[SALAH] Disdikbud Lampung Tengah Keluarkan Surat kepada Kepala Sekolah agar Mengirim Siswanya untuk Menyambut Kunjungan Presiden Jokowi

[SALAH] Disdikbud Lampung Tengah Keluarkan Surat kepada Kepala Sekolah agar Mengirim Siswanya untuk Menyambut Kunjungan Presiden Jokowi

Kadisdikbud Lampung Tengah, Syarief Kusen membantah pihaknya membuat dan mengeluarkan surat yang menginstruksikan kepala sekolah agar siswa atau peserta didiknya menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Lampung Tengah. Ia menyatakan surat itu bohong atau hoaks.

“Silakan besok dicek aja. Tidak ada instruksi itu. Semua belajar seperti biasa. Tidak ada pengerakan siswa untuk menyambut Pak Joko Widodo,” tegasnya.

=====

Sumber: Pesan Berantai Whatsapp

=====

Kategori: Manipulated Content / Disinformasi

=====

Narasi:

“PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Jl. Hi. Muchtar No. 01 Telepon (0725) 26212 Fax. (0725) 26212
Gunung Sugih Lampung Tengah Provinsi Lampung 34161
Email: dinaspendidikanlampugtengah@gmail.com

Gunung Sugih 06, Maret 2019
Nomor: 420/0780/02/Da. VI.01/2019
Lampiran: 1 lembar
Sifat: biasa
Perihal: Penyambutan Bapak Presiden RI dalam Rangka Kunjungan Kerja di Wilayah Kab. Lampung Tengah.

Kepada:
Yth. Kepala Satuan Pendidikan
SMP Negeri/Swata
Se-Kabupaten Lampung Tengah
di-Tempat

Dengan Hormat,

Menindaklanjuti surat Kepala Kepolisian Resor Lampung Tengah Nomor: B/294/III/2019 tanggal 06 Maret 2019 perihal Kunjungan Kerja Bapak Presiden Republik Indonesia di wilayah kabupaten Lampung Tengah.

Sehubungan dengan perihal tersebut di atas, dimohon kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar memerintahkan peserta didiknya minimal mengirimkan 2 pleton (1 pleton putra& 1 pleton putri) satu pletonnya berjumlah 31 peserta didik, untuk menyambut kehadiran Bapak Presiden Republik Indonesia, sepanjang jalan dari Pasar Bandar Jaya hingga lapangan Karang Endah dengan menggunakan seragam sekolah/Pramuka serta membawa bendera plastik merah putih, pada:

Hari/tanggal: Jum’at 08 Maret 2019
Waktu: Pukul 15.00 Wib s.d selesai
Tempat: Lapangan Karang Endah Kecamatan Terbanggi Besar.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik kami mengucapkan terima kasih.

a.n Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan
Kabupaten Lampung Tengah
Sekretaris,

Kartubi, SE.M.SI
Pembina Tk, I ( IV/B)
NIP. 19650920 199503 1 005

Tembusan, Yth:
1. Bupati Lampung Tengah (sebagai laporan)
2. Ketua DPRD Kab. Lampung Tengah;
3. Kapolres Kab. Lampung Tengah;
4. Arsip

=====

Penjelasan:

Beredar surat dengan atas nama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Tengah terkait instruksi kepada kepala sekolah agar siswa atau peserta didiknya menyambut kehadiran Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada Jum’at 8 Maret 2019 di sepanjang jalan dari Pasar Bandar Jaya hingga lapangan Karang Endah. Surat tersebut juga ditandatangani oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kabupaten Lampung Tengah, Kartubi, SE. M.SI.

Dalam surat itu pun dijelaskan bahwa sebagai tindak lanjut dari surat Kepala Kepolisian Resor Lampung Tengah Nomor: B/294/III/2019 tanggal 06 Maret 2019. Dan dengan permintaan agar tiap sekolah dapat mengirim 2 pleton peserta didiknya, 1 pleton terdiri dari pria dan 1 pletonnya lagi terdiri dari perempuan, masing-masing pleton berjumlah 31 orang.

Saat dikonfirmasi oleh Tribunnews.com, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Kadisdikbud) Lampung Tengah, Syarief Kusen membantahnya. Syarief menegaskan, surat itu adalah hoaks alias tidak benar.

Syarief menegaskan bahwa kunjungan Presiden Jokowi ke Lampung memang kerap dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Saya baru tahu surat itu juga dari kawan-kawan media malam ini. Tidak lama kemudian, Pak Sekda (Sekkab Adi Erlansyah) juga menelepon saya perihal surat tersebut,” kata Syarief via telepon, Kamis (7/9) malam.

Syarief menjelaskan, seluruh sekolah tetap menyelenggarakan jam belajar seperti biasanya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk ikut memantau belajar mengajar di Lampung Tengah.

“Silakan besok dicek aja. Tidak ada instruksi itu. Semua belajar seperti biasa. Tidak ada pengerakan siswa untuk menyambut Pak Joko Widodo,” tegasnya.

Diketahui Presiden Jokowi direncanakan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauhuni-Terbanggi BeSar di gerbang Tol Natar, Jumat 8 Maret 2019.

=====

Referensi:

1. http://lampung.tribunnews.com/…/jelang-kedatangan-jokowi-ke…
2. https://www.kupastuntas.co/…/beredar-hoaks-surat-perintah-…/

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/851193628546507/

The post [SALAH] Disdikbud Lampung Tengah Keluarkan Surat kepada Kepala Sekolah agar Mengirim Siswanya untuk Menyambut Kunjungan Presiden Jokowi appeared first on TurnBackHoax.