[HOAKS] Ricuh Kertas Suara di Medan

[HOAKS] Ricuh Kertas Suara di Medan

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan:

Kembali beredar kabar bahwa surat suara telah tercoblos di Medan, Sumatera Utara. Dalam video tersebut terlihat banyak masa yang sedang protes dengan menunjukan kertas atau dokumen terhadap KPU.

Faktanya video yang berdurasi sekitar 6 menit 24 detik tersebut ternyata tidak benar atau Hoaks. Ketua KPU Sumatera Utara Yulhasni menegaskan, video viral adanya surat suara Pilpres 2019 yang telah tercoblos adalah tidak benar alias hoaks. Di mana dalam video yang berdurasi 7 menit itu terlihat massa ricuh diduga kertas suara sudah tercoblos pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf. Menurutnya, kejadian tahun lalu itu bermula saat masa tak puas akan hasil yang sudah disepakati. Di mana, petahana kembali menang dalam pemilihan itu. Selain itu, pasangan yang menang nomor urutnya sama dengan Jokowi-Ma'ruf yakni 01.

"Mereka datang ke kantor KPU Tapanuli Utara. Jadi bukan di Kota Medan. Sampai saat ini KPU Kota Medan belum menerima surat suara dan baru dilakukan pada 5 Maret nanti. Gudangnya ada di bekas Bandara Polonia Medan dan dijaga polisi. Dan juga bekas markas TNI AU," bebernya.

Link Counter:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/3908749/cek-fakta-hoaks-surat-suara-pilpres-tercoblos-di-sumatera-utara

https://sumut.pojoksatu.id/baca/heboh-video-ricuh-terkait-surat-suara-sudah-dicoblos-kpu-medan-tegas-membantah