Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Agustus 2022, Jangan Terlewat!

Advertisements
Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Agustus 2022

BLT subsidi gaji atau BSU (Bantuan Subsidi Upah) merupakan bantuan dari pemerintah yang diberikan untuk para pekerja dengan nominal gaji di bawah 3,5 juta rupiah. Lalu, kapan BLT subsidi gaji Agustus rencananya akan segera dicairkan?

Lalu, kapan BLT subsidi gaji cair dan bagaimana cara mendaftarnya? Bagi Anda yang menerima bansos ini, Anda pasti sudah tidak sabar menunggu kapan jadwal cair BSU, bukan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jadwal pencairan BLT subsidi gaji.

Apa Itu BLT Subsidi Gaji?

Apa Itu BLT Subsidi Gaji

BLT subsidi gaji atau BSU (Bantuan Subsidi Upah) merupakan bantuan sosial yang diberikan pemerintah untuk mendukung kebijakan keuangan negara sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19.

Penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji ini sudah diatur sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021. Penerima bantuan ini merupakan WNI dibuktikan dengan kepemilikan KTP dan menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2021.

Penerima BSU merupakan pekerja yang memiliki upah di bawah 3,5 juta rupiah per bulan yang bekerja di lingkup wilayah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 3 dan 4.

Bantuan ini diberikan selama 2 bulan dengan nominal Rp500.000 per bulan atau total Rp1.000.000 jika dicairkan sekaligus. Apabila penerima BSU tidak memenuhi syarat atau kriteria tapi tetap mendapatkan bantuan tersebut, maka wajib mengembalikannya ke rekening kas negara.

Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Agustus

Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Agustus

BLT Subsidi Gaji atau BSU untuk para pekerja dengan gaji di bawah 3,5 juta ini rencananya akan dicairkan pada bulan Agustus ini. Bansos ini akan diberikan kepada 8 juta pekerja yang tersebar di 166 wilayah Indonesia dengan nominal Rp1.000.000 untuk 2 bulan.

BLT ini rencananya akan diberikan kepada para penerima mulai bulan April, namun hingga bulan Agustus ini masih belum ada kejelasan kapan cair. Pemberian bantuan sebesar Rp1.000.000 ini bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi para pekerja dan karyawan.

Sebelumnya, pemerintah juga sudah menyalurkan dana bantuan BSU ini pada tahun 2020 dengan nominal Rp2.400.000. Untuk bisa mendapatkan dana bantuan ini, Anda wajib terdaftar sebagai anggota atau peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kriteria Penerima BLT Subsidi Gaji

Kriteria Penerima BLT Subsidi Gaji

Untuk bisa menerima dana BSU atau BLT Subsidi Gaji, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Berikut ini kriteria penerima dana bantuan subsidi gaji sesuai Permenaker Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2021.

  • Berstatus WNI (Warga Negara Indonesia) dibuktikan dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada e-KTP.   
  • Terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan secara aktif hingga tanggal 30 Juni 2021.
  • Mendapatkan gaji maksimal Rp3.500.000 per bulan dan bekerja di wilayah yang masuk dalam zona PPKM level 3 atau 4.
  • Bantuan diutamakan untuk penerima yang bekerja di sektor usaha seperti industri barang konsumsi, transportasi, properti & real estate, perdagangan, dan jasa kecuali jasa kesehatan dan pendidikan sesuai klasifikasi data sectoral yang terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan.

Tahap Pencairan Dana BLT Subsidi Gaji 2022

Tahap Pencairan Dana BLT Subsidi Gaji 2022

Bagi Anda yang bertanya-tanya kapan jadwal BLT subsidi gaji Agustus cair, Anda harus mengetahui tahapan pencairan dananya terlebih dahulu. Tahapan yang harus dilalui untuk bisa menerima pencairan dana BSU atau BLT subsidi gaji antara lain sebagai berikut ini.

1. Tahap Verifikasi

Tahap pertama yang harus dilalui sebelum pencairan dana bantuan adalah verifikasi. Pada tahap ini, BP Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan verifikasi kesesuaian data berdasarkan kriteria dan ketentuan pada Permenaker RI Nomor 16 tahun 2021.

