[SALAH] Peristiwa Perampokan Toko Emas Athira di Pematang Siantar

[SALAH] Peristiwa Perampokan Toko Emas Athira di Pematang Siantar

 

Beredar sebuah video melalui media sosial Facebook mengenai peristiwa perampokan yang diklaim terjadi di wilayah Pematang Siantar. Dalam unggahan yang beredar, terdapat tiga video dengan pengambilan gambar dari sudut yang berbeda-beda. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, belakangan diketahui bahwa peristiwa dalam video tersebut bukanlah terjadi di Pematang Siantar.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

Toko emas Athira di Pematang Siantar dirampok di dalam mall pun berani rampok ,,,
Adu nekat benar orang ini Masa gak ada Securitinya..

PENJELASAN: Sebuah akun Facebook bernama @AjurnJurn mengunggah tiga buah video yang di dalamnya terdapat sebuah peristiwa perampokan sebuah took emas. Dalam unggahannya, akun Facebook @AjurnJurn juga menyertakan narasi bahwa peristiwa dalam video tersebut terjadi di sebuah mall wilayah Pematang Siantar.

Dalam tayangan video, terlihat seorang pria dengan helm telah melakukan tindakan kriminal yakni merampok toko emas. Pria tersebut kemudian mengeluarkan sebuah senjata api yang digunakan untuk menakuti para penjaga toko. Belakangan video tersebut pun ramai menjadi buah bibir masyarakat dikarenakan munculnya informasi yang menyebut peristiwa tersebut terjadi di Indonesia yakni di Pematang Siantar.

Dari hasil penelusuran yang ada, terlihat jelas di toko tersebut sebuah nomor seluler yang tentunya bukan kode nomor seluler Indonesia. Nomor yang tertulis di toko emas tersebut yakni 04-7773388 yang merupakan kode sebuah area bisnis di negara Malaysia. Tepatnya di Kompleks Perniagaan Sultan Abdul Hamid, Kedah, Malaysia.

Melansir dari tribunnews.com, disebutkan bahwa fakta selanjutnya yang memperkuat bukti bahwa kejadian tersebut tidak terjadi di Pematang Siantar yakni di Siantar tidak terdapat mall yang menyerupai lokadi seperti halnya di video yang viral tersebut.

===

REFERENSI:

https://medan.tribunnews.com/2019/12/04/fakta-dari-video-perampokan-toko-emas-athira-siantar-pelaku-bawa-shotgun-dan-kapak?page=all
https://sumsel.tribunnews.com/2019/12/04/heboh-video-perampokan-toko-emas-athira-pelaku-bawa-shotgun-dan-kapak-ini-fakta-sebenarnya

The post [SALAH] Peristiwa Perampokan Toko Emas Athira di Pematang Siantar appeared first on TurnBackHoax.