Awan Berbentuk Topi di Gunung Rinjani Tidak Berdampak Gempa, Ini Faktanya!

Awan Berbentuk Topi di Gunung Rinjani Tidak Berdampak Gempa, Ini Faktanya!

JPP, JAKARTA - Fenomena alam yang memperlihatkan kumpulan awan berbentuk layaknya topi di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi viral di media sosial. Keberadaan awan itu dikaitkan dengan gempa bumi yang sering terjadi di NTB.

Plt Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Ferdinandus Setu mengatakan berdasarkan penjelasan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena tersebut tidak ada hubungannya dengan gempa bumi.

“Fenomena puncak Gunung Rinjani tertutup awan yang melingkar seperti bertopi itu, tidak ada kaitannya dengan pertanda gempa yang terjadi akhir-akhir ini di NTB,” ungkap Ferdinandus di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Ferdinandus menyebut penjelasan atas fenomena alam tersebut disampaikan Agus Rianto selaku Kepala BMKG Mataram, NTB. "Dari penjelasan Agus, fenomena alam berbentuk topi itu dikenal dengan sebutan awan Lenticular. Bahkan, Lenticular sendiri sering terjadi di puncak gunung dan bukan momen yang langka," ujar Ferdinandus.

Untuk memperkuat fakta yang sebenarnya terjadi, Ferdinandus juga menyatakan hal itu turut dijelaskan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin.

“Awan lenticular itu terbentuk akibat aliran naik udara hangat yang membawa uap air mengalami pusaran. Itu sering terjadi di puncak gunung," ulasnya.

Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian tanggal 18 Juli 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo:

  1. Ada Stiker Tawaran Lolos Jalur Mandiri Universitas Brawijaya;
  2. Lion Air Disebut Tak bayar Gaji Pramugara 3 Bulan;
  3. Puncak Gunung Rinjani “Bertopi” Dikaitkan dengan Gempa NTB;
  4. Penanganan Hipotermia Dengan Cara “Disetubuhi”;
  5. Maruf Amin: Jika Ada Masyarakat Tak Mengakui Jokowi sebagai Pemimpin Selama 5 tahun Kedepan Maka Akan Masuk Neraka 7 Turunan;
  6. Serangan Teroris di Algeria;
  7. RRC Miliki Tanah Hasil Tukar Menukar Aset Antara TNI dengan PT Kereta Cepat Indonesia China;
  8. Video Tsunami di Maluku;
  9. Pasta Gigi Dapat Mengatasi Jerawat; dan
  10. Formulir C1 Ditemukan di Ruang Ketua KPU. (kom/nbh)