BLT Agustus Kapan Cair? Bocoran Tanggal + Cara Dapatnya!

Advertisements
BLT AGUSTUS CAIR HARI INI

BLT Agustus kapan cair? Sebenarnya, di bulan Agustus ini akan ada beberapa jenis bantuan sosial (bansos) dari pemerintah Indonesia yang cair. Jadi, Anda perlu mengetahui apa saja jenis bantuan sosial (bansos) dari pemerintah Indonesia yang akan cair tersebut.

Setiap jenis bantuan sosial (bansos) dari pemerintah Indonesia pasti akan memiliki ketentuan dan jumlah insentifnya masing-masing. Umumnya, ketentuan dan jumlah insentif dari setiap bantuan sosial (bansos) ini akan disesuaikan menurut kriteria pesertanya masing-masing, jadi kenali satu per satu.

Jadi, BLT Agustus Kapan Cair?

Penting untuk Anda ketahui bahwa di bulan Agustus 2022 ini ada sejumlah bantuan sosial (bansos) yang akan cair dengan jumlahnya masing-masing. Pemerintah Indonesia memberikan jenis-jenis bantuan sosial (bansos) ini dengan tujuan untuk membantu masyarakatnya secara lebih baik lagi.

Jadi, masyarakat Indonesia bisa memenuhi kebutuhannya secara lebih mudah. Apalagi, sejak beberapa tahun yang lalu ada pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara lainnya, jadi keberadaan bantuan ini akan sangat membantu. Lalu, apa saja BLT yang cair di bulan Agustus?

1. BLT UMKM

BLT UMKM

BLT UMKM juga termasuk salah satu jenis bantuan sosial (bansos) yang akan cair di bulan Agustus 2022. Nantinya, jumlah insentif yang akan cair untuk bantuan sosial (bansos) jenis ini sebesar Rp. 600.000,00. Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, akan tetapi bantuan ini akan sangat bermanfaat.

Sejak pertama diciptakannya jenis bantuan sosial (bansos) yang berupa BLT UMKM ini, pemerintah telah mengatakan bahwa BLT UMKM akan terus berlanjut dan disalurkan ke para pelaku usaha yang ada di Indonesia.

Kendati demikian, sampai saat ini pemerintah masih belum memberikan pernyataan resmi terkait kapan BLT UMKM akan cair di bulan Agustus. Sehingga, para peserta bantuan sosial (bansos) jenis ini bisa selalu update mengenai berita-berita yang berkaitan dengan BLT UMKM.

2. Kartu Prakerja Gelombang 38

Kartu Prakerja Gelombang 38

Saat ini, program kartu prakerja telah memasuki gelombang 38 dan akan berlanjut ke gelombang 39. Hal ini semakin memperlihatkan betapa banyaknya orang yang tertarik untuk mengikuti program yang sangat menguntungkan ini.

Ketika Anda berhasil lolos seleksi dan menjadi salah satu peserta kartu prakerja, Anda bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp. 3.550.000,00.

Nantinya, insentif ini akan dibagi untuk biaya pelatihan sebesar Rp. 1.000.000,00, biaya insentif sebesar Rp. 2.400.000,00, dan biaya insentif survei sebesar Rp. 150.000,00.

Untuk kartu prakerja gelombang 38 sendiri sudah dapat dipastikan akan cair di bulan Agustus 2022. Namun, untuk tanggalnya sendiri masih belum dikatakan kapan-kapannya. Jadi, setiap hari Anda bisa mengeceknya melalui situs resmi program kartu prakerja.

3. Bantuan Sosial (Bansos) PKL

Bantuan Sosial (Bansos) PKL

Jenis bantuan sosial (bansos) dari pemerintah Indonesia lainnya yang akan cair di bulan Agustus 2022 adalah Bantuan Sosial (Bansos) PKL. Pada dasarnya, jenis bantuan sosial (bansos) ini diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk para pedagang kaki lima.

Seperti yang sudah banyak orang tahu, di Indonesia sendiri sudah ada banyak pedagang kaki lima yang mengalami kesulitan ketika pandemi COVID-19 mulai menyerang dunia. Jadi, pemerintah dengan sengaja menciptakan bantuan ini untuk membantu para pedagang kaki lima tersebut.

Sama halnya seperti BLT UMKM, jumlah dana yang akan diberikan pemerintah Indonesia kepada para pedagang kaki lima melalui program ini adalah sebesar Rp. 600.000,00. Nantinya, dana ini akan disalurkan secara merata kepada seluruh pedagang kaki lima yang ada di Indonesia.

