[SALAH] TV Luar Negeri Sudah Memberitakan Prabowo The Next Presiden

[SALAH] TV Luar Negeri Sudah Memberitakan Prabowo The Next Presiden

Berita video dari kanal youtube Bloomberg Politics yang diunggah akun Facebook Abdul Rahman NH dan Edi Ar Rayah dengan menambahkan narasi “TV Luar Negeri Sudah Memberitakan Prabowo The Next Presiden” adalah hal yang keliru. Diketahui Video yang diupload Blommberg pada 27 Februari 2019 atau sebelum Pilpres itu, isinya mengabarkan bahwa Prabowo Subianto akan berkontestasi dalam Pilpres 2019 melawan Jokowi.

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

=====

Kategori: Misleading Content / Disinformasi

=====

Narasi:

“TV Luar Negeri Sudah Memberitakan Prabowo The Next Presiden,” unggah akun Facebook Abdul Rahman NH (@A.Rahman.NH), Rabu (18/4).
=====

Penjelasan:

Akun Facebook Abdul Rahman NH atau @A.Rahman.NH mengunggah video dari Bloomberg yang menayangkan seorang news anchor perempuan dengan mengenakan pakaian berwarna hijau sedang membacakan berita. Dalam unggahan tersebut ditambahkan narasi yang inti pesannya bahwa media luar negeri sudah memberitakan Prabowo The Next Presiden, berikut narasi lengkapnya.

“TV Luar Negeri Sudah Memberitakan Prabowo The Next Presiden,” unggah akun Facebook Abdul Rahman NH (@A.Rahman.NH), Rabu (18/4).

Diketahui, sebelum unggahan akun @A.Rahman.NH ini, akun Facebook Edi Ar Rayah sudah terlebih dahulu membuat postingan yang sama pada Minggu (14/4). Bahkan dikutip dari Liputan6.com pemilik akun Facebook bernama Mulyadi mengatakan bahwa Prabowo sudah menang.

“Di luar negri prabo di nyatakan sudah menang. Mari saudaraku yg sependapat atau yg punya ke ahlian. Mari kita usut tuntas lembaga survei ini. Terlalu banyak kecurangan disana sini,” kata Mulyadi.

Namun, setelah dilakukan penelusuran, video dan narasi yang diunggah akun @A.Rahman.NH dan Edi Ar Rayah adalah keliru.

Video dari Bloomberg tersebut aslinya diunggah pada akun Youtube Bloomberg yakni Bloomberg Politics. Video yang diunggah pada 27 Februari 2019 atau sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 adalah isinya mengabarkan bahwa Prabowo Subianto akan berkontestasi dalam Pilpres 2019 melawan Joko Widodo atau Jokowi.

=====

Referensi:

1. https://www.facebook.com/A.Rahman.NH/videos/10214444835779621/
2. https://www.youtube.com/watch?time_continue=9&v=v6KZPHMuIAk
3. https://www.liputan6.com/…/cek-fakta-tv-luar-negeri-sudah-m…

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/879047449094458/

The post [SALAH] TV Luar Negeri Sudah Memberitakan Prabowo The Next Presiden appeared first on TurnBackHoax.