7 Bisnis Online Untuk Pelajar SMK Tanpa Mengganggu Jam Sekolah

  • Whatsapp

Seorang pelajar umumnya memiliki banyak waktu luang diluar jam sekolah. Dimana kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk memulai sebuah usaha guna menambah pemasukan. Salah satunya bisnis online untuk pelajar SMK yang dapat dijalankan dengan bantuan smartphone atau pun laptop.

Keberadaan internet mampu membuat pekerjaan berjalan mudah dan efektif. Salah satunya dalam mengembangkan sebuah bisnis. Meski pelajar umumnya telah memperoleh uang saku dari orang tua, namun dengan berkembangkan bisnis online tentu akan sangat berguna sebagai tabungan masa mendatang. Berikut 7 macam bisnis online yang dapat dijalankan tanpa mengganggu waktu sekolah:

1. Membuka Jasa Editing Video

Salah satu bisnis online untuk pelajar SMK jurusan multimedia yang dapat dilakukan diluar jam sekolah adalah membuka jasa editing video. Mengingat konten video banyak digemari oleh masyarakat. Apalagi bila video memiliki tampilan yang menarik dan tidak membosankan. Di samping itu, editing video dapat dijalankan secara online tanpa perlu bertatap muka langsung dengan pelanggan.

Bisnis online dapat dimulai dengan melakukan promosi lewat media sosial. Cobalah untuk menawarkan video undangan berdurasi singkat, video animasi pembelajaran, vlog, dan sebagainya. Jangan lupa menyertakan kontak agar orang lain yang tertarik pada layanan editing video dapat menghubungi dengan mudah. Pelajar SMK dapat menggunakan aplikasi editing video seperti Filmora, Adobe Premiere, dan sejenisnya.

2. Menjadi Reseller

Saat ini berbelanja online menjadi sesuatu hal yang biasa di kalangan masyarakat. Sebab, pembeli tidak harus datang ke lokasi langsung untuk memilih barang yang diinginkan. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan bagi pelajar SMK untuk menjadi reseller. Misalnya seperti reseller make up milik brand tertentu atau menjadi reseller makanan.

Upaya penjualan dapat dilakukan secara online menggunakan media sosial maupun aplikasi chatting. Untuk memulai bisnis ini, pemula juga dapat membentuk grup chatting khusus guna mengenalkan barang dagangan. Selain cara tersebut, pelajar juga dapat membuka bisnis online shop dengan membuka toko di online marketplace.

3. Membangun Channel Youtube

Bisnis online untuk pelajar SMK yang mudah diterapkan lainnya yaitu membangun channel Youtube. Banyak tema konten yang dapat dibuat, seperti tutorial, video pembelajaran, vlog sederhana, dan masih banyak tema lainnya. Bila channel telah berkembang dengan baik, memungkinkan pemilik akun memperoleh adsense dari Youtube.

4. Berjualan Pulsa Atau Paket Data

Memasuki era digital, smartphone menjadi salah satu perangkat yang hampir dimiliki bagi sebagian orang. Tidak menutup kemungkinan, kebutuhan akan pulsa dan paket data turut meningkat. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan bagi pelajar SMK yang ingin memiliki bisnis sampingan diluar jam sekolah. Salah satunya dengan menyediakan pulsa dan paket data untuk ditawarkan ke pengguna smartphone.

5. Membangun Blog

Menulis dapat menjadi sebuah hobi menguntungkan, salah satunya bila tulisan berhasil dipublikasi dan dibaca banyak orang. Dalam hal ini, pelajar dapat mengembangkan bisnis dengan cara membangun blog pribadi. Adapun blog dapat diisi dengan beragam konten seperti artikel, video, cerpen, hingga bacaan menarik lainnya. Pelajar dapat mempelajari strategi SEO yang baik agar blog semakin berkembang.

6. Penerjemah Bahasa Asing

Bisnis online yang tidak akan mengganggu waktu sekolah adalah dengan menjadi penerjemah bahasa. Pekerjaan ini cocok bagi pelajar yang senang mempelajari bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Bahasa Korea dan lainnya. Apalagi bila melihat artikel-artikel berkualitas yang terdapat pada mesin pencari Google, yang mana kebanyakan diantaranya menggunakan bahasa Inggris.

Tentunya layanan ini akan bermanfaat bagi pelajar lain yang sedang membutuhkan referensi artikel dari luar negeri. Penerjemah bahasa asing juga sangat dibutuhkan ketika pelajar atau mahasiswa sedang menyelesaikan tugas. Seperti pembuatan artikel, jurnal, maupun skripsi. Di samping itu, seorang penerjemah juga dapat mengembangkan karirnya menjadi translator film dan drama.

7. Membuka Jasa Desain

Bagi pelajar yang memiliki hobi mendesain dapat mencoba bisnis online ini. Ada banyak aplikasi pendukung yang dapat digunakan, seperti Canva, Adobe Photoshop, Coreldraw, dan lainnya. Adapun jasa desain dapat berupa mendesain logo tertentu, desain kaos, poster, dan brosur. Cobalah menawarkan keahlian editing ini melalui media sosial dengan memberikan contoh hasil editing yang menarik.

Selain promosi lewat media sosial, jasa mendesain sebuah foto juga dapat ditawarkan lewat blog maupun website. Bahkan bila melihat pada online marketplace, banyak juga yang menawarkan jasa desain logo atau foto. Untuk itulah, bagi pemula yang ingin menekuni bisnis ini sebaiknya mengkreasikan desain dengan sekreatif mungkin agar memperoleh banyak peminat.

Demikianlah 7 bisnis online untuk pelajar SMK yang dapat dijalankan di luar jam sekolah. Beberapa macam bisnis di atas dapat dijalankan dengan modal relatif kecil, sehingga tidak akan memberatkan. Kunci kesuksesan dalam memulai sebuah bisnis adalah menekuni setiap pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan melakukan manajemen waktu yang baik. Sehingga diharapkan dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *