[SALAH] “Hacker Sudah Mulai Masuk Facebook dan bbm”

[SALAH] “Hacker Sudah Mulai Masuk Facebook dan bbm”

Selain menggunakan foto orang lain, SUMBER menyebarkan hoaks daur ulang. Pengguna yang sadar keamanan tidak perlu takut peretas tiba-tiba akan menguasai akun Facebook mereka. Hati-hati dalam menggunakan aplikasi di Facebook, waspada dengan aplikasi jahat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten Palsu.

======

SUMBER

http://bit.ly/2yh9232 Page “Siti Hadijah” (facebook.com/Sitihadijahteam). Versi arsip, per post disusun akun sudah tidak bisa diakses.

======

NARASI

“MOHON DIBACA!!
Kami dari kepolisian negara republik indonesia menghibau kepada seluruh masyarakat indonesia tetap waspada dan berhati hati: Perhatian bagi pengguna FACEBOOK dan BBM!! Metro tv baru saja mengeluarkan berita bahwa hacker sudah mulai masuk facebook dan bbm. Dan mereka menempatkan video seks memakai nama anda pada teman teman anda, tanpa anda mengetahuinya. Anda tidak dapat melihatnya, namun orang lain bisa melihatnya seolah olah anda yg mempublikasikannya. Jadi, jika anda menerima suatu video( barangkali atas nama saya), maka itu bukan saya!!

Nb: Sebarkan berita ini, demi keamanan akun anda .Terimakasih
Bc untuk menjaga nama baik.”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten Palsu

Konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan”.

SUMBER menyebarkan hoaks daur ulang, pernah beredar sebelumnya pada tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya.

(2) Snopes: “Peretas Baru di Facebook

Rumor tentang peretas yang memposting pesan menghina dan seksual di dinding Facebook teman Anda atas nama Anda sudah tua dan tidak berdasar.

DAVID MIKKELSON
DITERBITKAN 13 MEI 2012

… Sebaliknya, itu bermuara pada masalah menipu orang yang tidak menaruh curiga untuk membuka kunci pintu melalui mana penjajah mendapatkan akses yang mereka cari. Mereka yang kehilangan kendali atas akun mereka melakukannya dengan secara tidak sengaja menginstal aplikasi Facebook jahat. Atau mereka menjadi korban skema klik-klik ketika mereka mengklik tautan yang disodorkan yang secara keliru dicap sebagai barang tidak berbahaya atau memikat (seperti tombol “Suka” atau tautan ke video yang terdengar menarik) padahal sebenarnya mereka adalah makhluk yang sangat berbeda. Atau (seperti yang terjadi pada serangan video porno Facebook November 2011, dijelaskan secara lebih rinci pada halaman kami tentang serangan itu) mereka ditipu untuk mengeksekusi kode Javascript berbahaya di bilah alamat browser mereka. Atau mereka menjadi korban skema phishing.

Intinya adalah bahwa pengguna Facebook harus secara aktif melakukan sesuatu (bahkan jika mereka tidak sadar mereka melakukannya) untuk membuka pintu dan memungkinkan pembajak untuk mengakses akun mereka; pengguna yang sadar akan keamanan tidak perlu khawatir bahwa “peretas” tiba-tiba akan menguasai akun Facebook mereka, …”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2Oi5f0o (arsip cadangan di http://archive.fo/1rTIm).
Artikel dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2Y1Cyt0 (arsip cadangan di http://archive.fo/x478d).

(3) Selain menyebarkan hoaks, foto profil yang digunakan sebenarnya adalah foto dari seorang Polwan yang bernama Nurul Arifin.

Salah satu artikel yang memberitakan, wolipop: “Foto: Manisnya Nurul Arifin, Polwan Berhijab Aceh Populer di Instagram”, selengkapnya di http://bit.ly/2ZebRxU.

======

REFERENSI

turnbackhoax(dot)id: [HOAX] “Metro TV Baru Saja Mengeluarkan Berita Bahwa Hacker Sudah Mulai Masuk Facebook, BBM dan WA”, post sebelumnya di http://bit.ly/2Zch6hn.

The post [SALAH] “hacker sudah mulai masuk facebook dan bbm” appeared first on TurnBackHoax.