[HOAKS] Pesan KH Ahmad Dahlan 1 Abad Yang Lalu Akibat Bencana Alam

[HOAKS] Pesan KH Ahmad Dahlan 1 Abad Yang Lalu Akibat Bencana Alam

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Sebuah berita di media sosial melalui postingan facebook dan artikel lain mengabarkan Sebuah Pesan KH Ahmad Dahlan 1 Abad Yang Lalu."Perhatikanlah alam dan bangsamu, jika disuatu bangsa yang beriman, mereka mengaku sebagai pemimpin yang baik, namun jika terjadi kerusakan akibat bencana alam yang berturut-turut, maka itu pertanda rusak pemimpin mu. Jika rusak pemimpin mu maka rusaklah tatanan masyarakat mu, mereka saling memfitnah, saling menghujat, saling mencela tak bisa terhindarkan, di saat itu Allah memberi peringatan bagimu dengan berupa musibah yang tiada henti."

Faktanya setelah ditelusuri bahwa berita tersebut tidak benar.Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Tarjih dan Tajdid, Prof Yunahar Ilyas, menegaskan pernyataan itu belum terverifikasi keluar dari mulut Kiai Ahmad Dahlan. Yunahar berpendapat, sepanjang pengetahuannya, belum ada tafsiran langsung yang mengaitkan bencana alam, seperti tsunami atau gempa bumi, dengan seorang pemimpin yang rusak. Sebuah hadis riwayat Bukhari, dikutip Yunahar, soal kerusakan yang dikaitkan dengan kualitas pemimpin. Dalam hadis tersebut, Nabi Muhammad menyatakan, jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja terjadinya kehancuran. Tetapi kehancuran yang dimaksud di sini adalah dalam artian luas. Tidak secara spesifik menyatakan bencana alam. Kerusakan atau kekacauan di semua bidang, menurut sunnatullah, terjadi ketika sesuatu tidak sebagaimana mestinya prinsip keharmonisan semesta.

Link Counter :

https://news.detik.com/berita/d-4257330/penjelasan-muhammadiyah-soal-viral-ahmad-dahlan-pemimpin-dan-bencana

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181012112013-20-337918/muhammadiyah-telusuri-pesan-kh-ahmad-dahlan-soal-bencana-alam