9 Daftar Bansos Bulan Agustus yang Segera Cair dari Pemerintah

Advertisements
Bansos PKL Agustus Cair Hari Ini! Cek Nama Anda Sekarang

Sejak merebaknya pandemi covid-19, perekonomian di Indonesia memang melemah. Hal inilah yang membuat presiden Indonesia bersama pemerintah mengadakan bantuan sosial alias bansos. Lalu, apa saja daftar bansos bulan Agustus yang akan dicairkan?

Presiden Joko Widodo bahkan telah melontarkan pernyataan untuk menambah jumlah penerima bansos meskipun belum ada eksekusi kebijakan secara pasti. Untuk mengetahui daftar bansos yang akan cair di bulan Agustus ini, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Daftar Bansos Bulan Agustus yang Akan Cair

Untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terkena dampak pandemi covid-19, pemerintah akan mencairkan sejumlah bantuan sosial. Berikut ini daftar bansos bulan Agustus yang diperkirakan akan segera cair.

1. BT-PKLW

BT-PKLW

BT-PKLW atau Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung merupakan bantuan sosial yang diperuntukkan bagi para Pedagang Kaki Lima atau PKL dan pemilik warung.

Berdasarkan data yang dilansir dari laman web covid19.go.id, bansos ini diperuntukkan bagi 2,5 juta PKLW, terutama yang bergerak di sektor usaha makanan. Nominal bantuan sosial satu ini yaitu sebesar Rp300.000 per orang yang akan disalurkan oleh TNI/Polri.

2. Bantuan Modal Usaha

Bantuan Modal Usaha

Joko Widodo selaku Presiden Indonesia juga memberikan bantuan modal usaha kepada para pedagang dengan nominal Rp1.200.000 per orang. Bantuan sosial ini diberikan untuk tambahan modal usaha sebagai upaya menggerakkan usaha mikro yang terkena dampak pandemi covid-19. 

3. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program dari pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja yang ditujukan kepada para pencari kerja, pekerja yang membutuhkan peningkatan skill atau kompetensi, dan pekerja yang terkena imbas Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Program pemerintah yang sudah dimulai sejak tahun 2020 ini sudah menggelontorkan anggaran mencapai 11 triliun. Lalu, bansos 2022 kapan cair? Bagi Anda yang lolos program ini, maka akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp600.000 sebanyak 4 kali tahap penyaluran.

4. BLT Subsidi Gaji atau BSU (Bantuan Subsidi Upah)

BLT Subsidi Gaji atau BSU (Bantuan Subsidi Upah)

BLT Subsidi Gaji atau BSU (Bantuan Subsidi Upah) merupakan bantuan sosial yang diberikan kepada para pekerja atau buruh dengan gaji di bawah Rp3.500.000. Sasaran target bansos ini yaitu 8,8 juta pekerja dengan nominal Rp1.000.000 per orang. 

5. BLT Minyak Goreng

BLT Minyak Goreng

Pemerintah juga memberikan bantuan sosial berupa BLT Minyak Goreng dengan nominal Rp300.000 per orang. Bantuan sosial satu ini merupakan program pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat di tengah harga minyak goreng yang melambung.

Penyaluran dana bansos satu ini mulai dilakukan sejak bulan 2022 melalui PT Pos Indonesia dan rencananya akan segera dicairkan kembali pada bulan Agustus ini. Target penerima bansos jenis ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu penerima PKH dan BNPT yang menyasar 20,65 juta penerima.

6. BLT Dana Desa

BLT Dana Desa

Daftar bansos bulan Agustus selanjutnya yang segera cair yaitu BLT Dana Desa. Sesuai dengan PMK 190 Tahun 2021 sebagai turunan dari Peraturan Presiden 109 Tahun 2021, BLT Dana Desa akan diberikan kepada masyarakat miskin dengan nominal Rp300.000 per bulan selama 12 bulan.

Tidak hanya masyarakat miskin saja, sasaran bansos satu ini yaitu para petani yang terkena dampak pandemi covid-19 dan karyawan yang terkena PHK.

7. BLT UMKM

BLT UMKM

Bantuan bulan Agustus 2022 selanjutnya yang akan segera dicairkan yaitu BLT UMKM. Sesuai dengan namanya, bantuan sosial satu ini diberikan kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah sejumlah 12,8 juta jiwa yang tersebar di seluruh Indonesia dengan nominal Rp600.000 per orang.

