[SALAH] Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Masuk Timses Prabowo – Sandi

[SALAH] Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Masuk Timses Prabowo – Sandi

Status dan foto yang disebarkan akun Twitter @WajahMuslim17 yang inti isinya menyebut Gubernur Jatim, Khofifah Indah Parawansa masuk menjadi Timses Prabowo – Sandi adalah tidak benar atau hoaks. Diketahui Khofifah mendukung Jokowi – Ma’ruf serta foto Sandi dan Khofifah yang dilampirkan @WajahMuslim17 adalah saat Sandi berkunjung ke rumah dinas Khofifah ketika menjadi Menteri Sosial guna membahas Taman Makam Pahlawan Kalibata.

=====

Sumber: Twitter @WajahMuslim17

=====

Kategori: Hoaks

=====

Narasi :
“Subhanaallah!! Khofifah: “Saya Masuk Timses Prabowo – Sandi Dengan Tulus Ikhlas Demi Masa Depan Indonesia.” cuit @WajahMuslim17.

=====

Penjelasan:
Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) baik Joko Widodo – Ma’ruf Amin maupun Prabowo Subianto – Sandiaga Uno terus mendapat dukungan dari tokoh politik maupun massa untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Di sisi lain ada juga tokoh politik yang sebelumnya mendukung satu pasangan calon berubah haluan dengan mendukung calon lainnya.

Kondisi dukungan terhadap pasangan capres dan cawapres ini tampaknya dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan berita bohong atau hoaks. Kali ini sasarannya ialah Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indah Parawansa.

Khofifah yang juga mantan Menteri Sosial itu dikabarkan oleh akun Twitter @WajahMuslim17 telah menyatakan masuk sebagai Tim Sukses (Timses) Prabowo – Sandi. Berikut narasi lengkapnya:

“Subhanaallah!! Khofifah: “Saya Masuk Timses Prabowo – Sandi Dengan Tulus Ikhlas Demi Masa Depan Indonesia.” cuit @WajahMuslim17.

Cuitan @WajahMuslim17 tersebut dilampirkan foto Sandi yang mengenakan peci berwarna hitam, berbaju koko dan mengalungkan kain yang dominan bewarna hijau. Sementara Khofifah mengenakan kemeja batik dengan jilbab yang warnanya dominan kuning dan hitam.

Setelah dilakukan penelusuran pada mesin pencari diketahui foto itu diambil sekitar awal Januari 2018, saat Sandiaga mendatangai rumah dinas Khofifah ketika menjadi Menteri Sosial untuk membahas terkait Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Selain itu sebelumnya Khofifah yang pada Pemilihan Gubernur Jatim didukung Demokrat, Golkar, NasDem, PPP dan Hanura telah menegaskan dukungannya kepada Jokowi. “Saya tetap dukung Pak Jokowi,” katanya, Rabu (5/9/2018) lalu.

Terbaru, Khofifah juga mengajak emak-emak alias ibu kader NU untuk memilih pasangan calon presiden nomor urut 1, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. “Mudah-mudahan seluruh anggota Muslimat NU seiring dengan saya memilih pasangan calon presiden nomor urut 1 karena di situ ada Rais Aam NU Kiai Ma’ruf Amin yang menjadi calon wakilnya,” tegasnya, Senin (12/11).

=====

Referensi:
1. https://twitter.com/WajahMuslim17
2. https://metro.tempo.co/…/temui-mensos-khofifah-sandiaga-uno…
3. https://www.republika.co.id/…/pejek5377-khofifah-saya-tetap…
4. https://www.wartaekonomi.co.id/…/khofifah-ajak-emak-emak-du…

The post [SALAH] Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Masuk Timses Prabowo – Sandi appeared first on TurnBackHoax.