[SALAH] Kinerja Jokowi Bikin UAS Jatuhkan Pilihannya

[SALAH] Kinerja Jokowi Bikin UAS Jatuhkan Pilihannya

Isu Ustaz Abdul Somad mendukung Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo, merupakan hoaks lama bersemi kembali. Isu itu sempat muncul di bulan Juli 2018, selepas Ustaz Abdul Somad bertemu dengan TGH Zainul Majdi atau karib disapa Tuan Guru Bajang (TGB). Isu itu juga sudah pernah dibantah oleh Ustaz Abdul Somad dalam akun Instagram miliknya yang telah terverifikasi. Selain itu, wartakota.co bukanlah situs resmi milik media Wartakota sebab situs resminya beralamatkan http://wartakota.tribunnews.com/.

 

=====

 

Kategori: Disinformasi

 

=====

 

Sumber: Portal Daring dan Media Sosial

 

https://wartakota.co/kinerja-jokowi-bikin-uas-jatuhkan-pilihannya/

https://www.facebook.com/groups/cempaka17/permalink/2191026547586870/

https://www.facebook.com/groups/464399333932365/permalink/763654024006893/

https://www.facebook.com/tetapjokowi2019/photos/a.871474309712469/909913759201857/?type=3&theater

https://www.facebook.com/groups/toko.terpercaya/permalink/2213793578678788/

https://www.facebook.com/spicai700/photos/a.151224109079966/275012970034412/?type=3&theater

 

=====

 

Narasi:

 

Di Portal Daring:

 

Jakarta – Sikap Ustad Abdul Somad (UAS) menyusul Tuan Guru Bajang(TGB) untuk mendukung Jokowi melanjutkan jabatan sebagai presiden RI karena kinerjanya yang sangat baik.

 

Kinerja dan teladan serta bisa menjadi imam Sholat merupakan ukuran pemimpin yang didambakan UAS, hal itu membuat ustad asal Riau ini sependapat dengan TGB ikut dukung Jokowi 2 periode.

 

UAS memberikan pernyataan mengejutkan ketika bertemu Gubernur Nusa Tengara Barat, TGB, dia mengumumkan bahwa dirinya memberikan dukungan kepada Jokowi untuk menjadi Presiden dua periode.

 

“Hari ini saya sampaikan kepada masyarakat Indonesia, saya beralih dan mendukung bapak Joko Widodo menjadi Presiden 2 periode.

 

Dukungan saya ini bersifat personal, saya mendukung karena saya melihat kinerja bapak Jokowi selama ini menjabat Presiden itu sangat baik,”ucap UAS.

 

Sikap UAS ini tentu menjadi preseden baik bagi umat, dan melihat kebenaran dalam pemilihan Presiden bahwa yang telah bekerja untuk Indonesia telah membuktikan bukan Capres yang belum pernah memimpin namun hanya wacana.

 

Di Media Sosial Sembari Melampirkan Link Ke Portal wartakota.co:

 

1) Alhamdulillah.

Men ora pada penasaran.

Aamiin.

 

2) UAS memberikan pernyataan mengejutkan ketika bertemu Gubernur Nusa Tengara Barat, TGB, dia mengumumkan bahwa dirinya memberikan dukungan kepada Jokowi untuk menjadi Presiden dua periode.

 

“Hari ini saya sampaikan kepada masyarakat Indonesia, saya beralih dan mendukung bapak Joko Widodo menjadi Presiden 2 periode.

 

3) KARENA KAMPRET NYINYIR MAKA BILANG HOAX

KABAR TERBARU yang beralih dukungan ke Jokowi

UAS

RAFI AHMAD

ULAMA’ MADURA

Yusuf Mansur

 

pendukung bowo tersisa htifpi

 

https://wartakota.co/kinerja-jokowi-bikin-uas-jatuhkan-pilihannya/

 

4) AYO YANG LAIN NYA,SAATNYA HIJRAH..GA USAH MALU2,🤔🤔🤔🤔

________________ _______ ____________________

 

HIJRAH USTADZ ABDUL SOMAD MENGIKUTI SAHABATNYA TGB & USTADZ YUSUF MANSYUR DUKUNG JOKOWI-KH.MA’RUF AMIN

 

Berhubung Masih Banyak Pendukung Sebelah Yang Belum Bisa Nerima Kenyataan & Banyak Yang Bilang HOAX Nih ane kasi inponya!!

 

Semoga Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung Anda 😀

 

(Keterangan)

UAS Tidak Bersedia Pesan Nya Di Videokan/Di Beritakan Agar Tidak Menimbulkan Kegaduhan Publik Khususnya Jamaahnya….

Karna Dukungan UAS Bersifat Personal (Pribadi)

 

https://wartakota.co/kinerja-jokowi-bikin-uas-jatuhkan-pilihannya/

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Beredar postingan yang berisikan informasi bahwa Ustaz Abdul Somad (UAS) telah memberikan dukungan kepada Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo. Postingan itu memuat sebuah link yang mengarah kepada sebuah portal daring dengan alamat url: wartakota.co. Artikel yang dirujuk di dalam portal wartakota.co juga menyatakan bahwa UAS sudah memberikan dukungan kepada Joko Widodo.

