[DISINFORMASI] 2 Tokoh Mau Jenguk Ahmad Dani Tidak Boleh

[DISINFORMASI] 2 Tokoh Mau Jenguk Ahmad Dani Tidak Boleh

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan:

Belakangan video ditolaknya Lieus Sungkharisma dan Jaya Suprana saat hendak menjenguk Ahmad Dani di Lapas Cipinang menjadi viral. Banyak akun media sosial yang menshare dengan narasi yang menjelaskan adanya diskriminasi dimana orang-orang yang hendak menjenguk  Ahmad Dani dipersulit bahkan dihalang-halangi. Dalam keterangan juga disebutkan bahwa yang bersangkutan telah mendapat izin dari pihak kejaksaan dan petugas tetap tak bisa memberikan izin.

Faktanya Kepala Rutan Cipinang, Oga Giofani merespons protes yang disampaikan aktivis Lieus Sungkharisma yang sedianya hendak menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang bahwa jadwal kunjungan tahanan adalah di hari kerja, Senin-Jum'at. Sementara Sabtu dan Minggu tidak ada jadwal kunjungan.  Ia menegaskan bahwa hari Sabtu dan Minggu, seluruh rumah tahanan di Indonesia memang tidak menerima kunjungan. Penolakan atas kunjungan terhadap Ahmad Dani adalah semata karena mereka berkunjung tidak dihari kerja melainkan di hari libur bukan sebab adanya diskriminasi.   Direktur Pelayanan Tahanan Anas Saiful Ilham juga menyebutkan bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah No 27 Tahun 1983 tentang Pelaksanaan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHP), Pasal 20 ayat 1 mengatakan bahwa Izin kunjungan bagi penasihat hukum, keluarga dan lain-lainnya diberikan oleh pejabat yang bertanggung jawab secara yuridis atas tahanan itu.

Link Counter:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190203191826-12-366134/rutan-cipinang-jawab-protes-lieus-soal-larangan-jenguk-dhani