Apps  

8 Aplikasi untuk Mengedit Video Gratis untuk Pemula

Advertisements
8 Aplikasi untuk Mengedit Video Secara Gratis di HP 2022

Dulu mengedit video harus menggunakan perangkat PC dan itu cukup merepotkan. Tapi, sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mengedit video yang bisa diunduh secara gratis di HP Android maupun iOS.

Mengedit video untuk kebutuhan media sosial memang tidak perlu dilakukan dengan software profesional. Cukup menggunakan aplikasi edit video gratis di smartphone, kamu sudah bisa membuat video yang keren.

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi editing video yang bisa digunakan secara gratis, tapi tidak semuanya memiliki fitur yang lengkap. Bahkan ada beberapa yang sulit digunakan sehingga kurang efektif untuk mengedit video dalam waktu singkat.

Rekomendasi Aplikasi untuk Mengedit Video Gratis dan Terbaik 2022

Mengedit video untuk konten di media sosial memang tidak memerlukan alat dan software profesional. Meskipun begitu, kamu tepat bisa membuat video yang keren dengan alat seadanya loh.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi edit video di HP gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat konten di media sosial.

1. KineMaster

kinemaster-pro-apk aplikasi untuk mengedit video

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi edit video satu ini, KineMaster merupakan aplikasi edit video yang cukup populer di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan tools yang cukup lengkap untuk membuat video yang menarik.

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar yang memiliki tools lebih lengkap. Untuk versi berbayar kamu bisa mengedit video tanpa watermark sehingga video yang kamu hasilkan bisa terlihat lebih profesional.

Sementara untuk versi gratisnya, hasil videomu akan terdapat watermark dan muncul iklan di sela-sela mengedit. Aplikasi ini sudah tersedia fitur multiple layers video, gambar, dan text. Kamu juga bisa melakukan proses cutting dan trimming pada videomu.

Tidak hanya itu, pengguna KineMaster juga bisa menambahkan multitrack audio dan LUT Filter. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan memiliki tampilan antar muka yang simpel jadi lebih mudah digunakan untuk mengedit video.

2. VivaVideo

VivaVideo

Rekomendasi aplikasi untuk mengedit video berikutnya ini juga sudah banyak digunakan dan cukup populer di Indonesia. VivaVideo juga memiliki tampilan antar muka yang simpel sehingga mudah dioperasikan bagi orang awam.

Selain, mudah digunakan VivaVideo juga memiliki banyak fitur dan tools edit video yang menarik. Kamu bisa memotong video dan menambah efek dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menambahkan teks jika ingin mengedit video tutorial untuk membuat konten di TikTok. Tidak heran jika aplikasi ini mendapatkan rating yang bagus di Google Play Store karena memang sudah terbukti keunggulannya.

3. YouCut

YouCut aplikasi untuk mengedit video

Masih belum puas dengan rekomendasi aplikasi di atas? Mungkin aplikasi YouCut ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat konten video di media sosial. Kamu bisa mereduksi ukuran file video namun tetap dengan kualitas tinggi.

Jadi, kamu tetap mendapatkan kualitas video yang tajam dan jelas meskipun ukuran filenya sudah diperkecil. Dengan begitu, kamu bisa menghemat ruang memori HP meskipun menyimpan banyak video.

Kamu juga bisa memilih format video sesuai dengan yang diinginkan ketika selesai mengedit, jadi tidak perlu mengubah format video menggunakan aplikasi lain.

4. FilmoraGo

FilmoraGo

Aplikasi edit video di HP gratis satu ini, bisa dibilang cukup lengkap dan bisa membantumu menghasilkan video yang lebih profesional. Kamu bisa mengunduh aplikasi FilmoraGo secara gratis di Android maupun di iOS.

Aplikasi ini juga menawarkan versi berbayar yang memungkinkan kamu menikmati fitur dan tools edit video yang lebih beragam. Tersedia beberapa item tools yang bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp12 ribu hingga Rp50 ribu.

Jika, membeli item berbayar tersebut kamu bisa menghilangkan watermark pada video yang berhasil diedit. Tanpa membeli item berbayar sekalipun, kamu tetap bisa mengedit video yang menarik karena tersedia banyak fitur gratis di sana.

