[SALAH] Kepulangan Timnas Brasil Disambut Lemparan Batu dan Telur dari Penggemar

[SALAH] Kepulangan Timnas Brasil Disambut Lemparan Batu dan Telur dari Penggemar

 

Beredar informasi di media sosial yang menyebut bahwa timnas Brasil mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari fans negara mereka. Namun hal tersebut tidak benar lantaran video yang dimaksud adalah video yang sudah beredar sejak 26 Maret 2018 atau lebih tepatnya sebelum turnamen akbar Piala Dunia dimulai.

KATEGORI : DISINFORMASI

===

SUMBER : MEDIA SOSIAL

https://twitter.com/SportMogambo/status/1016006050636488704

https://www.youtube.com/watch?v=FUhYI8SQghI

https://www.youtube.com/watch?v=OE-j3y4kYeo

===

NARASI : Sebuah video yang diunggah ke youtube dan diberi judul

Pulang ke Brasil, Neymar dkk dilempari baru oleh fans!!”

bus timnas brasil dilempari batu oleh suporter karena gagal di piala dunia 2018”

mengenaskan! Timnas brasil dilempari batu karena gagal di piala dunia 2018”

===

PENJELASAN : Video yang beredar di media sosial yang menunjukkan bus skuat Brasil yang dilempari para pendukungnya di jalanan adalah hoax alias palsu. Tak hanya itu, bahkan media-media mainstream ramai memberitakan berita ini, yang menurut mereka video tersebut terjadi akibat kekalahan yang diperoleh oleh Neymar CS.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa video yang tersebar dimedia sosial itu tidaklah sesuai dengan fakta yang ada. Pasalnya video tersebut pertama kali di unggah oleh akun youtube ShowTube Brazil pada 26 Maret 2018 dan tidak berhubungan dengan sepakbola. Menurut informasi yang ada, insiden tersebut merupakan bentuk aksi protes berlatar belakang politik dari beberapa warga Brasil. Dan bus tersebut tidak berisi para pemain Brasil yang berlaga di Piala Dunia 2018.

===

REFERENSI :

https://www.youtube.com/watch?v=jeR5xO4ln8w

http://manado.tribunnews.com/2018/07/10/hoax-video-skuat-brasil-dilempari-telur-dan-batu

https://www.bolasport.com/boladunia/berita/287936-hoax-video-skuat-brasil-dilempari-telur-dan-batu-usai-tiba-di-kampung-halamannya

 

The post [SALAH] KEPULANGAN TIMNAS BRASIL DISAMBUT LEMPARAN BATU DAN TELUR DARI PENGGEMAR appeared first on TurnBackHoax.