[HOAKS] Prabowo Sebut FPI Bukan Ancaman NKRI

[HOAKS] Prabowo Sebut FPI Bukan Ancaman NKRI

Penjelasan :

Beredar postingan di media sosial dengan narasi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto seolah menyebut organisasi masyarakat Front Pembela Islam (FPI) bukan ancaman kedaulatan NKRI, tapi orang yang menunggangi NU yang perlu dibersihkan. Postingan itu lantas ramai diperbincangkan dan dibagikan ulang oleh pengguna media sosial Facebook.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan bukti kuat yang menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pernyataan seperti dalam postingan yang beredar tersebut. Pernyatan itu tidak memiliki dasar dan bukan berasal dari Prabowo. Pembuat unggahan itu memanfaatkan isu sentimen anti-FPI untuk memprovokasi masyarakat.

Pantauan tim Cek Fakta Medcom.id, pernyataan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan mulai dari hari pertama serah terima jabatan hingga saat ini tidak pernah menyinggung kata "FPI". Prabowo terpantau hanya sempat mengucapkan kata "NKRI" pada saat sertijab, Kamis 24 Oktober 2019.

Dilansir dari Republika, Prabowo mengucapkan kata "NKRI" dalam konteks akan melanjutkan program-program menhan terdahulu, Ryamizard Ryacudu. Tak berhubungan dengan diksi "FPI".

KATEGORI: HOAKS

Link Counter :

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yKXGxWDk-prabowo-sebut-fpi-bukan-ancaman-nkri-ini-faktanya

https://nasional.republika.co.id/berita/pzvwqq409/prabowo-tegaskan-akan-perkuat-tni-untuk-menjaga-nkri