Jadwal BLT Dana Desa Cair Juli 2022 Beserta Kriteria Penerimanya

Jadwal BLT Dana Desa Cair Juli 2022 Beserta Kriteria Penerimanya

Banyak yang penasaran kapan jadwal BLT Dana Desa cair Juli 2022. Pasalnya, di bulan Juli ini sudah masuk kuartal ketiga pencairan Dana Desa yang diberikan oleh Pemerintah. Adapun nominalnya adalah sebesar Rp 300 ribu.

Pencairan tersebut nantinya akan dikirim melalui Rekening Desa kemudian akan disalurkan ke KPM atau Keluarga Penerima Manfaat yang ada di desa. Nantinya, penyaluran dana ini melewati Pemerintah Desa.

Tentang BLT Dana Desa

Tentang BLT Dana Desa

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa adalah salah satu jenis bantuan dari Pemerintah yang diperuntukkan untuk warganya. BLT ini berbeda dengan jenis lainnya karena harus melewati Pemerintah Desa.

Jadi, semua pendataan harus melalui Pemerintah Desa. Penerima bantuan ini tidak boleh terdaftar di penerima bansos lain seperti DTKS Kemensos, BPNT, BPUM, dsb.

Pemerintah mencanangkan program tersebut dengan tujuan untuk pemulihan ekonomi di tingkat desa sehingga diharapkan dari bantuan tersebut dapat bermanfaat.

Untuk mendapatkan Dana Desa (DD) ini, pemerintah desa perlu mendata KPM sebagaimana mengacu pada Permenkeu RI Nomor PMK 190/PMK.07/2021.

Dari peraturan tersebut, memuat isi bahwasanya desa wajib menganggarkan dana sebesar 40% yang diberikan oleh Pagu Dana Desa untuk BLT. Dari aturan ini, sudah jelas bahwa Dana Desa perlu dicairkan untuk keperluan BLT demi warganya

Adapun besarnya adalah Rp 300 ribu. Adapun jadwal BLT Dana Desa Cair Juli 2022 ini masih belum disalurkan. Namun, diketahui bahwa dana akan cair setiap bulan di tahun 2022 ini. Hal ini dijelaskan oleh Ivanovich Agusta, Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT.

Ivanovich menjelaskan bahwa BLT Dana Desa ini akan disalurkan sampai Desember 2022 dengan nominal penyaluran dana sebesar Rp 15,8 triliun.

Jadwal BLT Dana Desa Cair Juli 2022

Jadwal BLT Dana Desa Cair Juli 2022

Banyak yang bertanya kapan jadwal BLT Dana Desa cair Juli 2022? Pasalnya, ini semua tergantung dari desanya karena ini dicairkan secara bertahap. Jadi, Anda perlu bersabar untuk menunggunya.

Namun, yang pasti di bulan Juli, ada pencairan BLT Dana Desa yang akan disalurkan. Untuk menanyakan informasi lebih lanjut perihal BLT ini silahkan untuk menghubungi kepala desa setempat.

Kriteria Penerima BLT Dana Desa Cair Juli 2022

Kriteria Penerima BLT Dana Desa Cair Juli 2022

Bagi yang ingin mendaftar untuk mendapatkan BLT Dana Desa 2022, Anda perlu masuk ke dalam kriteria berikut ini:

  • Keluarga miskin atau tidak mampu yang tinggal di desa. Adapun prioritasnya yaitu adalah orang dari keluarga miskin dengan kategori ekstrem.
  • Orang yang kehilangan mata pencahariannya karena PHK atau pengangguran.
  • Punya anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit kronis atau menahun.
  • Keluarga yang mendapatkan bantuan sosial lainnya tetapi sudah terhenti. Baik yang dari APBD maupun dari APBN.
  • Keluarga miskin dan mengalami dampak dari pandemi Covid-19 serta belum menerima bantuan.
  • Keluarga dengan anggota RT (Rumah Tangga) tunggal yang sudah berumur atau tua.

Cek Penerima BLT Apakah Terdaftar Atau Tidak

Cek Penerima BLT Apakah Terdaftar Atau Tidak

Silahkan untuk segera cek apakah Anda termasuk dalam penerima BLT DD (Dana Desa), PKH, sampai BPNT yang cair di bulan Juli 2022 ini.

Untuk PKH dan BPNT, cara ceknya adalah menggunakan situs kemensos resmi. Berikut caranya:

  • Silahkan kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id.
  • Siapkan KTP dan isi formulir lengkap mulai dari nama dan alamat lengkap.
  • Selanjutnya, masukkan kode captcha dengan memasukkan huruf yang muncul di kotak.
  • Sistem akan mencocokkan identitas diri yang sudah Anda masukkan dengan data dari DTKS Kemensos. Apabila data KPM ada berarti Anda berhak menerimanya.

Adapun untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT Dana Desa, Anda bisa mengeceknya secara online, berikut tutorialnya:

  • Kunjungi laman https://sid.kemendesa.go.id
  • Setelah masuk ke halaman utama website, pilih menu Dana Desa.
  • Disana, akan muncul tiga opsi. Pilihlah yang BLT DD.
  • Isi identitas diri dan masukkan domisili sesuai dengan KTP.
  • Lalu, klik Tampilkan.
  • Selesai, akan muncul apakah Anda termasuk penerima bantuan atau tidak.

Syarat Pengambilan BLT DD

Syarat Pengambilan BLT DD

Untuk syarat pengambilan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa 2022, Anda perlu untuk mempersiapkan berbagai hal.

Dilansir dari website Desa Babagan, Kecamatan Rembang, peserta KPM (Keluarga Penerima Manfaat)perlu membawa beberapa dokumen sebagai verifikasi pemberian BLT DD.

Jadi, persyaratan ini belum tentu juga terjadi di desa lainnya karena beberapa desa memiliki aturan sendiri dan mungkin saja ada dokumen tambahan lain yang harus Anda penuhi.

Namun, syarat pengambilan BLT DD secara umum adalah sebagai berikut:

  • Membawa Foto Copy Kartu Keluarga (KK).
  • Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Surat undangan dari pemerintah desa setempat.
  • Terapkan juga protokol kesehatan dengan baik karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun karena biasanya disana juga disediakan tempat untuk mencuci tangan.
  • Selain itu, KPM juga perlu bersabar dalam antrian dan tertib agar pelaksanaan pencairan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Informasi di atas menjelaskan bahwa jadwal BLT Dana Desa cair Juli 2022 akan segera disalurkan. Perlu diketahui jumlah nominal untuk KPM BLT ini tetap sama dan berlangsung selama 1 tahun yang cair setiap bulannya.

Baca Juga: UPDATE BSU Cair Juli 2022, Ini Cara Cek dan Daftar Penerimanya