[BENAR] “Dorce Bantah Menuding Ratna Sarumpaet sebagai Transgender”

[BENAR] “Dorce Bantah Menuding Ratna Sarumpaet sebagai Transgender”

Artis Dorce Gamalama membantah meme lama yang muncul kembali di media sosial dengan isi foto dirinya mengatakan bahwa Ratna Sarumpaet ialah pelaku transgender. “Ada berita yang bilang saya mengatai Ratna Sarumpaet transgender, saya tidak pernah bicara seperti itu. Tolong ya, saya enggak kaget kalau saya dihina, dicaci. Saya enggak kaget, tapi saya hanya bisa berdoa buat kamu yang menyebarkan apapun seolah Ratna Sarumpaet adalah transgender dan anaknya adalah anak angkat. Demi Allah saya tidak pernah bicara seperti itu,” ungkap Dorce, Sabtu (6/10).

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“Ada berita yang bilang saya mengatai Ratna Sarumpaet transgender, saya tidak pernah bicara seperti itu. Tolong ya, saya enggak kaget kalau saya dihina, dicaci. Saya enggak kaget, tapi saya hanya bisa berdoa buat kamu yang menyebarkan apapun seolah Ratna Sarumpaet adalah transgender dan anaknya adalah anak angkat. Demi Allah saya tidak pernah bicara seperti itu,” ungkap Dorce, Sabtu (6/10).

=====

Penjelasan :
Ratna Sarumpaet sudah ditahan pihak Kepolisian karena pembohongan kasus penganiayaan terhadap dirinya. Namun masih terdapat hoaks yang dihubungkan dengan dirinya.

Kali ini hoaks lama yakni meme yang berisi foto Dorce Gamalama dengan narasi yang intinya menuding Ratna sebagai pelaku transgender beredar kembali. Berikut narasi lengkap meme tersebut:

“Dorce Gamalama: Sebenarnya saya tidak mau mengumbar aib seseorang. ya saya tahu itu dosa. Tapi karena saya nilai kini Ratna Sarumpaet minus akhlaq dan lupa diri, maka saya sampaikan bahwa dia pun bukanlah manusia sempurna karena dia pun pelaku transgender seperti saya, yang telah operasi kelamin di Thailand. Dan Atiqah Hasiholan adalah anak angkatnya,” isi meme tersebut.

Hoaks ini sudah pernah tersebar pada Mei 2016 dan April 2018. Tetapi beredar kembali seiring mencuatnya kasus pembohongan oleh Ratna yang mendapatkan simpati dari Dorce.

Menanggapi hoaks tersebut, Dorce menyatakan dirinya tidak pernah berbicara seperti itu. “Ada berita yang bilang saya mengatai Ratna Sarumpaet transgender, saya tidak pernah bicara seperti itu. Tolong ya, saya enggak kaget kalau saya dihina, dicaci. Saya enggak kaget, tapi saya hanya bisa berdoa buat kamu yang menyebarkan apapun seolah Ratna Sarumpaet adalah transgender dan anaknya adalah anak angkat. Demi Allah saya tidak pernah bicara seperti itu,” ungkap Dorce, Sabtu (6/10).

Pada Mei 2016, Ratna Sarumpaet melalui akun Twitternya juga sudah membantah meme tersebut. Ia mengatakan meme yang mengatasnamakan Dorce itu adalah fitnah terhadap dirinya dan Dorce juga.

“Ada orang memakai nama Dorce memfitnah saya. Saya tdk percaya Dorce sejahat itu. Ini fitnah 2 arah (link: http://berita.suaramerdeka.com/entertai…/duh-dorce-difitnah/) berita.suaramerdeka.com/entertainment/…,” tulis akun @RatnaSpaet, 18 Mei 2016.

Diketahui pemberitaan Dorce yang berhubungan dengan Ratna Sarumpaet tengah ramai di media daring. Ini dikarenakan Dorce sempat berfoto dengan Ingrid Kansil sambil memegang pamflet berisi foto wajah Ratna Sarumpaet yang awalnya diklaim usai dianiaya oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Dorce mengaku foto tersebut adalah sebagi bentuk simpati terhadap Ratna Sarumpaet.

Dan adanya tudingan dari aksi simpati Dorce ke Ratna sebagai tanda Dorce menjadi Tim Sukses Prabowo – Sandi adalah tidak benar adanya. “Mulailah di situ bla bla bla katanya Dorce sudah diambil dia untuk pindah ke Prabowo eh maaf gue tidak kemana-mana saya pekerja sosial demi Allah,” jelas Dorce.

=====

Referensi:
1. https://kumparan.com/…/dorce-jawab-soal-meme-yang-menyebut-…
2. https://mobile.twitter.com/RatnaS…/status/732629729497358336
3. https://www.cnnindonesia.com/…/kronologi-dorce-dan-ingrid-p…
4. http://bogor.tribunnews.com/…/disebut-timses-prabowo-sandi-…
5. https://celebrity.okezone.com/…/dituduh-memfitnah-ratna-sar…
6. https://www.facebook.com/search/top/?q=dorce
7. https://www.facebook.com/thesun.andi.1/posts/1009061135857302

The post [BENAR] “Dorce Bantah Menuding Ratna Sarumpaet sebagai Transgender” appeared first on TurnBackHoax.