[SALAH] “Kepala BPKH Sebut Uang BPKH Menipis”

[SALAH] “Kepala BPKH Sebut Uang BPKH Menipis”

Anggito Abimanyu mengklarifikasi tidak pernah mengeluarkan pernyataan yang menyebut keuangan BPKH “menipis”. “Dana BPKH berkecukupan dan aman”, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan.

======

SUMBER

http://bit.ly/2GOaopY http://bit.ly/2J58KDa, akun “tengkuzulkarnain” (twitter.com/ustadtengkuzul), sudah dibagikan 1.6 ribu kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Begitu Saudi Arabiya Menambah Kuota Haji Tahun Ini 10 Ribu Seat, Cari Duit Subsidinya 300 Milyar Sudah Pontang Panting. Kepala BPKH Sebut Uang BPKH Menipis. Bagaimana Mau Cari Duit 441 Trilyun Memindahkan Ibukota Negara?
Oh Mama Oh Papa…
Semoga DPR RI Baru Menolaknya. Amin”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

SUMBER membagikan informasi salah yang sudah diklarifikasi sebelumnya dan menambahkan narasi untuk membangun premis pelintiran yang menyesatkan.

——

(2) republika(dot)co(dot)id: “Terkait kabar terkini, Kepala Badan Pelaksana-BPKH Anggito Abimanyu mengklarifikasi Dia menyatakan tidak pernah mengeluarkan pernyataan yang menyebut keuangan BPKH “menipis”.

“Dana BPKH berkecukupan dan aman. Lebih penting lagi untuk diketahui tidak ada satu rupiah pun dana haji digunakan langsung untuk kepentingan pembangunan infrastruktur,” demikian rilis tersebut.”

Selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2VFzJMq republika(dot)co(dot)id: “Klarifikasi BPKH Terkait Dana Haji

Rabu , 24 Apr 2019, 20:07 WIB

(foto)
Dar Yasin/AP
Ratusan ribu jamaah haji dari berbagai negara melaksanakan tawaf wada di Masjid Haram, Makkah, Kamis (23/8) waktu setempat. Selanjutnya mereka berangsur-angsur akan kembali ke tanah air masing

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Pihak Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan klarifikasi terkait kondisi keuangan terkini. Menurut rilis dari Divisi Komunikasi dan Humas BPKH, dana haji yang dikelola oleh badan tersebut hingga April tahun ini mencapai Rp 115 triliun. Dengan kata lain, ada peningkatan sebesar Rp 10 triliun dalam setahun.

Dana itu juga telah ditempatkan dan diinvestasikan melalui berbagai instrumen keuangan syariah yang dinilai aman dan optimal. Malahan, BPKH memproyeksikan nilai manfaat sebesar Rp 7,3 triliun. Nilai sebesar itu akan digunakan untuk membiayai biaya operasional haji pada tahun ini.

Dalam hal penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu jamaah, BPKH mendukung pembiayaannya melalui efisiensi pengadaan dengan mata uang riyal Arab Saudi (SAR) senilai Rp 65 miliar. Selain itu, ada pula optimalisasi nilai manfaat sebesar Rp 55 miliar.

“Dari total kebutuhan biaya Rp 353,7 miliar, BPKH akan memberikan kontribusi Rp 120 miliar, sisanya sebesar Rp 50 miliar dari efisiensi operasional haji oleh Kemenag (Kementerian Agama) dan Rp 183,7 miliar dari APBN,” demikian dikutip dari rilis yang diterima Ihram.co.id, Rabu (24/4).

Terkait kabar terkini, Kepala Badan Pelaksana-BPKH Anggito Abimanyu mengklarifikasi Dia menyatakan tidak pernah mengeluarkan pernyataan yang menyebut keuangan BPKH “menipis”.

“Dana BPKH berkecukupan dan aman. Lebih penting lagi untuk diketahui tidak ada satu rupiah pun dana haji digunakan langsung untuk kepentingan pembangunan infrastruktur,” demikian rilis tersebut.

Redaktur : Hasanul Rizqa”.

——

(2) turnbackhoax(dot)id: “[SALAH] Pemerintah Tak Mampu, Dana Haji Menipis”, post sebelumnya di http://bit.ly/2GNwg64.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/884449805220889/

The post [SALAH] “Kepala BPKH Sebut Uang BPKH Menipis” appeared first on TurnBackHoax.