[SALAH] Maklumat Majelis Rakyat Papua agar seluruh mahasiswa Papua tetap berada di kota studi untuk melanjutkan studi

[SALAH] Maklumat Majelis Rakyat Papua agar seluruh mahasiswa Papua tetap berada di kota studi untuk melanjutkan studi

Ketua Majelis Rakyat Papua Timotius Murib menegaskan bahwa surat Maklumat Majelis Rakyat Papua Nomor 06/MRP/2019 adalah palsu alias hoaks. Timotius Murib mengatakan belum merevisi surat maklumat nomor 05/MRP/2019 tentang Seruan kepada mahasiswa asal provinsi itu yang sedang sekolah di kota mana pun di dalam negeri untuk kembali ke Bumi Cendrawasih itu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Beredar gambar tangkapan layar dari surat yang diklaim sebagai surat Maklumat Majelis Rakyat Papua Nomor 06/MRP/2019

Di surat tersebut tertulis :

“Terkait dengan perkembangan penanganan masalah rasisme yang sudah ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian dan TNI serta rapat koordinasi tingkat provinsi, dengan ini MRP mencabut maklumat 21 Agustus 2019, nomor 05/MRP/2019. Sekaligus diserukan agar mahasiswa asal Papua yang belum kembali ke Provinsi Papua untuk melanjutkan studi di masing-masing kota studi. Sedangkan mahasiswa Papua yang terlanjut kembali ke Provinsi Papua agar segera kembali ke kota studi sebagai duta kultural orang asli Papua yang dapat hidup harmonis dengan seluruh elemen Bangsa Indonesia.”

Salah satu sumber yang membagikan : https://perma.cc/QU65-JDAR (Arsip) – Akun twitter Khan (twitter.com/khanasluhu)

Terkait surat ini, muncul juga pernyataan dari Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, Keamanan Wiranto.

“Yang menarik adalah, 9 September ini dari MRP memberikan seruan bagi mahasiswa Papua di semua kota studi di wilayah NKRI untuk tetap melanjutkan studi. Yang belum kembali, jangan kembali, lanjutkan studi,” ujarnya.

Beberapa sumber berita yang mengangkat pernyataan Wiranto tersebut:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190909191150-12-428889/kapolda-catat-700-mahasiswa-pulang-ke-papua
https://kumparan.com/@kumparannews/wiranto-ada-hasutan-agar-mahasiswa-eksodus-kembali-ke-papua-1rpZU5VZ7NF
https://www.merdeka.com/peristiwa/wiranto-sarankan-tni-polri-punya-anak-asuh-mahasiswa-papua.html

=============================================

PENJELASAN

Namun Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib menegaskan, ucapan Wiranto adalah kabar bohong. MRP tidak pernah mengeluarkan maklumat seperti yang diungkapkan Wiranto.

“Bukan dari MRP. Itu hoax!” kata Murib kepada reporter Tirto, Selasa (10/9/2019).

Timotius Murib mengatakan belum merevisi surat maklumat nomor 05/MRP/2019 tentang Seruan kepada mahasiswa asal provinsi itu yang sedang sekolah di kota mana pun di dalam negeri untuk kembali ke Bumi Cendrawasih itu.

“Dalam rapat Panitia Musyawarah anggota MRP meminta Kepala Polri mengeluarkan seruan atau maklumat jaminan keamanan bagi anak-anak pelajar dan mahasiswa seluruh indonesia baru kami akan revisi maklumat MRP nomor 5 tersebut,” ujar Timotius kepada Tempo, Selasa, 10 September 2019. Hingga saat ini sikap tersebut pun masih dalam pembahasan majelis dan belum mencapai kata final.

Selain itu beredar pula poster bergambar Timotius yang disertai kutipan surat maklumat hoaks. Timotius mengatakan, itu juga hoaks.

“Saya belum pernah komentar seperti itu. Kecuali ada hasil keputusan lembaga yang dapat saya sampaikan,” ujarnya.

Timotius berujar, sikap MRP masih sesuai dengan maklumat mereka, pada 21 Agustus 2019 lalu yang bernomor seri, 05/MRP/2019. Isinya bila tidak ada jaminan keamanan dan kenyamanan dari pemerintah provinsi, kabupaten, kota, TNI, Polri di setiap kota studi maka diserukan untuk kembali melanjutkan dan menyelsaikan studinya di tanah Papua. Surat itu ditandatangani oleh Timotius.

Tim CekFakta Tempo menelusuri akun Facebook Sekretariat Majelis Rakyat Papua. Dalam salah satu unggahannya pada 9 September 2019, Sekretariat MRP menyatakan bahwa maklumat yang beredar tersebut adalah hoaks. Sekretariat MRP pun meminta publik untuk mengabaikan maklumat yang beredar itu.

Sekretariat MRP juga mengunggah maklumat terakhir yang dikeluarkan oleh MRP terkait seruan kepada mahasiswa Papua. “Diinformasikan kepada semua masyarakat Papua bahwa maklumat yang dikeluarkan oleh MRP Nomor 05/MRP/2019 tanggal 21 Agustus 2019 itu yang sah dikeluarkan oleh Majelis Rakyat Papua.”

REFERENSI :
https://tirto.id/ketua-majelis-rakyat-papua-sebut-wiranto-sebar-hoaks-ehNc
https://cekfakta.tempo.co/fakta/393/fakta-atau-hoaks-benarkah-maklumat-mrp-yang-menyerukan-mahasiswa-papua-tetap-melanjutkan-kuliah-di-kota-studinya-masing-masing
https://nasional.tempo.co/read/1245799/majelis-rakyat-belum-cabut-seruan-siswa-papua-agar-pulang
https://www.facebook.com/humasmrp/photos/a.1419279204781963/2515889351787604/

The post [SALAH] Maklumat Majelis Rakyat Papua agar seluruh mahasiswa Papua tetap berada di kota studi untuk melanjutkan studi appeared first on TurnBackHoax.