Verifikasi data ini meliputi status kewarganegaraan penerima (wajib WNI), terdaftar sebagai penerima BPJS Ketenagakerjaan hingga 30 Juni 2021, gaji maksimal 3,5 juta rupiah, bekerja di lingkup wilayah PPKM level 3 atau 4, dan bekerja di sektor usaha.

2. Tahap Validasi Administrasi

Setelah tahap verifikasi kesesuaian data, tahap selanjutnya yaitu validasi administrasi dan pembayaran BLT subsidi gaji yang dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan. Tahap validasi ini meliputi:

  • Data penerima bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), Kartu Prakerja, atau Program Bantuan Produktif Usaha Mikro.
  • Kelengkapan data, kesesuaian format, dan salinan atau duplikasi data.

3. Tahap Pencairan

Setelah mengajukan syarat BLT subsidi gaji, Anda mungkin akan menunggu kapan BLT subsidi gaji cair, bukan? Apabila Anda lolos verifikasi dan validasi data, BLT subsidi gaji Agustus akan segera dicairkan melalui Bank Himbara antara lain BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.

Sementara itu, untuk para pekerja penerima dana BLT 2022 yang berada di wilayah Aceh, maka pencairan dana bantuan akan dilakukan melalui BSI (Bank Syariah Indonesia).

Cara Cek Daftar Penerima BLT Subsidi Gaji

Cara Cek Daftar Penerima BLT Subsidi Gaji

Mengacu dari penyaluran dana bantuan tahun sebelumnya, pekerja yang dinyatakan sebagai penerima BLT subsidi gaji atau BSU bisa melakukan pengecekan status melalui link BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini cara mudah untuk cek daftar penerima BSU 2022.

  • Pertama, Anda bisa mengunjungi website resmi Kemnaker di bsu.kemnaker.go.id.
  • Jika Anda belum mempunyai akun, Anda bisa melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.
  • Setelah itu, Anda bisa melengkapi pendaftaran akun dan melakukan aktivasi menggunakan kode OTP yang dikirimkan melalui nomor HP yang didaftarkan.
  • Selanjutnya, Anda bisa login kembali ke website kemnaker.go.id dan lengkapi profil seperti foto profil, biografi, status pernikahan, dan tipe lokasi.
  • Terakhir, Anda bisa cek notifikasi yang dimunculkan pada halaman website mengenai status penerima apakah Anda diterima sebagai penerima BSU atau tidak.

Jenis Bansos di Indonesia

Jenis Bansos di Indonesia

Bagi Anda yang tidak terdaftar sebagai penerima bantuan tunai BLT subsidi gaji atau BSU, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa jenis bansos lainnya. Berikut ini jenis-jenis bansos di Indonesia yang menjadi program pemerintah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

1. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program yang diselenggarakan pemerintah sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi kerja bagi pencari kerja, pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, dan pekerja yang terkena imbas PHK.

Program pemerintah satu ini sudah diterapkan sejak 2020 selama masa pandemi covid-19. Hingga tahun 2022, program Kartu Prakerja ini sudah memasuki gelombang 31. Program pemerintah satu ini sudah mengeluarkan total anggaran mencapai 11 triliun.

2. BLT UMKM

Bagi Anda yang tidak bekerja di perusahaan, Anda tetap berkesempatan mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah yaitu BLT UMKM. Sesuai dengan namanya, bantuan sosial ini diberikan kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Bantuan sosial ini diberikan kepada 12,8 juta pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia dengan nominal sebesar Rp600.000 per orang. 

3. PKH

PKH atau Program Keluarga Harapan merupakan bantuan langsung tunai yang diberikan pemerintah untuk keluarga prasejahtera, terutama ibu hamil. Berdasarkan laman resmi kemensos.go.id, bantuan ini diberikan kepada ibu-ibu yang sedang mengandung.

Besaran bantuan PKH ini yaitu Rp3.000.000 per orang yang akan disalurkan melalui bank-bank BUMN seperti BRI, BTN, BNI, atau Mandiri.

Ulasan di atas tentunya bisa menjadi gambaran perkiraan kapan BLT Subsidi Gaji Agustus akan cair, bukan? Untuk jadwal pencairan dana bantuan sosial satu ini memang belum ada kepastian, namun Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala.

Baca Juga: Bansos PKL Agustus Cair Hari Ini! Cek Nama Anda Sekarang