5 Aplikasi Video Conference Gratis Yang Mudah Di Gunakan

  • Whatsapp

Ditengah pandemi seperti sekarang ini, banyak kantor maupun sekolah yang dilakukan secara WFH (Work From Home). Hal itu karena kebutuhan layanan aplikasi video conference gratis sangat dibutuhkan dalam menunjang keberhasilan WFH.

Aplikasi Video Conference Gratis

Aplikasi video conference gratis selain digunakan oleh para pekerja dalam melakukan meeting juga cocok digunakan oleh mahasiswa atau siswa dalam menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, aplikasi ini memiliki banyak keuntungan yang akan didapat antara lain gratis atau tidak berbayar dalam mengunduh aplikasi, fitur yang lengkap, dan End to end encryption atau data yang dimiliki oleh pengguna akan terjamin aman. Berikut 5 aplikasi video conference yang dapat digunakan dengan gratis :

1. Aplikasi Zoom Meeting

Aplikasi video conference pertama yang sering digunakan oleh pekerja atau dosen dalam melakukan proses belajar mengajar adalah zoom meeting. Layanan aplikasi video conference gratis ini dapat dilakukan baik dengan mengunduh maupun tidak mengunduh aplikasi ini.

Keamanan yang dimiliki aplikasi ini dapat terjamin sehingga banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk meeting maupun webinar. Selain terjamin data pengguna, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang menyempurnakan aplikasi ini yaitu audio conference, live chat, recording, mute audio, dan mute camera.

Cara menggunakan zoom meeting sangatlah mudah yaitu download aplikasi zoom meeting atau gunakan link zoom meeting bagi yang tidak ingin mendownload  aplikasi zoom meeting. Login akun jika sudah memiliki akun dan buat akun jika belum memiliki akun dengan cara mendaftar (sign up) menggunakan email. Undang partisipan dengan memasukan email partisipan dengan memasukan captcha code, kemudian invite partisipan, terakhir simpan alamat url dan mulai meeting now.

2. Aplikasi Google Hangouts Meet

Bagi pengguna layanan G suite dari aplikasi google, pilihan aplikasi video conference gratis yang patut dicoba adalah Google Hangouts Meet. Layanan ini sangat cocok dicoba karena aplikasi ini terhubung dengan layanan google lainnya yang akan memudahkan pengguna dalam mengundang partisipan.

Kemudahan lain yang didapat saat menggunakan aplikasi ini adalah fitur user interface yang dimiliki layanan aplikasi ini sangat sederhana, berkirim pesan dengan chat yang dapat digunakan dalam video conference apabila internet sedang tidak stabil, Google Hangouts Meet juga memiliki fitur End to end yang akan menjaga keamanan data pengguna.

Cara mudah untuk mengakses aplikasi ini sama dengan aplikasi google lain yang menggunakan email sebagai id user pengguna dan mengundang partisipan lain dengan email google.

3. Aplikasi WhatsApp

WhatsApp sudah menyediakan layanan yang dapat digunakan untuk video conference dengan banyak orang. Layanan aplikasi ini dapat diakses melalui layanan video call. Sebelum melakukan video conference dengan banyak orang, pengguna WhatsApp harus memperbarui aplikasi yang dimiliki.

Aplikasi ini sangat menguntungkan bagi orang yang enggan menggunakan komputer dalam melakukan video conference. Selain itu, banyak orang yang memilih aplikasi video conference gratis WhatsApp karena aplikasi ini tidak menghabiskan kuota internet yang banyak.

Cara menggunakan aplikasi WhatsApp ini sangatlah mudah yaitu dengan mengundang partisipan yang terdapat pada kontak WhatsApp. Layanan video conference melalui WhatsApp saat ini dapat di isi 32 partisipan.

4. Aplikasi GoToMeeting

Aplikasi video conference yang ini memiliki banyak fitur yang sama dengan aplikasi video conference lainya. Namun, aplikasi ini memiliki keistimewaan tersendiri bagi pengguna yaitu memiliki penjadwalan meeting yang komprehensif bagi pengguna.

Selain keistimewaan itu, aplikasi video conference gratis ini juga memiliki keuntungan lain yaitu pengguna dapat membuat ruangan video meeting virtual tersendiri. Fitur istimewa bias didapat dengan menggunakan link khusus yang terdapat dalam aplikasi GoToMeeting.

Cara menggunakan aplikasi ini tidaklah sulit yaitu pertama unduh aplikasi GoToMeeting. Kedua, membuat akun dengan mendaftar dengan memilih tanda tangan-naik dan memilih mulai gratis yang terdapat pada beranda GoToMeeting. Ketiga, isi form dengan mengisi nama depan, belakang, nomor telepon, email dan kata sandi. Keempat, pilih dan klik ukuran perusahaan dan mendaftar.

5. Aplikasi FreeConference

Aplikasi video conference gratis satu ini memberikan kemudahan pada komputer desktop tanpa harus menggunakan aplikasi. FreeConference ini dapat digunakan hanya mengakses browser saja. Namun, untuk pengguna smartphone dan Tablet harus mengunduh aplikasi Free Conference yang sudah tersedia pada Playstore.

Fitur istimewa yang dimiliki oleh Pre Conference adalah fitur chatting yang dapat digunakan  setelah meeting selesai. Selain itu, pengguna dapat mengunggah dokumen yang ingin digunakan dalam meeting secara langsung di Pre Conference.

Cara menggunakan Free Conference  di smartphone yaitu pertama, mengunduh Pre Conference di playstore. Kedua, membuat akun dengan mendaftar menggunakan email atau facebook. Ketiga, setelah berhasil membuat akun pengguna langsung dapat menggunakan aplikasi Free Conference untuk meeting.

Setelah mengetahui 5 aplikasi video conference gratis yang dapat mendukung kerja secara WFH (Work From Home) semoga tetap dapat meningkat kinerja di rumah serta dapat meningkatkan proses belajar mengajar bagi para pelajar Indonesia dengan menggunakan aplikasi video conference gratis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *