[BENAR] Fakta Sesungguhnya terkait Video Deklarasi Keluarga Ibu Kandung Prabowo di Minahasa Mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019

[BENAR] Fakta Sesungguhnya terkait Video Deklarasi Keluarga Ibu Kandung Prabowo di Minahasa Mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019

 

Esther Ruus, cicit bersaudaranya Prabowo dari pihak Ibu, membantahnya. “Kami tidak mengenal dan saya menyatakan mereka bukan bagian keturunan dari Dotu Karel Sigar, yang adalah opa tua dari Prabowo Subianto. Video dan berita yang disebar itu saya tegaskan bohong,” tegas Esther Ruus.

======

Kategori :

======

Sumber : Media Sosial Facebook https://www.facebook.com/Pendukung.Jokowi.Ahok.Seindonesia/videos/2254680911250424/https://www.facebook.com/buyung.bastono/videos/2463656123667735/ dan Twitter https://twitter.com/baciritaID/status/1112937320833986560…

Narasi :

1. Keluarga Prabowo di Sulawesi Utara mendukung @jokowi … #WongKitoCoblosJokowi

2. RUHUT Poltak Sitompul Datang Atas Undangan Keluarga Ibu Kandung dan Keluarga PRABOWO Dan Menyatakan Dukungan Ke Pak Jokowi 👍

#Fakta

3. Keluarga Ibu kandung Prabowo dukung Jokowi … 👍👍👍

======

Penjelasan :

Beredar video satu keluarga Prabowo Subianto di Desa Tounelet, Langowan, Minahasa, Sulawesi Utara, yang mendukung Jokowi-Ma’ruf di pilpres 2019.

Dalam video tersebut, nama-nama yang mendukung adalah Adry Lumansik, Sefius Sinyo Lumansik, dan Freddy Lumansik.

Video ini juga menampilkan Ruhut Sitompul yang menjelaskan jika keluarga Prabowo dengan yakin memilih Joko Widodo karena kinerjanya yang baik.

Banyak pendukung capres-cawapres nomor urut 01 ini di media sosial yang menyebarkan video tersebut.

Sekedar informasi, Dora Marie Sigar, ibu Prabowo merupakan wanita keturunan Minahasa. Dora Sigar memiliki banyak keluarga di Langowan dan Kakas.

Faktanya, orang-orang yang mengaku sebagai keluarga dari ibu Prabowo Subianto tersebut itu tidak punya hubungan darah dengan ibu Praabowo Subianto, Dora Sigar.

Alce Wolley, sanak Prabowo di Minahasa mengaku tak mengetahui orang-orang dalam video tersebut. Jhoni Wolley menjelaskan dirinya masih cucu bersaudara dengan Dora Sigar.

“Kami tidak kenal siapa mereka, mungkin ada yang bermarga sigar tapi bukan sigar yang satu silsilah dari Parabowo,” tandas Alce didamping kakaknya, Jhoni Wolley.

Alce Woley menegaskan keluarga Prabowo di Langowan dan Kakas mendukung Prabowo Subianto agar menjadi Presiden RI.

“Bagi kami keluarga Sigar yang ada di Tompaso mendukung sepenuhnya kepada saudara kami, semoga Pak Prabowo sukses dalam Pemilihan Presiden,” katanya.

Esther Ruus, putri sulung keluarga Ruus Wolley dari keluarga besar Wolley Sigar, mengatakan tidak mengenal orang-orang dalam video yang mengaku sebagai keluarga Prabowo.

“Tidak benar mereka keluarga Prabowo, kami tidak mengenal mereka,” kata dia kepada Tribunmanado.co.id via ponsel Rabu (3/4/2019).

Esther Ruus, Cicit bersadura Prabowo, mengaku orang-orang yang ada di video itu, bukan keturunan dari Dotu Karel Sigar.

“Terkait orang-orang yang ada kini viral mengaku keluarga atau kerabat pak Prabowo Subianto kami nyatakan tidak benar,” katanya

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya tidak mengenal orang-orang yang tampil dalam video tersebut

“Kami tidak mengenal dan saya menyatakan mereka bukan bagian keturunan dari Dotu Karel Sigar, yang adalah opa tua dari Prabowo Subianto. Video dan berita yang disebar itu saya tegaskan bohong,” tegas Esther Ruus

Menurut dia, Dotu Karel adalah opa (kakek) tua dari Prabowo. “Tak tahu mereka itu Sigar dari mana,” kata dia.

Ia menjelaskan silsilah keluarganya. Ia mengaku sebagai cucu bersaudara dari Prabowo Subianto.

“Mama dari opa saya adalah kakak dari opa Prabowo Subianto,” katanya.

Ia menduga ada motif politik di balik pengakuan itu. Apalagi ada sosok Ruhut Sitompul beserta orang- orang yang mengaku keluarga Prabowo.

“Ini jelas jelas hoaks,” kata dia.

Ia menegaskan seluruh keluarga Prabowo di Langowan setia mendukung Prabowo dalam Pilpres nanti.

“Ini sudah harga mati,” katanya.

Hukum Tua (kepala desa) Desa Tounelet, Jhony Mumu memberi tanggapan terkait video viral keluarga Prabowo Subianto di Langowan, Minahasa yang memberikan dukungan calon nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Jhony Mumu mengakui warga di video itu merupakan warga Desa Tounelet, Kecamatan Langowan, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.

“Tidak semua orang yang terlibat dalam video tersebut berasal dari Desa Tounelet, hanya beberapa saja yang merupakan warga saya,” katanya, Kamis (4/4/2019).

Jhony mengatakan bahwa pada Senin (1/4/2019) ada warganya yang datang ke rumah untuk meminta izin untuk mengadakan deklarasi Pemilu, tapi tidak ditanggapinya.

“Mereka datang izin untuk deklarasi, tapi saya bilang itu bukan urusan saya coba tanya ke KPU,” ungkapnya.

Jhony pun mengaku tidak tahu soal deklarasi yang tiba-tiba terjadi di daerahnya.

“Soalnya pada Sabtu kemarin beberapa warga saya datang untuk melaporkan bahwa akan ada rukun keluarga Lumansik-Sigar di kediaman Keluarga Lumansik-Limpele yang ada di Jaga dua,” tandasnya.

tribunmanado.co.id rumah Keluarga Lumansik-Limpele yang ada di Desa Tounelet Jaga dua terpantau kosong dan tidak penghuninya pada Kamis (4/4/2019)

Referensi :

http://manado.tribunnews.com/…/viral-video-keluargaprabowod…

http://manado.tribunnews.com/…/cicit-bersaudara-prabowo-di-…

https://kumparan.com/…/keluarga-prabowo-di-langowan-bantah-…

http://manado.tribunnews.com/…/video-viral-keluarga-prabowo…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/867998526866017/

The post [BENAR] Fakta Sesungguhnya terkait Video Deklarasi Keluarga Ibu Kandung Prabowo di Minahasa Mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019 appeared first on TurnBackHoax.