5 Cara Download Lagu di YouTube dengan Website dan Aplikasi

Cara Download Lagu di YouTube dengan Website dan Aplikasi

Cara download lagu di YouTube bisa dilakukan dengan memanfaatkan situs converter atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi. Dengan begitu lagu jenis apapun yang diinginkan bisa didapatkan dengan cukup mudah.

Lagu yang nantinya di-download akan memiliki format MP4 ataupun bisa juga dalam format MP3. Intinya ketika melakukan proses download bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki serta resolusi dari lagu.

Artikel ini akan membahas beberapa cara untuk melakukan download dengan menggunakan website yang bisa diakses dengan menggunakan HP atau komputer. Selain itu bisa juga menggunakan aplikasi tertentu.

Cara Download Lagu di YouTube

Cara download lagu di YouTube bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama dengan menggunakan situs converter dan yang kedua bisa juga menggunakan aplikasi.

1. Pakai Y2Mate

Pakai Y2Mate cara download lagu di youtube

Untuk menggunakan situs ini caranya cukup sederhana yaitu dengan mencari terlebih dahulu video yang ada pada YouTube. Setelah itu bisa langsung mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Paste terlebih dahulu link dari YouTube pada kolom yang sudah disediakan.
  • Selanjutnya bisa langsung menekan tombol start.
  • Di bagian bawah ada beberapa pilihan yaitu video apabila ingin download MP4 dan audio apabila ingin download MP3.
  • Pilih pada bagian audio. Klik tombol download yang ada di sana atau bisa memilih tipe dari file yang akan di download.
  • File MP3 akan langsung masuk ke dalam galeri yang ada di ponsel ataupun laptop.

2. Memanfaatkan Aplikasi IDM

Memanfaatkan Aplikasi IDM

Apabila ingin menggunakan IDM caranya cukup sederhana yaitu hanya perlu membuka halaman dari YouTube terlebih dahulu yang ingin di download file MP3nya atau bisa juga videonya.

  • Apabila sudah aktif maka pada pojok kanan atas akan ada tombol IDM untuk melakukan download.
  • Karena akan download lagu maka bisa masuk memilih MP3.
  • Tunggu proses download berjalan dengan sendirinya.
  • Setelah itu bisa langsung membuka file.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan proses download pada MP4 yang berisi berbagai jenis lagu tanpa ada gambar gerak. Cara yang dilakukan hampir sama yaitu dengan langsung menekan tombol download di pojok kanan atas.

Setelah itu bisa langsung melakukan proses download dengan sendirinya. Setelah selesai bisa langsung dibuka untuk diputar.

3. Pakai MP3 Juice

Pakai MP3 Juice cara download lagu di youtube

Apabila menggunakan cara ini tidak perlu mencari link terlebih dahulu dari video yang ada pada YouTube. Kamu hanya perlu masuk ke dalam situs ini lalu mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Ketik kata kunci tertentu seperti judul lagu ataupun bisa juga nama artisnya.
  • Setelah itu bisa langsung menekan tombol konversi atau download.
  • Secara otomatis akan langsung muncul beberapa pilihan dari file MP3 yang bisa di download.
  • Seluruh lagu yang ada di sini berasal dari YouTube.
  • Apabila sudah menemukannya tinggal menekan tombol download.

4. Menggunakan Save From Net

Menggunakan Save From Net

Bisa menggunakan situs SaveFrom net yang selama ini banyak digunakan untuk mendownload video dari YouTube. Cukup buka situs tersebut lalu masukkan link dari video YouTube yang diinginkan.

Setelah itu secara otomatis di bagian bawahnya akan langsung muncul beberapa link download. Kamu bisa memilih apakah ingin download video ataupun audio jika menginginkan lagu dalam bentuk MP3.

5. Pakai YTMP3

Pakai YTMP3

Situs ini cukup mudah untuk digunakan karena hanya memerlukan beberapa langkah sederhana. Ikuti beberapa metode berikut ini.

  • Masuk terlebih dahulu ke dalam situs ytmp3.
  • Setelah masuk ke dalamnya siapkan link dari YouTube yang akan diambil lagunya.
  • Paste pada kolom yang sudah disediakan lalu tunggu selama beberapa saat.
  • Di bawahnya akan langsung muncul tombol untuk download MP3.
  • Klik pada tombol itu untuk memulai proses download.

Tips Download MP3 dari YouTube

Tips Download MP3 dari YouTube cara download lagu di youtube

Ada beberapa tips yang harus dilakukan apabila ingin melakukan download MP3 dengan memanfaatkan YouTube.

1. Pastikan Kualitas Video

Pastikan kualitas dari video memang sudah sangat tinggi. Apabila kualitas dari video tidak tinggi kemungkinan besar akan sangat sulit untuk melakukan konversi. Karena hasil akhir dari file akan sangat buruk.

Ketika melakukan konversi ini maka yang akan digunakan adalah file dari video yang diambil MP3nya saja. Apabila file asli justru sangat buruk dan tidak berkualitas maka akan sulit untuk dilakukan proses pengambilan.

Jadi pastikan untuk memilih yang kualitas gambar aslinya sudah sangat tinggi. Minimal kualitas dari gambar adalah 720p. Jadi ketika dikonversi menjadi bentuk apapun tidak akan mengalami kerusakan.

Selain itu coba untuk memutar terlebih dahulu video tersebut. Ini dilakukan untuk mengetahui kira-kira seberapa besar ukuran dari file yang nantinya bisa digunakan. Apabila ukuran paling tinggi di bawah 720p lebih baik untuk memilih yang lain.

2. Cek Keseluruhan Video

Pemutaran video terlebih dahulu dilakukan untuk melakukan pengecekan keseluruhan dari video. Sedikit informasi saja jika file dari video klip dengan file MP3 yang asli kemungkinan besar akan memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Dengan melakukan proses pengecekan ini maka bisa dilihat apakah musik tersebut dari awal hingga akhir berjalan dengan mulus atau ada tambahan narasi lainnya. Biasanya dalam video selalu ada tambahan tertentu yang membuatnya jadi sulit untuk dikonversi.

Misal ada bagian-bagian yang menunjukkan cerita tertentu atau penambahan kata-kata atau narasi secara langsung. Jadi pastikan untuk melihat apakah lagu tersebut dari awal sampai akhir sangat mirip dengan file MP3 yang ada di Spotify.

3. Pilih yang Memberikan Banyak Pilihan

Pilih terlebih dahulu alat konversi ataupun website yang memberikan banyak sekali pilihan. Maksud dari memberikan banyak sekali pilihan di sini adalah situs tersebut bisa memberikan banyak sekali ukuran dari MP3.

Biasanya ukuran dari MP3 itu berbeda-beda seperti kbps-nya. Apabila ukurannya sangat tinggi maka secara kualitas cukup bisa diandalkan sehingga bisa diletakkan pada ponsel ataupun digunakan untuk nada dering.

Selain itu pastikan juga situs tersebut juga melakukan proses konversi dalam bentuk video. Dengan bentuk konversi seperti ini maka dengan cara saja bisa langsung mendapatkan file MP3 dan bisa juga mendapatkan file dalam bentuk MP4.

4. Pilih yang Tidak Ada Batasan

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan konversi biasanya memiliki beberapa batasan. Umumnya batasan yang diberikan ini bisa dalam bentuk batasan dalam bentuk download dalam jangka waktu 24 jam.

Pastikan untuk memilih yang tidak ada batasan sama sekali. Dengan begitu maka proses konversi bisa berjalan dengan lebih mudah dan bisa melakukan proses download puluhan file dalam sekali waktu.

Biasanya situs yang menyediakan konversi secara gratis justru memiliki iklan. Tetapi selama jumlahnya tidak terlalu banyak dan mengganggu masih bisa digunakan daripada mendapatkan batasan.

Cara download lagu di YouTube ternyata cukup mudah untuk dilakukan asalkan memahami caranya. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan website converter yang saat ini sudah cukup banyak ditemukan di internet.

Apabila ingin menggunakan situs seperti itu disarankan untuk melakukan pengecekan hasil dari konversi. Apabila hasilnya tidak sesuai dengan keinginan maka bisa langsung diabaikan. Apabila hasilnya sesuai bisa diulangi lagi di kemudian hari.

Baca Juga: 6 Cara Dapat Uang dari TikTok (Endorse, Live, Nonton Video, dll)