakan free trial, dan jika ingin memilikinya secara utuh, diharuskan untuk membeli aplikasi ini dengan harga mulai dari $169 atau senilai Rp2,4 juta (belum termasuk maintenance plan dan upgrade).

3. Movavi Screen Recorder Studio

Aplikasi rekam layar satu ini mempunyai banyak fitur rekam video dan editingnya sehingga terkesan inklusif dan serbaguna. Movavi Screen Recorder memungkinkan pengguna untuk merekam layar laptop atau sebagiannya dan mengedit hasilnya dengan berbagai fitur. Misalnya, trim, crop, flip sampau memberi efek filter dan watermark. Pengguna juga bisa melakukan screenshot dan menyimpannya sebagai file.

Aplikasi Movavi Screen Recorder Studio ini tersedia baik untuk pengguna sistem operasi Windows maupun Mac. Kabar baiknya aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Sebelum mendownloadnya, pengguna juga bisa melakukan uji coba dengan free trial untuk mengira-ngira apakah pengguna cocok dengan aplikasi ini atau tidak.

4. ShareX

Jika pengguna memiliki spesifikasi laptop yang rendah dan tidak bisa mendownload aplikasi rekam layar yang berat. Maka aplikasi ShareX adalah solusinya. Aplikasi ini hanya memberikan persyaratan minimum memory 100MB, NVIDIA Geforce 510 serta Intel Core 2 Duo dengan ukuran file 150MB. Cukup ringan, bukan?

Aplikasi perekam ini hanya tersedia untuk sistem operasi windows 7, 8.1, dan 10 saja. Meskipun begitu, aplikasi ini memiliki keunggulan yang bersifat open source dan tanpa iklan. ShareX dapat menangkap sebagian dan seluruh layar dengan bentuk persegi panjang, elips, maupun tangan bebas. Selain itu, pengguna juga dapat memberikan efek gambar atau watermark.

5. OBS Studio

OBS Studio merupakan aplikasi yang cukup populer digunakan oleh pemain game untuk melakukan live di Youtube ataupun Twitch. Aplikasi ini bersifat open source dengan fitur lengkap dan advance. Memiliki audio mixer bagi pengguna yang ingin mengatur suara pada video. OBS bukanlah aplikasi perekam layar yang disimpan dan di unduh alias tidak ada fitur penambahan anotasi.

6. TinyTake

Rekomendasi aplikasi rekam layar pada laptop yang terakhir adalah TinyTake. Jika masih belum cukup menggunakan ShareX yang spesifikasi ringan dan masih ingin lebih ringan lagi. Maka solusinya adalah TinyTake. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, mudah digunakan serta gratis dengan ukuran aplikasi 50-an MB. Lantas bagaimana dengan fiturnya?

TinyTake juga sama dengan perekam lainnya, yakni bisa merekam sebagian atau seluruh layar yang ada di laptop pengguna. Aplikasi ini juga mampu mengambil screenshot atau merekam dengan durasi hingga 2 jam. Fitur antarmuka yang mirip aplikasi Microsoft Office juga membuat aplikasi ini mudah untuk dipelajari. Tersedia juga fitur anotasi serta penyimpanan cloud.

Begitulah 6 rekomendasi aplikasi rekam layar pada laptop dengan fitur-fitur yang keren. Ada yang berbayar dengan fitur yang premium ada pula yang gratis dengan fitur yang tak kalah kerennya. Jadi, bagi yang masih saja bingung ingin menggunakan aplikasi apa untuk merekam, maka aplikasi di atas wajib untuk dicoba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *