[BENAR] “Kementan Bantah Siluet Wajah yang Ada Dibungkus Plastik Bertuliskan ‘Beras Segar’ dan ‘Toko Tani Indonesia’ ialah Presiden Jokowi”

[BENAR] “Kementan Bantah Siluet Wajah yang Ada Dibungkus Plastik Bertuliskan ‘Beras Segar’ dan ‘Toko Tani Indonesia’ ialah Presiden Jokowi”

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri menyatakan siluet wajah yang ada di bungkus plastik beras bertuliskan ‘Beras Segar’ dan ‘Toko Tani Indonesia’ dengan disertai logo Kementan, bukanlah Presiden Jokowi. Tetapi Itu foto model staf Kementan di Biro Umum dan Pengadaan Kementan yakni Mas Agus Faizal.

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“Gambar atau foto yang tertera pada kemasan beras Toko Tani Indonesia adalah bukan foto Presiden RI Bapak Jokowi. Itu foto model staf Kementan di Biro Umum dan Pengadaan Kementan, Mas Agus Faizal,” kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri, Selasa (25/9).

=====

Penjelasan:
Beberapa warga net di media sosial Twitter mempertanyakan foto siluet yang menempel pada bungkus plastik beras berlogo Kementerian Pertanian dengan bertuliskan ‘Beras Segar’ dan ‘Toko Tani Indonesia’. Apakah itu foto dari Calon Presdien (Capres) Joko Widodo (Jokowi) atau bukan? Tidak hanya bertanya, ada beberapa warga net juga sudah menyimpulkan bahwa siluet foto itu ialah Jokowi.

Beberapa diantaranya:

Akun Twitter @jokoedy6 yang menuliskan, “Beras Kementan berlogo Jokowi. Dlm keadaan tak melanggar aturan, Jokowi tak laku. Supaya laku, kudu curang dan kerup,” Selasa (25/9).

Kemudian ada juga akun Twitter @marierteman yang menuliskan, “bila foto ini bukan hoax, berarti telah terjadi praktek MENGHALALKAN SEGALA CARA untuk meraih suara dlm pilpres mosok ada ‘sachet’ beras berlogo @kementan dan bergambar @jokowi @KPU_ID @bawaslu_RI,” Selasa (25/9).

Ada juga akun Twitter @meong699 yang menuliskan, “Maaf pak @Amran_Sulaiman1 ini beras berlogo @kementan yg dibagikan ke Gapoktan kok pake gambar @jokowi ? Apa bukan termasuk kampanye ? @bawaslu_RI @KPU_ID https://twitter.com/…/104…/photo/1pic.twitter.com/AS36Gefo73 ,” Selasa (25/9).

Dan akun Twitter @IdaIndah9 yang menuliskan, “Maaf menurut Anda pada bungkus beras ini, apa betul photo PAK @jokowi , ini hoax bukan ya’ ?? Beredar beras dengan plastik yang ada gambar seperti ini ??? Biar apa ya?? #sekedarbertanya #2019GantiPresiden #2019PrabowoSandi #2019PrabowoSandiMenang #AdilMakmur,” Selasa (25/9).

Di sisi lain, akun twitter @Silvya_riau menjelaskan kepada akun @jokoedy6 bahwa siluet yang ada pada bungkus plastik beras tersebut hanya mirip dengan Jokowi. Program Kementan “Toko Tani Indonesia” itu om Gambarnya hanya Mirip; tapi bukan Pak Jokowi Ini Dasar Gambar yang Dikarung ,” tulisnya, Selasa (25/9).

Untuk meyakinkan, akun @Silvya_riau juga melampirkan foto atau gambar yang tertera pada bungkus karung beras ‘Toko Tani Indonesia’.

Menanggapi hal tersebut Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri menyatakan siluet pada bungkus beras tersebut bukanlah foto Jokowi. “Gambar atau foto yang tertera pada kemasan beras Toko Tani Indonesia adalah bukan foto Presiden RI Bapak Jokowi. Itu foto model staf Kementan di Biro Umum dan Pengadaan Kementan, Mas Agus Faizal,” kata Kuntoro, Selasa (25/9).

Agus Faizal adalah sopir Kepala Biro Umum dan Pengadaan Kementan. Kuntoro lalu menyertakan foto Agus yang dijadikan model pada bungkus beras.

“Memang produksi beras itu oleh Gapoktan binaan Kementan. Gapoktan menjual langsung beras produksinya ke Toko Tani Indonesia (TTI) dengan maksud memotong rantai pemasaran dan memberikan harga yang baik untuk petani dan konsumen,” jelasnya.

=====
Referensi:
1. https://twitter.com/jokoedy6/status/1044498560396345344
2. https://twitter.com/marierteman/status/1044547636378820608
3. https://twitter.com/meong699/status/1044488033645391872
4. https://twitter.com/IdaIndah9/status/1044530211486715904
5. https://twitter.com/Silvy_riau/status/1044532345976500224
6. https://news.detik.com/…/viral-bungkus-beras-kementan-berga…
7. https://www.brilio.net/…/viral-bungkus-beras-kementan-berga…

The post [BENAR] “Kementan Bantah Siluet Wajah yang Ada Dibungkus Plastik Bertuliskan ‘Beras Segar’ dan ‘Toko Tani Indonesia’ ialah Presiden Jokowi” appeared first on TurnBackHoax.