[SALAH] Tangkapan Layar Artikel “KPK Minta Jangan Coblos Calon yang Bagi Uang dan Sembako”

[SALAH] Tangkapan Layar Artikel “KPK Minta Jangan Coblos Calon yang Bagi Uang dan Sembako”

Tangkapan layar yang diedarkan adalah hasil suntingan, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Dimanipulasi, Konten yang Salah.

======

SUMBER

Pesan berantai Whatsapp.

======

NARASI

– (tidak ada).

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

“Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER menyebarkan video hasil suntingan
  • SUMBER membangun premis pelintiran dengan cara menghubung-hubungkan artikel berita yang tidak ada kaitannya dengan video yang disebarkan.

——

(2) Sumber artikel yang diambil tangkapan layar, kumparanNEWS: “KPK Minta Jangan Coblos Calon yang Bagi Uang dan Sembako”. Selengkapnya di http://bit.ly/2TTPm2N.

——

(3) Beberapa artikel yang berkaitan:

  • ANTARA: “Belasan kendaraan truk kontainer milik organisasi relawan Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi melakukan ekspor mebel dengan acara konvoi melalui jalan tol dari Solo Raya menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah, Rabu.”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.
  • Suara(dot)com: “Sejumlah warganet mengunggah rekaman video yang menampilan barisan truk kontainer bergambar pasangan calon Pemilihan Presiden 2019 nomor urut 2, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2Yg1wRX ANTARA: “Belasan kontainer Sekabel konvoi branding Jokowi-Ma’ruf

PILPRES 20 Maret 2019 17:35

(foto)
Sejumlah pengusaha kayu Solo Raya tergabung organisasi relawan Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi bersiap memberangkatkan konvoi belasan truk kontainer dengan branding Jokowi-Ma’ruf di pintu masuk tol Bangak Boyolali, Rabu. (Foto: Antara/Bambang Dwi Marwoto)

“Kami Sekabel rata-rata melakukan ekspor ke negara Eropa, Laut Tengah, Jepang dan Amerika Serikat (AS) sekitar 300 kontainer per bulan, sedangkan industri barecore mencapai 700 kontainer, sehingga totalnya bisa mencapai 1.000 kontainer per bulan, kat

Solo (ANTARA) – Belasan kendaraan truk kontainer milik organisasi relawan Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi melakukan ekspor mebel dengan acara konvoi melalui jalan tol dari Solo Raya menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah, Rabu.

Bahkan, konvoi truk kontainer yang memuat kayu mebel, funiture, dan industri barecore untuk diekspor ke negara Eropa tersebut dengan branding pasangan Calon Nomor Urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin menuju pelabuhan.

Menurut Adi Dharma Santoso, selaku koordinator ekspor bersama para pelaku usaha tergabung relawan Sekabel, dengan membranding belasan kontainernya dengan paslon nomor 01 untuk menunjukan keberhasilan Pemerintahan Jokowi dalam membangun infrastruktur seperti jalan Trans Tol Jawa yang lebih efisien.

Adi menjelaskan, sejarah perkembangan dunia usaha tidak pernah terlepas dari pembangunan infrastruktur, pengelolaan sumber daya alam, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Demikian pula dunia industri perkayuan dan permebelan, tidak pernah terlepas dari ketiga hal penting tersebut.

Menurut dia, di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, pembangunan sektor usaha perkayuan dan permebelan sangat terdukung dengan adanya pembangunan prasarana jalan arteri dan jalan tol yang memastikan arus lalu lintas, baik bahan baku maupun barang jadi untuk pasar ekspor dan domestik menjadi lancar dan tepat waktu.

Hal tersebut, lanjut dia, menunjang daya saing yang meningkat dikarenakan kualitas barang menjadi terjaga, ketepatan waktu dalam menenuhi jadwal pengiriman dari dan ke pelabuhan menjadi bisa diandalkan.

“Kualitas sumber daya manusia di bidang industri perkayuan dan permebelan makin meningkat seiring peningkatan kualitas hidup dan kesehatan para pekerja dan kekuarganya. Jaminan kesehatan dan hari tua menjadi salah satu program pemerintah yang mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia saat ini,” katanya.

Dengan makin mudahnya akses ke sentra-sentra bahan baku kayu, kata dia, memungkinkan pengawasan, pengelolaan hutan dan hasil hutan makin membaik, sehingga pasokan bahan baku kayu untuk industri menjadi lebih terjamin.

Sekjen Sekabel Hari Basuki mengatakan, konvoi keberangkatan belasan kontainer menjadi bagian dari potensi ekspor Solo Raya. Potensi ini, dalam industri perkayuan dan mebel terdiri dari permebelan, industri barecore, dan funiture.

“Kami Sekabel rata-rata melakukan ekspor ke negara Eropa, Laut Tengah, Jepang dan Amerika Serikat (AS) sekitar 300 kontainer per bulan, sedangkan industri barecore mencapai 700 kontainer, sehingga totalnya bisa mencapai 1.000 kontainer per bulan,” kata Hari Basuki.

Pihaknya berkomitmen dan mengapresiasi kinerja pemerintah saat ini yang telah berhasil membangun koneksitas Trans Tol Jawa dari Merak, Tanjung Priok, Tanjung Emas, Tanjung Perak yang kini sudah terhubung semuanya. Hal ini, akan menjadi potensi untuk lebih berhasilnya pertumbuhan industri atau ekonomi di masing-masing ibukota/kabupaten yang dilewati.