8. PKH (Program Keluarga Harapan)

PKH (Program Keluarga Harapan)

PKH atau Program Keluarga Harapan merupakan bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada keluarga prasejahtera dengan spesifikasi ibu hamil. Berdasarkan laman resmi kemensos.go.id, bantuan ini diperuntukkan bagi ibu yang sedang mengandung.

Nominal dana bantuan ini sebesar Rp3.000.000 per orang. Bantuan sosial PKH ini akan disalurkan kepada para penerimanya melalui bank-bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI, dan BTN.

Menurut penuturan Kementerian Sosial, penyaluran dana bantuan PKH ini akan dilakukan mulai bulan April sampai dengan bulan Juni 2022 bersamaan dengan penyaluran BLT minyak goreng dan sembako.

9. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT juga termasuk salah satu daftar bansos bulan Agustus yang akan segera dicairkan. Nominal dana yang diberikan untuk program bansos satu ini yaitu Rp200.000 per bulan untuk para penerima manfaat.

Bantuan ini akan disalurkan dalam bentuk sembako seperti beras, sayur, buah, susu, daging, telur, dan bahan kebutuhan pokok lainnya. Target dari bantuan sosial ini antara lain masyarakat yang masuk dalam kategori prasejahtera atau kurang mampu dan rentan miskin.

Cara Mudah Daftar Bansos Online 2022

Cara Mudah Daftar Bansos Online 2022

Setelah mengetahui daftar bansos yang akan cair pada bulan Agustus ini, Anda mungkin tertarik untuk mendaftarkan diri, bukan? Nah, berikut ini cara daftar bansos 2022 yang mudah secara online.

  • Pertama, Anda bisa mengunduh aplikasi Cek Bansos Kemensos secara gratis melalui Playstore yang terpasang di smartphone.
  • Setelah aplikasi berhasil terunduh, Anda bisa melakukan registrasi akun dengan cara klik opsi menu ‘Buat Akun Baru’.
  • Isi data diri secara lengkap dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan yang tertera pada KTP, nomor KK, dan data diri lainnya.
  • Selanjutnya, Anda bisa mengunggah swafoto KTP beserta foto KTP pengusul bansos dan klik opsi menu ‘Buat Akun Baru’.
  • Pastikan bahwa registrasi akun yang Anda lakukan telah berhasil, kemudian Anda bisa membuka aplikasi Cek Bansos Kemensos dan klik menu ‘Daftar Usulan’.
  • Selanjutnya, Anda bisa klik opsi menu ‘Tambah Usulan’ dan isi kembali data diri.
  • Unggah foto KTP beserta foto rumah tampak depan dan klik opsi menu ‘Buat Akun Baru’.

Apabila semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan, Anda bisa menunggu data pendaftaran pengusul bansos tersebut selesai dicek oleh Kementerian dan Dinas yang bersangkutan.

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan apakah Anda sebagai pengusul bansos sudah memenuhi persyaratan atau tidak. Pendaftaran bansos ini bisa dilakukan secara langsung melalui RT/RW atau kelurahan dan desa sesuai domisili Anda.

Cara Cek Penerima Bansos 2022

Cara Cek Penerima Bansos 2022

Setelah mengetahui cara mendaftar bansos, Anda juga wajib tahu cara cek bansos. Cek status penerimaan bantuan sosial ini bisa dilakukan melalui website resmi Kemensos. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk cek status penerima bansos 2022.

  • Pertama, Anda bisa mengunjungi website resmi Kemensos di https://cekbansos.kemensos.go.id.
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih provinsi, kota/kabupaten, dan kecamatan sesuai dengan tempat tinggal Anda.
  • Ketik nama penerima bansos dan masukkan 2 kata yang tertera pada kotak kode sebagai langkah verifikasi. Apabila kode huruf yang ditampilkan tidak terlalu jelas, Anda bisa klik kotak kode untuk mendapatkan kode yang baru.
  • Selanjutnya, Anda bisa klik opsi menu ‘Cari Data’ dan sistem akan melakukan pencocokan nama dan wilayah yang sudah diinput.

Dengan mengetahui daftar bansos bulan Agustus yang akan segera cair, Anda bisa menggunakannya untuk modal usaha atau kebutuhan sehari-hari sesuai jenis bansos yang diterima. Bagi Anda yang belum menerima bansos apapun, Anda bisa mendaftar via website Kemensos.

Baca Juga: Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Agustus 2022, Jangan Terlewat!