 

Namun, setelah dilakukan penelusuran, ternyata isu dukungan UAS kepada Joko Widodo merupakan hoaks lama berulang kembali. Sebab, isu tersebut sempat muncul di kisaran bulan Juli 2018. Kala itu, hoaksnya berbentuk meme dengan narasi yang sama persis seperti dalam artikel di wartakota.co.

 

UAS pun pernah memberikan bantahannya atas isu telah memberikan dukungan kepada Joko Widodo dalam akun instagram pribadi miliknya yang sudah terverifikasi. Berikut kutipan pernyataan Ustaz Abdul Somad dalam akun Instagram pribadinya:

 

[…] “Ustadz Abdul Somad tidak pernah memberikan pernyataan apa-apa. Yang menyebarkan info ‘hoax’ suruh mereka carikan bukti”

 

Setiap ada penggalan pernyataan UAS yang dibuat dalam bentuk ‘meme’, -kalau itu benar- pasti bisa ditemukan buktinya dalam bentuk video. Ada ribuan video UAS di Youtube yang bisa membuktikannya.

 

Mereka yang menyebarkan ‘hoax’ seperti ini, suruh mereka cari: • Di video yang mana UAS menyatakan demikian • Pada menit ke berapa • Kirimkan link sumber videonya. […]

 

Dari pernyataan itu sudah jelas bahwa isu dukungan kepada Joko Widodo yang dilakukan oleh UAS telah dibantah langsung oleh yang bersangkutan melalui media sosial pribadinya. Adapun, munculnya isu tersebut lantaran kunjungan Ustaz Abdul Somad bertemu denganTGH Zainul Majdi atau biasa dipanggil Tuan Guru Bajang (TGB) pada bulan Juli 2018. Berikut cuplikan pemberitaan pertemuan UAS dengan TGB:

 

[…] Usai Said Aqil, TGB Temui Ustaz Somad

 

Jakarta – Setelah bertemu dengan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, TGH Zainul Majdi atau biasa dipanggil Tuan Guru Bajang (TGB) bertemu dengan Ustaz Abdul Somad. Mereka membahas berbagai hal.

 

Informasi tentang pertemuan ini diketahui lewat akun Instagram TGB, Rabu (11/7/2018) sekitar pukul 15.30 WIB. TGB mengunggah foto dirinya sedang bergandengan tangan dengan Somad dan Sekretaris NU NTB Lalu Winengan.

 

TGB mengungkap pertemuannya dengan Ustaz Somad dilakukan semalam, Selasa (10/7). Di hari yang sama, TGB juga bertandang ke kantor PBNU dan menemui Ketum PBNU Said Aqil.

 

Baca juga: TGB Sowan ke Said Aqil di Kantor PBNU

 

“Semalam berjumpa dan melepas kangen bersama sahabat saya Ustaz Abdul Somad @ustadzabdulsomad, menjelang gelaran semifinal Piala Dunia 2018. Silaturahim yang hangat, santai dan terbuka. Berbagi cerita, bertukar pandangan tentang isu-isu umat dan beragam persoalan kebangsaan terkini,” tulis TGB.

 

Ternyata pertemuan itu digelar menjelang semifinal Piala Dunia 2018. Namun soal apakah pertemuan itu membahas dinamika politik terkini, yakni dukungan TGB agar Presiden Jokowi lanjut dua periode, tak terlalu jelas.

 

“Yang jelas, kami tetap satu visi misi dan komitmen dalam konteks persatuan dan kesatuan umat. Bahwa kekompakan, kebersamaan, kemaslahatan umat dan keutuhan NKRI adalah satu tujuan. Terlepas dari apapun dinamika yang sedang menghangat beberapa waktu belakangan,” tulis TGB dalam keterangan foto Instagram-nya itu.

 

Sebelumnya, TGB telah bersilaturahmi ke kantor PBNU. TGB membahas kondisi kekinian Indonesia. Diskusi ini menaruh perhatian pada polarisasi dan fragmentasi sebagai residu politik Pemilu 2014 dan Pilkada DKI Jakarta. Diharapkan Indonesia semakin dewasa dalam berpolitik. TGB ditemui oleh Ketum PBNU Said Aqil, Sekjen PBNU Helmy Faishal, Ketua PBNU Marshudi Suhud, dan lainnya.[…]

 

Dari kutipan artikel itu tidak ada penyebutan bahwa UAS sudah memberikan dukungan kepada Joko Widodo. Selain itu, isu tentang UAS sudah memberikan dukungan kepada Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah pernah didebunk di Forum Anti Fitnah Hasut dan Hoaks (FAFHH) pada tanggal 20 Juli 2018 (https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/695270750805463/).

 

Dengan demikian, isu UAS memberikan dukungan kepada Joko Widodo merupakan isu yang tidak benar. Selain itu, portal wartakota.co tidak disarankan menjadi rujukan informasi. Karena, tidak jelas siapa penulisnya dan tidak jelas pula alamat redaksinya. Adapun, situs daring untuk media Wartakota yang sebenarnya memiliki alamat url http://wartakota.tribunnews.com/. Hal tersebut dikarenakan Wartakota merupakan bagian dari tribunnews.com.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/806447623021108/

https://www.instagram.com/p/BlcXbj3DR4C/

https://news.detik.com/berita/4110105/usai-said-aqil-tgb-temui-ustaz-somad

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/695270750805463/

The post [SALAH] Kinerja Jokowi Bikin UAS Jatuhkan Pilihannya appeared first on TurnBackHoax.