4. Modal Usaha

Modal Usaha

Masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa sebenarnya pemerintah Indonesia juga akan memberikan bantuan modal usaha kepada beberapa pihak tertentu. Dalam hal ini, akan ada beberapa persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap penerima bantuan ini.

Pemerintah Indonesia memberikan sejumlah bantuan yang menguntungkan kepada para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), khususnya para peserta yang memiliki usaha di rumahnya masing-masing.

Jenis bantuan ini sudah dapat dipastikan sangat membantu banyak pihak, terutama para pelaku usaha yang memang sedang mengalami kesulitan finansial.

Dengan adanya bantuan modal usaha dalam jumlah yang cukup banyak ini, para pelaku usaha tidak perlu bingung lagi untuk mencari modal guna melanjutkan usahanya tersebut.

5. BLT Subsidi Gaji

BLT Subsidi Gaji

Apakah Anda sudah tahu bahwa pemerintah Indonesia juga menyediakan bantuan sosial (bansos) yang berupa BLT subsidi gaji? Ya, untuk membantu para pekerja di Indonesia, pemerintah juga menyediakan bantuan sosial (bansos) yang berupa BLT subsidi gaji.

Nantinya, pemerintah Indonesia akan memberikan BLT subsidi gaji yang sebesar Rp. 1.000.000,00 – Rp. 8.800.000,00 kepada para pekerja. Untuk jumlah dana yang akan didapatkan ini sendiri akan tergantung pada status dari pekerja masing-masing.

Meski begitu, dapat dipastikan bahwa dana dari BLT subsidi gaji ini bisa membuat kehidupan finansial Anda menjadi lebih baik lagi, dan Anda juga bisa merasakan manfaat dari bantuan sosial (bansos) ini di bulan Agustus 2022.

3 Jenis Bantuan Sosial (Bansos) Lainnya dari Pemerintah Indonesia

3 Jenis Bantuan Sosial (Bansos) Lainnya dari Pemerintah Indonesia

Melanjutkan pembahasan tentang BLT Agustus kapan cair, di sini kami juga akan membahas tentang apa saja jenis bantuan sosial (bansos) lainnya yang diberikan pemerintah Indonesia kepada masyarakatnya.

Sama halnya seperti jenis-jenis bantuan sosial (bansos) yang ada di atas, jenis-jenis bantuan sosial (bansos) ini juga memiliki ketentuan dan jumlah insentifnya masing-masing. Jadi, penting untuk Anda simak dengan baik penjelasan yang ada di bawah ini:

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) termasuk daftar bantuan sosial (bansos) tunai yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Beberapa jenis manfaat dari program menguntungkan dari pemerintah Indonesia ini adalah:

  • Untuk ibu hamil dan anak usia dini: Rp. 3.000.000,00
  • Untuk keluarga yang memiliki anak SD: Rp. 900.000,00
  • Untuk keluarga yang memiliki anak SMK: Rp. 1.500.000,00
  • Untuk keluarga yang memiliki anak SMA: Rp. 2.000.000,00
  • Untuk keluarga yang memiliki lansia atau berkebutuhan khusus: Rp. 2.400.000,00

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Berbeda dengan program yang sebelumnya, untuk jumlah dana yang akan diterima oleh masing-masing peserta dari program ini adalah Rp. 200.000,00 per bulan. Pada dasarnya, jenis bantuan sosial (bansos) ini ditujukan untuk keluarga miskin yang ada di Indonesia.

Tujuan utama dari pemberian jenis bantuan ini adalah untuk menurunkan angka kemiskinan yang ada di Indonesia. Jadi, bisa dibilang jenis bantuan sosial (bansos) ini juga akan membantu negara Indonesia.

3. Bantuan Sosial Tunai

Bantuan sosial tunai ini akan menjangkau 10 juta KPM dan dapat disalurkan setiap 2 bulan sekali, yaitu bulan Mei dan Juni. Sementara untuk pembayarannya sendiri akan berlangsung sekali saja, yaitu di bulan Juli. Dalam hal ini, besaran bantuan sosial tunai adalah Rp. 300.000,00 untuk per bulannya.

Sekarang, Anda tidak perlu bertanya-tanya lagi mengenai BLT Agustus kapan cair. Sebab, jawabannya sudah ada di artikel ini. Meski tanggalnya belum dinyatakan secara resmi, tetapi jenis-jenis BLT ini sudah pasti akan cair di bulan Agustus 2022.

Baca Juga: Jadwal Insentif Kartu Prakerja Agustus, Cek Nama Sekarang!