[SALAH] “DENGAN BANGGANYA MEREKA BERANI MEMAKAI SERAGAM MILITERNYA”

[SALAH] “DENGAN BANGGANYA MEREKA BERANI MEMAKAI SERAGAM MILITERNYA”

Pelintiran daur ulang, yang berada di foto adalah siswa mancanegara yang mengenakan seragam loreng dalam rangka “military week” ketika mengikuti pendidikan bahasa di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2H4lmdE http://archive.today/y9488, post oleh akun “Kiky Kinaswya Kiky” (facebook.com/kiki.kinaseya.9), sudah dibagikan 7.259 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“DENGAN BANGGANYA MEREKA BERANI MEMAKAI SERAGAM MILITERNYA DI INDONESIA??? …. 😠😠😠”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • Post SUMBER membagikan foto siswa dari mancanegara yang sedang mengikuti pendidikan bahasa di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan.
  • Post SUMBER menambahkan narasi untuk membangun premis yang salah memelintir konteks foto yang sebenarnya. Siswa tersebut mengenakan seragam loreng dalam rangka “military week”, tidak ada hubungannya dengan klaim “dengan bangganya mereka berani” seperti klaim di narasi.

——

(2) Sekoci Hoaxes: “Foto itu diambil pada hari Senin (21/11/16), para perwira tersebut berasal dari Singapore. Dan kebetulan pada saat itu adalah Military Week, dimana seluruh staf kami termasuk siswa mengenakan seragam loreng.”, selengkapnya di bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

http://bit.ly/2NK6Zvy Sekoci Hoaxes: “[EKSLUSIF]

Klarifikasi Foto Tentara Asing di KFC Cinere Mall

Kami menerima kiriman screenshot foto dari akun Facebook Eko Prasetia, foto tersebut diposting pada tanggal 23 November 2016 dan sampai saat ini telah dibagikan 1.5K kali.

Pada foto tampak beberapa pria dengan kulit putih khas Asia dan mengenakan seragam militer. Narasi pada foto bertuliskan:

“Ada yang tau dan bisa kasih info, mereka siapa?
@KFC Cinere mall”

Penulis narasi lumayan cerdas, menurut kami. Dia tidak membuat narasi yang memanas-manasi, dia hanya mengatur atmosfernya saja. Netizen terpancing dengan narasinya yang berbentuk pertanyaan. Berbagai tanggapan muncul. Ada netizen yang menuliskan bahwa para pria di foto adalah tentara China yang mulai masuk ke Indonesia. Ada yang beranggapan BIN, TNI dan Polri kebobolan lagi.

Kami mencari informasi mengenai dari negara manakah seragam tersebut berasal serta kegiatan yang berhubungan dengan TNI dan Polri.

Akhirnya kami terhubung dengan Bapak Nitya Pramudita dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan).

Berikut wawancara sekoci dengan Bapak Nitya Pramudita (kami tulis sesuai aslinya):

“Selamat pagi

Memang awalnya saya agak terkejut melihat share dari seorang sahabat saya mengenai status tersebut.

Saya langsung berpikir cepat karena kebetulan di caption tertulis lokasi yaitu di daerah Cinere. Saya langsung menulis di kolom komentar bahwa itu adalah Siswa Mancanegara yg sedang mengikuti pendidikan bahasa di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan.

Kesatuan kami menyelenggarakan berbagai macam diklat bahasa Asing antara lain Bahasa Inggris, Jerman, Arab, Rusia, Mandarin, Jepang, Korea, Prancis dan lain-lain. Diklat bahasa tersebut biasanya diikuti oleh seluruh personel TNI dan PNS di lingkungan Kemhan dan TNI.

Selain itu ada juga diklat Bahasa Indonesia. Diklat ini diikuti oleh Perwira Mancanegara negara sahabat seperti Amerika, Australia, Philipina, Kamboja, Singapore, India, Pakistan, Bangladesh, Malaysia, Fiji, Suriname dan lain-lain.

Mereka semua belajar Bahasa Indonesia di kesatuan kami sebelum berangkat mengikuti diklat Lemhannas, Sesko TNI dan Sesko Angkatan di Jakarta, Bandung dan Lembang.

Foto itu diambil pada hari Senin (21/11/16), para perwira tersebut berasal dari Singapore. Dan kebetulan pada saat itu adalah Military Week, dimana seluruh staf kami termasuk siswa mengenakan seragam loreng. Dan bisa jadi suatu saat yg mereka lihat adalah memang China PLA (People Liberation Army) yang memang sedang diklat di tempat kami. Mereka datang sebagai tamu negara kita. Demikian”

Bapak Nitya Pramudita juga mengirimi kami foto-foto beliau dan perwira dari mancaranegara beserta guru-guru yang sedang dalam kegiatan belajar mengajar pagi ini, Kamis (24/11/16). Foto-foto tersebut sebagai bukti bahwa Bapak Nitya Pramudita dan Sekoci tidak sedang membual.

Mari tabayyun sebelum menyebarkan sebuah berita.

Salam Icokes, Indonesia Hoax Buster!

Sumber:

http://www.badiklat.kemhan.go.id/…/1830-ujian-masuk-terpadu…

———-

Like our page, follow our twitter, visit our web and stay updated!

Group: https://www.facebook.com/groups/icokes/
FP: https://web.facebook.com/sekoci.indo/
Twitter: @teamsekoci
Web: www.sekoci.org”.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/850052148660655/

The post [SALAH] “DENGAN BANGGANYA MEREKA BERANI MEMAKAI SERAGAM MILITERNYA” appeared first on TurnBackHoax.