[SALAH] Foto Prabowo Berpakaian Uskup di Gereja

[SALAH] Foto Prabowo Berpakaian Uskup di Gereja

Akun Twitter @Gerindra membantah foto Prabowo yang tampak mengenakan pakaian Uskup di suatu gereja yang diposting akun @MarikaRahman_. “Selamat siang Ibu Marika, foto yang Ibu upload tersebut adalah editan dan tidak benar. Tolong cerdas dalam menerima dan menyebarkan berita. Terima kasih,” tulis @Gerindra, Selasa (4/12). Sebelumnya diketahui foto Jokowi juga pernah diedit sama seperti foto Prabowo yang diedit sekarang, pada 2014 silam.

=====

Sumber: Media Sosial

=====

Kategori: Disinformasi

=====

Narasi :
“Ini gambar hoax bukan ya???. Kalau seandainya benar, kasihan agama jadi komuditas politik saja… padahal gak usah gini2 banget… Pak @Jokowi muslim sejati juga di cintai Nasrani… orang di pilih karena kualitas nya bukan spt ini….”

=====

Penjelasan:
Akun media sosial Twitter dengan nama Mariya Mubarika atau @MarikaRahman_ mencuit foto Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 02 Prabowo Subianto yang mengenakan pakaian Uskup di altar suatu gereja. Foto Prabowo tersebut dibandingkan juga dengan foto Prabowo yang tampak duduk di atas Kasur dengan mengenakan peci berwarna hitam, baju kokoh berwarna putih dan sarung berwarna hijau.

Dalam cuitan yang ada kedua foto itu, @MarikaRahman_ menuliskan narasi sebagai berikut. “Ini gambar hoax bukan ya???. Kalau seandainya benar, kasihan agama jadi komuditas politik saja… padahal gak usah gini2 banget… Pak @Jokowi muslim sejati juga di cintai Nasrani… orang di pilih karena kualitas nya bukan spi ini….,” tulis akun @MarikaRahman_, Selasa (4/12).

Kedua foto Prabowo yang dijelaskan di atas yang tersusun secara vertikal, dibandingkan @MarikaRahman_ dengan foto hasil tangkapan layar dari berita di media daring yang berjudul “Uskup Agung Medan Berkati Gereja Paroki Pertama di Kabanjahe”.

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, faktanya, foto Prabowo yang mengenakan pakaian Uskup dengan kegiatan seperti sedang memberikan khutbah di suatu gereja tidak benar adanya. Foto Prabowo tersebut adalah hasil editan yang sumbernya berasal dari foto pemberitaan media daring http://hariansib.co yang judul beritanya “Uskup Agung Medan Berkati Gereja Paroki Pertama di Kabanjahe,” ditayangkan pada Senin, 17 Februari 2014.

Foto asli dalam berita media daring itu ialah foto Uskup Agung Medan Mgr Anicetus B Sinaga yang sedang memberikan kotbahnya pada peresmian pembangunan gereja Paroki di hadapan sekitar 4000 umat dan undangan di Jalan Letnan Rata Peranginangin, Kabanjahe, Minggu (16/2/2014).

Akun Twitter Partai Gerindra atau @Gerindra juga memberikan klarifikasinya atas cuit @MarikaRahman_. “Selamat siang Ibu Marika, foto yang Ibu upload tersebut adalah editan dan tidak benar. Tolong cerdas dalam menerima dan menyebarkan berita. Terima kasih,” tulis @Gerindra, Selasa (4/12).

Sementara foto Prabowo yang tampak duduk di atas Kasur dengan mengenakan peci berwarna hitam, baju kokoh berwarna putih dan sarung berwarna hijau adalah benar adanya. Foto tersebut dipasang dalam berita yang dimuat media daring https://citraindonesia.com dengan judul “Prabowo: Resolusi Jihad Diserukan KH. Hasyim Asya’ri Lawan Penjajah” Dan diketahui dari berita tersebut, foto Prabowo diambil dari akun Twitter @prabowo pada Selasa (23/10/2018).

Selain Prabowo, Capres Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi) juga pernah menjadi korban dari editan foto Uskup Agung Medan Mgr Anicetus B Sinaga pada tahun 2014 silam.

=====

Referensi:
1. https://twitter.com/GunGunG23068…/status/1070564419812253696
2. https://twitter.com/Gerindra/status/1069828982386749440
3. http://hariansib.co/…/Uskup-Agung-Medan–Berkati-Gereja-Par…
4. https://citraindonesia.com/prabowo-resolusi-jihad-diseruka…/
5. https://www.kaskus.co.id/…/satu-lagi-masterpiece-prahara-t…/

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/793484580984079/

The post [SALAH] Foto Prabowo Berpakaian Uskup di Gereja appeared first on TurnBackHoax.