Jalur tol dari Merak sampai Surabaya ini, ada beberapa wilayah kabupaten kota yang dilewati. Dengan koneksitas jalan tol itu, akan menunjang kecepatan waktu ekspor nasional. Jadi sebelum dibangun jalan tol terkoneksi ini, sudah 1.000 kontainer per bulan. Adanya koneksitas infrastruktur ini, maka pengiriman lebih efektif.

“KIta berbicara soal Solo Raya akan melebar ke timur daerah Ngawi, Madiun Jatim. Koneksitas akan terhubungi melalui tol laut yang digagas oleh Presiden Jokowi. Jadi empat belabuhan besar itu, akan menjadi kekuatan besar untuk meningkatkan ekonomi nasional,” kata Basuki.

Juru bicara relawan Sekabel Jokowi, Begog Djoko Winarso mengatakan, dengan adanya konvoi belasan truk kontainer branding pasangan Jokowi-Maruf dari pintu masuk tol Colomadu menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, maka relawan Sekabel tetap solid menudukung paslon 01.

“Sekabel tetap berkativitas seperti biasa melakukan ekspor, sehingga perekonomian nasional terus meningkat dengan banyaknya pembangunan infarstruktur pemerintahan Jokowi,” kata Begog.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019″.

——

(2) http://bit.ly/2OipqaO Suara(dot)com: “Heboh Video Barisan Truk Kontainer Bergambar Jokowi – Maruf, inikah Isinya?

Rendy Adrikni Sadikin Jum’at, 22 Maret 2019 | 09:16 WIB

(foto tangkapan layar)
Rekaman truk kontainer bergambar Jokowi – Maruf. [Twitter]

Sejumlah politikus merasa penasaran dengan isi kontainer tersebut.

Suara.com – Sejumlah warganet mengunggah rekaman video yang menampilan barisan truk kontainer bergambar pasangan calon Pemilihan Presiden 2019 nomor urut 2, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Salah satu video diunggah oleh akun jejaring sosial Twitter @AndiArief_ yang dikelola politikus Partai Demokrat, Andi Arief , Kamis (21/3/2019). Andi pun bertanya isi dari kontainer tersebut.

Dalam cuitannya pula, Andi Arief mengatakan video tersebut merupakan kiriman dari seorang ‘kawan’ melalui fitur direct message dan minta diunggah.

“Truk semikontainer Paslon 01 ini kira-kira membawa apa (demikian seorang kawan kirim DM dan minta diupload),” kicau Andi Arief yang sempat terjerat kasus narkoba.

(cuitan di https://twitter.com/AndiArief__/status/1108694156472270848)

Di rekaman tersebut, tampak barisan truk semikontainer. Terpampang di badan truk samping dan belakang, foto pasangan Jokowi dan Maruf Amin lengkap dengan slogan ‘Indonesia Maju 01’.

Ketika banyak yang penasaran, seorang warganet menduga isi kontainer tersebut. Warga Twitter dengan akun @CakKhum itu menduga isi kontainer itu adalah kaus.

Bukan cuma itu, akun @CakKhum juga mengisyaratkan truk-truk tersebut menuju ke Solo atau Jawa Tengah. Dia menyebut kubu Jokowi – Maruf panik sehingga menyiapkan kaus begitu banyak.

“Kontainer-kontainer ini kirain mau dipakai buat persiapan mudik ke Solo, nggak taunya ada yang lagi panik dengan menyiapkan kaus begitu banyak. Jangan cuma karena kaus lalu kita sengsara 5 tahun mendatang, pikir baik-baik. #17AprilGoodByeJokowi,” kicau akun @CakKhum.

(cuitan di https://twitter.com/CakKhum/status/1108648200204767233)

Video yang diunggah @CakKhum rada sedikit berbeda. Masih terlihat barisan truk-truk kontainer bergambar foto Jokowi – Maruf. Namun di akhir video, terlihat banyak tumpukan kaus yang sudah dibungkus plastik.

“Hari ini tanggal 17 Maret 2019 kaos Partai 01,” demikian tulisan yang terpampang di kertas yang ditempelkan di salah satu tumpukan kaus tersebut.

Cuitan @CakKhum pun diretweet oleh Fahri Hamzah menggunakan akun jejaring sosial Twitter miliknya, @Fahrihamzah yang juga mempertanyakan isi kontainer itu.

“Itu isinya apa ya?” cuit Fahri Hamzah.

(cuitan di https://twitter.com/Fahrihamzah/status/1108693809360072704)

Pun salah seorang Presidium Alumni 212 Haikal Hassan Baras mengunggah video serupa dengan yang diunggah oleh Andi Arief. Pun isi kontainer tersebut bikin Haikal Hassan penasaran.

“Serius nanya…. Ini dimana? Ini kapan? Apakah asli? Apakah editan?” cuit akun Haikal Hassan menggunakan akun @haikal_hassan.

(tangkapan layar cuitan di https://mobile.twitter.com/haikal_hassan/status/1108723221254164482)
Rekaman truk kontainer bergambar Jokowi – Maruf. [Twitter]

Hingga berita ini disusun, Suara.com masih mencoba untuk meminta konfirmasi dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi dan Maruf Amin.”

======

CATATAN

Beberapa sumber lain

kecuali “Cak Khum”, di Facebook di-flag sebagai “Mixture” dan dikategorikan sebagai KLARIFIKASI karena menggunakan kalimat tanya.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/859854654347071/

The post [SALAH] Tangkapan Layar Artikel “KPK Minta Jangan Coblos Calon yang Bagi Uang dan Sembako” appeared first on TurnBackHoax.