[BENAR] Klarifikasi Polri Terkait Isu Jenderal Tito ke Mekkah, Arab Saudi

[BENAR] Klarifikasi Polri Terkait Isu Jenderal Tito ke Mekkah, Arab Saudi

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyatakan berangkatnya Kapolri, Jenderal Tito Karnavian ke Mekkah, Arab Saudi tidak ada urusan dengan Pimpinan FPI, Habib Rizieq Syihab, melainkan untuk keperluan Umroh bersama keluarga. Sebelum Umroh, Jenderal Tito bersama beberapa Pati Mabes Polri pergi ke Dubai untuk menghadiri Sidang Umum Interpol ke-87 tahun 2018, dalam rangka menjalin kerja sama di bidang penegakan hukum dengan berbagai negara.

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“Hoaks. Sumbernya nggak jelas. Jangan mudah terpancing sama info-info yang tidak jelas sumbernya,” tampik Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Minggu (25/11).

=====

Penjelasan:
Beredar isu melalui pesan berantai Whatsapp terkait Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Tito Karnavian bersama 9 Perwira Tinggi (Pati) Markas Besar (Mabes) Polri yang pergi ke Mekkah, Arab Saudi. Dalam pesan tersebut terdapat pertanyaan, apakah Jenderal Tito dan 9 Pati mau Umroh atau punya rencana terhadap IB IRS?

Berikut narasi lengkap pesan tersebut:

“A1 Info: Tito & 9 Pati Mabes Polri ke Mekkah hari ini dan sudah masuk Hotel Darut Tauhid. Ada apa gerangan? Mau umroh atau ada rencana lain terhadap IB HRS?”.

Polri melalui Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo memberikan klarifikasinya. Ia menyatakan kabar kepergian Jenderal Tito dan 9 Pati dengan dikaitkan kepada Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab (HRS) tidak benar adanya atau hoaks.

“Hoaks. Sumbernya nggak jelas. Jangan mudah terpancing sama info-info yang tidak jelas sumbernya,” tampik Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Minggu (25/11).

Brigjen Dedi pun menambahkan fakta yang sebenarnya adalah, kepergian Jenderal Tito ke Mekkah untuk Umroh. “Tidak ada agenda lain selain ibadah,” tegasnya.

Sebelum Umroh Brgjen Dedi menjelaskan bahwa Jenderal Tito menghadiri Sidang Umum Interpol ke-87 tahun 2018, dalam rangka menjalin kerja sama di bidang penegakan hukum dengan berbagai negara.

Dalam acara itu, Kapolri didampingi 9 Perwira Tinggi Mabes Polri. Di antaranya, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Arief Sulistyanto, Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv HI) Mabes Polri Irjen H. S. Maltha, dan Sekretaris NCB-Interpol Indonesia Brigjen Napoleon Bonaparte. Namun, mereka tidak ikut Kapolri ke Saudi.

“Sama keluarga saja, cuma dua hari, dan langsung balik. Kapolri sudah di Indonesia sejak Jumat (23/11)” tandas Dedi.

Diketahui pada Sabtu (24/11) malam, Tito memang terlihat mendampingi Presiden Jokowi bertemu tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Sumatera Selatan.

=====

Referensi:
1. http://rakyat-merdeka.co.id/…/umroh-2-hari-tito-diserang-ho…
2. https://nasional.inilah.com/…/kapolri-ke-mekah-dikaitkan-ri…
3. https://jabar.pojoksatu.id/…/berada-di-arab-saudi-kapolri-…/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/786791378320066/

The post [BENAR] Klarifikasi Polri Terkait Isu Jenderal Tito ke Mekkah, Arab Saudi appeared first on TurnBackHoax.