Info Bisa Nyoblos di TPS Mana Saja Pakai KTP-el Tidak Benar

Info Bisa Nyoblos di TPS Mana Saja Pakai KTP-el Tidak Benar

JPP, JAKARTA - Melalui sebuah unggahan di media sosial tersebar informasi bahwa para calon pemilih dalam pemilu pada 17 April mendatang cukup membawa kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) ke tempat pemungutan suara (TPS) tanpa terikat lokasi tempat tinggalnya. Dipastikan bahwa informasi tersebut tidak benar.

Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 9 tahun 2019, pada pasal 9 disebut dalam ayat 1, yaitu pemilih yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf c menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP-el atau Suket (Surat Keterangan) kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada saat Pemungutan Suara.

Sementara pada ayat 2 disebutkan hak pilih sebagaimana dimaksud pada ayat 1 hanya dapat digunakan di TPS yang berada di rukun tetangga/rukun warga atau sebutan lain sesuai dengan alamat yang tertera dalam KTP-el atau Suket.

Suket yang dimaksud di atas adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh instansi yang mengurus terkait kependudukan dan menjelaskan bahwa pemegang suket tersebut telah melakukan perekaman KTP-el.

Dalam peraturan itu juga disebutkan pemilih dengan kategori ini dapat memberikan suaranya sesuai dengan peraturan yang ada, yaitu mulai pukul 12.00 waktu setempat hingga penutupan TPS pada pukul 13.00 waktu setempat (untuk pendaftaran pencoblosan).

PKPU nomor 9 tahun 2019 dalam pasal 9 itu juga menyebutkan pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat memilih apabila masih tersedia Surat Suara. (ant)