Teknik Memulai Bisnis Ikan Laut Beku yang Paling Mudah

  • Whatsapp

Usaha bisnis ikan laut beku memang sangat menguntungkan. Namun pengusaha harus tahu langkah-langkah memulai usaha yang paling mudah. Sebaliknya, kalau usaha dijalankan asal-asalan hasilnya juga tidak akan maksimal.

Bisnis Ikan Laut Beku

Di artikel berikut ini akan dijelaskan langkah memulai usaha ikan laut beku. Silahkan disimak kalau perlu dicatat supaya urutan langkahnya bisa dilaksanakan dengan sempurna. Ini langkah-langkah yang dimaksud:

1. Memilih Jenis Ikan Beku

Langkah pertama memulai bisnis ikan laut beku adalah memilih jenis ikannya terlebih dahulu. Tujuannya supaya modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar tetapi labanya tinggi. Oleh sebab itu, silahkan pilih jenis ikan yang berkualitas tetapi harga kulakannya murah.

Silakan masukkan langkah ini sebagai draf rencana di awal. Jika sudah ada gambaran tentang ikan yang akan dijual, baru rencanakan strategi pemasaran selanjutnya. Termasuk ke mana komoditas akan dipasarkan.

2. Survey Pasar dan Target Pasar

Jangan lupa untuk melakukan riset pasar terkait komoditas yang akan dijual. Apakah ikan yang dimiliki memang bakal laris di pasaran atau tidak. Jika memang laris maka tidak mengapa dilanjutkan, tetapi jika kurang peminat lebih baik diganti saja dengan jenis ikan lain.

Jangan lupa target pasar atau pelanggan ikan beku juga harus di-reset. Ini tujuannya untuk menilai kalangan mana saja yang paling berminat pada produk ikan beku. Termasuk untuk mempermudah strategi marketing atau pemasaran usaha.

3. Cari Pemasok Ikan Yang Murah

Langkah memulai bisnis ikan laut beku yang ketiga adalah mulai mencari pemasok ikan yang murah. Pasalnya, ikan tersebut akan dijual kembali, jadi jika pemasoknya saja mahal, terus berapa keuntungan pengusaha. Pastinya tidak ada laba yang masuk melainkan kerugian yang fatal.

Jika ini yang terjadi berarti usaha telah gagal. Hanya karena kesalahan memilih pemasok ikan laut beku yang harganya terlalu tinggi. Maka dari itu, selektiflah dalam memilih dan pastikan pemasok dari kalangan juragan ikan yang besar.

4. Persiapkan Modal Usaha

Jika ingin menjadi pengusaha ikan laut beku tentu modal yang harus dipersiapkan harus besar. Silakan jumlahnya disesuaikan dengan draf kebutuhan usaha seperti yang sudah direncanakan sebelumnya. Kalau tidak ada dana yang sehat pengusaha bisa menggunakan program pemerintah khusus UMKM.

Program ini cukup membantu masyarakat nelayan dalam menjalankan bisnisnya. Pengusaha juga bisa menggunakannya apalagi jika skalanya masih rumahan atau tidak terlalu besar. Yang terpenting usaha dijalankan dengan serius, terencana dan jujur.

5. Cari Lokasi Jualan Yang Strategis

Yang dibutuhkan untuk membuka usaha ikan laut beku bukan hanya ikan dan modalnya saja. Tetapi juga dibutuhkan tempat yang strategis untuk menjajakan produk tersebut. Kalau bisa pilih lokasi yang biaya sewanya murah tetapi dekat dengan area publik.

Saat ini tempat paling strategis untuk menjual ikan beku adalah pasar tradisional. Namun, ada beberapa pedagang yang juga menjajakannya di swalayan dan toko yang lebih besar. Silakan pilih yang disukai asalkan yang memang membantu penjual untuk mendapatkan pembeli yang banyak.

6. Terapkan Teknik Jualan Keliling

Membuka bisnis ikan laut beku memang membutuhkan kerja yang ekstra keras. Termasuk tekniknya ketika menawarkan maupun mempromosikan produk kepada pelanggan. Namun pengusaha bisa menggunakan teknik jualan keliling untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Jika terpaku di satu lokasi saja, dikhawatirkan di situ sudah ada pedagang lain yang tentunya persaingan semakin ketat. Apalagi jika lokasi jualannya di pasar tradisional yang memang dipenuhi dengan penjual ikan. Efeknya adalah peluang untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat menjadi sangat kecil.

7. Memulai Bisnis Secara Perlahan

Langkah berikutnya ialah mulai menjalankan bisnis secara perlahan. Sesuaikan dengan rencana yang sudah dituliskan di awal sambil sesekali melihat potensi keuntungan yang ada. Jika memang ada potensi yang bagus maka modal boleh ditingkatkan.

Jangan lupa setiap data yang didapatkan saat menjalankan bisnis dicatat menjadi data tertulis. Karena nantinya data ini yang akan dijadikan sebagai bahan evaluasi bisnis. Jika data temuan tidak ditulis tentu tidak ada bahan baru untuk dijadikan evaluasi demi perkembangan usaha berikutnya.

8. Kembangkan Bisnis Ke Model Baru

Jika bisnis sudah dijalankan dengan nyaman, maka mulailah berdagang ikan laut beku dengan teknik yang berbeda. Maksudnya tidak perlu lagi dijual kepada konsumen dalam bentuk produk utuh tetapi sudah dalam bentuk yang lain. Semisal dijadikan menu masakan restoran atau dibuat produk masak yang lain.

Ini tidak hanya untuk melebarkan bisnis tetapi juga untuk meningkatkan keuntungan. apalagi jika pebisnis sambil membuka restoran seafood tentu pasangannya jauh lebih banyak. Untuk tahap ini pengusaha harus kreatif dan berani untuk memulai bertindak.

Itulah cara memulai bisnis ikan laut beku yang paling mudah. Silakan diikuti dan diterapkan dengan sistematis dan terukur. Jangan lupa sisihkan kembali laba dan modal supaya terbaca dengan jelas perkembangan usaha yang dijalankan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *