Gunakan Cara Bermain Saham Online Yang Tepat Dan Menguntungkan Bagi Investor Pemula

  • Whatsapp

Berinvestasi saham di pasar bursa secara online sudah mulai banyak dilakukan generasi milenial. Saham sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang, tentunya akan sangat menguntungkan di masa depan. Apalagi tingkat return dan devidennya juga dapat dijadikan sumber pendapat lain, di luar pekerjaan utama. Untuk itu gunakan cara bermain saham online yang tepat dan menguntungkan, terutama bagi para investor pemula.

Investasi saham online menjadi salah satu pilihan investasi yang cukup menarik dan menjanjikan. karena instrumen pasar modal dapat memberikan return yang cukup besar dibandingkan jenis instrumen investasi lainnya.  Untuk itu dibutuhkan strategi dan  cara bermain saham online yang tepat serta menguntungkan. Beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan para investor pemula, agar hasilnya sesuai harapan, antara lain:

1. Siapkan Persyaratan Awal

Sebelum mulai berinvestasi melalui trading saham online, maka seorang calon investor wajib membuka rekening sahamnya. Dan agar cara bermain saham online tersebut aman, pilihlah broker dan perusahaan sekuritas yang terpercaya. Tentunya dapat dilihat dari rekam jejaknya selama bermain di pasar bursa.

Dan proses untuk pembukaan rekening saham dapat dibilang cukup mudah dan sederhana. Untuk itu persiapkan terlebih dahulu segala persyaratan, antara lain:

  • ID Card, yang merupakan persyaratan wajib untuk membuka rekening saham, seperti; KTP bagi WNI dan KITAS/ Paspor bagi WNA
  • NPWP, juga termasuk syarat wajib saat pembukaan rekening efek/saham. Apabila belum memiliki, dapat membuat pernyataan tidak atau belum memiliki NPWP, yang tentunya ditandatangani diatas materai
  • Fotocopy halaman depan buku tabungan untuk memudahkan pihak sekuritas memeriksa rekening bank nasabah. Apabila kedepannya nanti nasabah ingin menarik uang dari rekening saham miliknya.
  • No Identitas KSEI, bagi yang sudah memiliki rekening saham sebelumnya dan ingin membuka rekening saham keduanya atau selanjutnya.
  • Fotocopy KTP dan NPWP suaminya serta juga fotokopi Kartu Keluarga, apabila investor tersebut seorang ibu rumah tangga Materai Rp 6.000, yang dibutuhkan antara 2-8 buah, tergantung kebutuhan.

2. Lengkapi Formulir Pembukaan Rekening

Cara bermain saham online selanjutnya adalah mengisi formulir persyaratan pembukaan rekening saham di perusahaan sekuritas, yang sudah dipilih sebelumnya. Isilah setiap data yang terdapat di kolom tersebut, ada baiknya berkonsultasi dengan brokernya. 

Dengan begitu dapat meminimalisir resiko yang dapat terjadi di masa-masa mendatang. Saat ini pembukaan rekening saham pun sudah semakin praktis dan mudah dilakukan. bahkan tanpa harus mendatangi kantor perusahaan sekuritas, pembukaan rekening saham pun sudah dapat dilakukan dengan cepat.

Pengguna cukup mengunduh formulir pembukaan, mengisi dan melengkapi persyaratannya. Hal kembali mengunggahnya ke e-mail perusahaan sekuritas tersebut.

3. Setoran Dana Untuk Deposit Awal

Setiap perusahaan sekuritas pastinya memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam menetapkan setoran dana untuk deposit awalnya di rekening saham. Nah untuk menjadi referensinya, calon investor pemula dapat memilih perusahaan sekuritas yang cocok dengan dirinya, sebagaimana berikut:

  • BNI Sekuritas menawarkan 2 jenis layanan. Dengan mendaftar langsung ke kantor cabangnya atau hybrid yang setoran awalnya sebesar Rp5 juta. Dan secara online melalui situs resminya minimum Rp1 juta untuk setoran awalnya.
  • Mirae-Asset-Sekuritas-Indonesia, menetapkan minimal setoran awal sebesar Rp10 juta untuk masyarakat umum dan Rp3 juta bagi mahasiswa.
  • Indo Premier Sekuritas, menawarkan pembukaan rekening dengan setoran awal yang terendah Rp10o ribu saja.
  • Samuel Sekuritas Indonesia, menetapkan minimum sebesar Rp10 juta untuk rekening online trading dan Rp50 juta untuk rekening full service.
  • Profindo International Securities, menetapkan deposit awal minimal Rp100 ribu.

4. Unduh Aplikasi Trading

Setelah selesai menyetorkan dana untuk deposit awalnya, maka cara bermain saham online berikutanya adalh mengunduh aplikasiuntuk trading saham onlne. Aplikasi trading saham ini dapat diunduh melalui situs resmi perusahaan sekuritasnya. 

Atau dapat juga meminta secara langsung kepada brokernya. Yang nantinya investor tersebut akan mendapat ID, PIN dan password untuk mulai bertransaksi saham secara online.

5. Saatnya Memilih Dan Bertransaksi Saham

Dan cara bermain saham online diawali dengan menentukan jenis pilihan sahamnya. Lakukan dengan cermat dan kehati-hatian sebelum bertransaksi. Sesuaikan dengan tujuan awal saat akan membuka rekening saham sebelumnya. Jika ingin bertransaksi jangka panjang, pilihlah jenis saham blue chip

Pelajari analisa teknikal dan analisis fundamental saat memilih saham, jika ingin aktif menjadi trader jual-beli saham dalam jangka pendek. Yang paling penting dalam trading harian adalah memasang stop loss, untuk menjaga modal agar tetap aman, serta meminimalisir kerugiannya.

Nah, demikian cara bermain saham online yang tepat dan menguntungkan bagi para investor pemula. Mempelajari ilmu analisa teknikal dan fundamental sangat penting bagi seorang investor pemula. Apalagi jika ingin terjun menjadi trader harian, sehingga dapat meminimalisir kerugian, bahkan tetap dapat meraih keuntungan dalam setiap transaksi online-nya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *