[SALAH] “Jadi inilah sumber perpecahan di dalam gera’an tiganti”

[SALAH] “Jadi inilah sumber perpecahan di dalam gera’an tiganti”

Cuitan sumber menghubungkan dua peristiwa berbeda untuk membangun premis dan framing, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) http://bit.ly/2O6JUFS, mention ke akun @turnbackhoax (twitter.com/turnbackhoax).

——

(2) http://bit.ly/2IaUjLx, cuitan oleh akun “ig: hariadhinih” (twitter.com/hariadhi), sudah dicuit ulang 99 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Jadi inilah sumber perpecahan di dalam gera’an tiganti…”

=====

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Konten dari dua peristiwa yang berbeda dipadankan untuk membangun premis mengenai isu LGBT, dengan tujuan untuk framing.

——

(2) http://bit.ly/2xussSj, post oleh Matra News (facebook.com/matranewsid), salah satu sumber video yang diambil tangkapan layar yang digunakan di cuitan sumber. Video sudah disunting, salah satu sumber video aslinya adalah di http://bit.ly/2NxaSHk.

——

(4) http://bit.ly/2ON664S, post oleh Ahmad Dhani Prasetyo (instagram.com/ahmaddhaniprast/), sumber video yang diambil tangkapan layar yang dibuat kolase yang digunakan di cuitan sumber.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2Jp7F5v, KBBI: “premis/pre·mis/ /prémis/ n 1 apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian; dasar pemikiran; alasan; 2 asumsi; 3 kalimat atau proposisi yang dijadikan dasar penarikan kesimpulan di dalam logika;
— mayor premis yang berisi term yang menjadi predikat kesimpulan;
— minor premis yang berisi term yang akan menjadi subjek sebuah kesimpulan;
— silogisme dua premis (mayor dan minor) yang mewujudkan anteseden”.

——

(2) Wikipedia: “Analisis framing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Analisis framing adalah salah satu metode analisis media, seperti halnya analisis isi dan analisis semiotik.[1] Secara sederhana, Framing adalah membingkai sebuah peristiwa, atau dengan kata lain framing digunakan untuk mengetahui bagaimana perspektif atau cara pandang yang digunakan wartawan atau media massa ketika menyeleksi isu dan menulis berita.[1]

Framing merupakan metode penyajian realitas di mana kebenaran tentang suatu kejadian tidak diingkari secara total, melainkan dibelokkan secara halus, dengan memberikan penonjolan pada aspek tertentu.[2] Penonjolan aspek-aspek tertentu dari isu berkaitan dengan penulisan fakta.[3] Ketika aspek tertentu dari suatu peristiwa dipilih, bagaimana aspek tersebut ditulis.[3] Hal ini sangta berkaitan dengan pamakaian diksi atau kata, kalimat, gambar atau foto, dan citra tertentu untuk ditampilkan kepada khalayak.[3]

Analisis framing digunakan untuk mengkaji pembingkaian realitas (peristiwa, individu, kelompok, dan lainnya) yang dilakukan oleh media massa.[3] Pembingkaian tersebut merupakan proses konstruksi, yang berarti realitas dimaknai dan direkonstruksi dengan cara dan makna tertentu.[3] Akibatnya, hanya bagian tertentu saja yang lebih bermakna, lebih diperhatikan, dianggap penting, dan lebih mengena dalam pikiran khalayak.[3] Dalam praktik, analisis framing banyak digunakan untuk melihat frame surat kabar, sehingga dapat dilihat bahwa masing-masing surat kabar sebenarnya meiliki kebijakan politis tersendiri.[3]”, selengkapnya di http://bit.ly/2O4aP5c.

——

(3) http://bit.ly/2O5K3cz, kumparan: “Saat Sandi Cium Mesra Pipi Ahmad Dhani

kumparanNEWS
Senin 24 September 2018 – 12:15

(foto)
Ahmad Dhani dan Sandiaga Uno. (Foto: Iqra Ardini/kumparan)

Ada hal unik saat acara ramah tamah Fraksi Gerindra dan Badan Pemenangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Minggu (23/9) kemarin.

Dalam acara tersebut, musisi Ahmad Dhani yang juga kader Gerindra membagikan momen keakraban dengan cawapres Sandiaga Uno. Uniknya, Sandi yang mengenakan baju batik berwarna hijau dan peci cokelat secara tiba-tiba mencium pipi kiri Dhani.

(foto GIF)
Sandiaga Uno cium pipi Ahmad Dhani (Foto: Instagram @ahmaddhaniprast)

Momen ini bermula saat Dhani naik ke atas panggung dan menyambangi Sandi yang tengah bermain gitar bass. Secara tiba-tiba, Sandi merangkul
Dhani dan mendaratkan kecupan di pipi kiri Dhani. Dhani yang mendapatkan perlakuan tersebut hanya tersenyum dan tertawa.

Momen ini dibagikan Dhani melalui akun Instragram-nya @ahmaddhaniprast, Minggu (23/9).

“Kecupan Mesra,” tulis Dhani.

(post Instagram di http://bit.ly/2ON664S)

Sontak netizen dibuat gemas dengan momen keakraban Sandi dan Dhani ini. Berbagai komentar membanjiri akun Instagram Dhani.

“Subhanallah, keakraban yang luar biasa, tetap semangat,” tulis @accordion_jamal.

“Pasti bang Dhani enggak bisa bobok habis dicium manja,” ucap pengikuti Instagram Dhani lainnya, @badboybalade.

Dhani memang menjadi salah satu anggota juru kampanye Prabowo – Sandi di Pilpres 2019, bersama pedangdut Camelia Malik yang menjadi juru kampanye dari Partai Berkarya.”

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/752045888461282/

The post [SALAH] “Jadi inilah sumber perpecahan di dalam gera’an tiganti” appeared first on TurnBackHoax.