[SALAH] Peringatan Hari Anak Nasional Se Jabar di Polda Jabar

[SALAH] Peringatan Hari Anak Nasional Se Jabar di Polda Jabar

Debunk ini berisi bantahan terkait informasi berupa poster yang menyebutkan bahwa Polda Jabar mengadakan peringatan Hari Anak Nasional Se-Jabar, selain itu dalam poster tersebut juga mencantumkan nomor rekening atas nama panitia Achyat Anak Asman LO. Faktanya, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko S.IK selaku Kabid Humas Polda Jabar menyatakan bahwa meme informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Polda Jabar yaitu Peringatan Hari Anak Nasional se-Jawa Barat tahun 2019 adalah berita bohong. berita tersebut diduga modus penipuan.

======

[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT / HOAKS

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah poster yang berisikan informasi perihal acara peringatan Hari Anak Nasional se Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Polda Jawa Barat.

Dalam poster itu, si pemosting menyebut dalam perayaan hari anak nasional tersebut akan ada kegiatan perlombaan Gelar Lomba Anak se-Jawa Barat.

Selain itu dalam poster tersebut menyantumkan Logo Polda Jabar dan Bidang Humas Polda Jabar, serta mencantumkan nomor rekening Mandiri 124 000 8800055 A.n. Panpel Achyat Anak Asman LO.

Setelah ditelusuri, dikutip dari website kominfo.go.id, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko S.IK selaku Kabid Humas Polda Jabar menyatakan bahwa meme informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Polda Jabar yaitu Peringatan Hari Anak Nasional se-Jawa Barat tahun 2019 adalah berita bohong. berita tersebut diduga modus penipuan.

Berkaitan dengan berita hoax tersebut di atas, agar seluruh masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta jangan mempercayai adanya kegiatan tersebut.

“Terutama kepada pihak lembaga dan instansi agar jangan mempercayai pamflet hoax yang disebar tersebut,” paparnya.

Apabila ada pihak yang menghubungi berkaitan dengan kegiatan di atas, agar segera melaporkan ke Polda Jabar.

“Silahkan melapor apabila ada pihak yang sudah bekerjasama dengan kegiatan tersebut, agar kita tindak lanjuti,” pungkasnya.

======

REFERENSI:

https://kominfo.go.id/content/detail/19950/hoaks-peringatan-hari-anak-nasional-se-jabar-di-polda-jabar/0/laporan_isu_hoaks

Polda Jabar tidak menyelenggarakan kegiatan Lomba Perayaan Hari Anak Nasional.

Berita/ informasi yang beredar terkait Polda Jabar menggelar Lomba Anak Se-Jawa Barat merupakan berita bohong.
Be Smart Nitizen ! Orang Bijak Tidak Percaya Hoax !! pic.twitter.com/vdn29x4ZGS

— Humas Polda Jabar (@bidhumaspldjbr) July 12, 2019

The post [SALAH] Peringatan Hari Anak Nasional Se Jabar di Polda Jabar appeared first on TurnBackHoax.