[DISINFORMASI] Sekitar Satu Juta Muslim Uighur Dibunuh di Cina, Luhut: RI Bisa Apa? Kita Bergantung Pada Cina

[DISINFORMASI] Sekitar Satu Juta Muslim Uighur Dibunuh di Cina, Luhut: RI Bisa Apa? Kita Bergantung Pada Cina

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredar di sosial media sebuah tangkapan layar artikel dari K0mpasinf0 (blogspot) mengenai Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Dirinya disebut menyatakan bahwa ketergantungan Indonesia dalam bidang ekonomi dan investasi menjadi alasan Indonesia tidak bisa berbuat banyak untuk menekan China soal dugaan pelanggaran HAM terhadap suku muslim Uighur di Xinjiang. 

Adapun berita tersebut disebarkan oleh K0mpasinf0 (blogspot) yang merupakan sumber tidak kredibel. Selain itu berita dari K0mpasinf0 tersebut menyalin isi berita dari CNN berjudul “Diam Soal Muslim Uighur, RI Dinilai Bergantung pada China” yang berisi komentar dari pengamat politik Internasional dari Universitas Padjajaran, Teuku Rezansyah mengenai dugaan pelanggaran HAM terhadap etnis Uighur dan alasan Indonesia tidak menekan China terkait hal tersebut. Oleh K0mpasinf0, paragraf pembuka dari berita salinan tersebut dipelintir seolah hal tersebut adalah pernyataan dari Luhut. Pernyataan pelintiran itu kemudian dijadikan judul provokatif oleh K0mpasinf0.

Link Counter :

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20181218160644-106-354585/diam-soal-muslim-uighur-ri-dinilai-bergantung-pada-china