Aplikasi edit video satu ini, disebut-sebut sebagai aplikasi edit video terbaik untuk menghasilkan video yang bagus. Di sini kamu bisa melakukan crop dan cut video dengan mudah dan praktis.

Tidak hanya itu, tersedia juga pilihan edit video untuk di unggah ke beberapa platform media sosial, seperti format video 1:1 untuk platform Instagram dan format video 16:9 untuk platform YouTube. Kamu juga akan menemukan fitur slow motion, transisi, musik, overlay, dan fitur-fitur menarik lainnya.

5. InShot

InShot aplikasi untuk mengedit video

Aplikasi edit video Android berikutnya bernama InShot yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. InShot cukup populer dan banyak digunakan masyarakat karena memiliki tampilan antar muka yang simpel sehingga mudah digunakan.

Aplikasi InShot ini sangat cocok untuk para konten kreator pemula yang masih awam dengan dunia edit video. Di aplikasi ini terdapat berbagai macam filter yang menarik untuk mempercantik tampilan video.

Kamu juga bisa menambahkan teks untuk membuat video tutorial dengan cara yang lebih mudah.  Aplikasi ini sudah mendukung video dengan berbagai macam format contohnya seperti MP4, MOV, AVI, FLV, 3GP, dan masih banyak lagi.

6. VideoShow

VideoShow

aplikasi untuk mengedit video di HP selanjutnya, yaitu VideoShow yang bisa kamu gunakan secara gratis. Aplikasi ini juga menawarkan kemudahan dalam mengedit video karena memiliki tampilan yang simpel.

Di aplikasi ini kamu akan mendapati berbagai fitur dan tools unik, termasuk fitur efek suara, serta fitur fast motion, dan slow motion. Tidak hanya itu, kamu bisa melakukan proses cutting video untuk membuat video yang terlihat lebih profesional.

Pengguna juga bisa melakukan proses resize untuk jenis video yang ukurannya terlalu besar melalui aplikasi VideoShow ini.

7. Alight Motion Pro

Alight Motion Pro

Aplikasi Alight Motion Pro termasuk salah satu aplikasi edit video tanpa watermark yang bisa kamu gunakan dengan membayar biaya langganan. Karena berbayar fiturnya pun sangat lengkap dan beragam sehingga kqmu husa membuat desain gerak (video motion) dengan mudah.

Ukuran aplikasi ini cukup ringan hanya 28 MB jadi tidak akan memakan banyak memori HP dan bisa digunakan dengan lancar.

Melalui aplikasi Alight Motion Pro, para pengguna bisa menyesuaikan warna, menambahkan gambar, menambahkan audio, dab mengekspor proyek video ke format MP4 atau GIF dengan mudah.

8. CapCut

CapCut aplikasi untuk mengedit video

Aplikasi untuk mengedit video di HP yang terakhir, yaitu bernama CapCut yang belakangan ini popular di kalangan anak muda. Aplikasi ini banyak digunakan untuk mengedit video yang akan diunggah di TikTok, kebanyakan penggunanya dari kalangan remaja.

Di sini kamu bisa menggunakan berbagai macam fitur dan tools menarik secara gratis, tampilan antar mukanya juga terbilang simpel sehingga mudah digunakan. Bahkan kamu tidak perlu membeli item berbayar atau membayar biaya langganan untuk menghapus watermark.

Paltform CapCut ini tersedia untuk berbagai perangkat jadi pengguna perangkat Android hingga perangkat PC, bisa menggunakannya untuk mengedit video dengan mudah dan gratis.  

Jadi, itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi edit video yang bisa kamu coba untuk membuat konten yang menarik. Untuk memulai membuat konten video yang bagus, kamu tidak perlu menggunakan alat dan software profesional yang mahal.

Cukup berbekal kamera HP dan mengunduh aplikasi untuk mengedit video yang telah direkomendasikan di atas. Kamu sudah bisa memulai membuat konten yang menarik untuk diunggah di media sosial, seperti TikTok, Instagram, dan paltform lainnya.

Baca Juga: 11 Aplikasi Cari Jodoh di Sekitar yang Sudah Pasti Aman