Cara Gadai BPKB Mobil Terjamin Aman dan Disetujui

  • Whatsapp

Meski gadai BPKB mobil bukanlah hal yang asing lagi, tetapi masih banyak yang belum mengetahui caranya. Masih banyak orang yang bingung, tentang tata cara menggadai BPKB mobil. Ada beberapa cara yang harus diketahui, sebelum menggadai BPKB mobil. Berikut adalah cara gadai BPKB mobil yang harus diketahui.

Cara Gadai BPKB Mobil

1. Cari Tempat Gadai yang Terjamin

Pertama carilah tempat gadai yang terjamin. Pastikan tempat gadai yang dituju sudah legal, agar terhindar dari penipuan. Setelah menemukan tempat gadai yang tepat, datangi tempat gadai tersebut. Lalu cari tahu apakah tempat gadai tersebut, menerima gadai BPKB mobil atau tidak. Jika menerima gadai BPKB mobil, maka bisa lanjut ke cara berikutnya.

2. Mengisi Formulir

Cara kedua ialah mengisi formulir. Biasanya pihak pegadaian akan meminta nasabah untuk mengisi formulir terlebih dahulu. Formulir tersebut merupakan formulir pengajuan pinjaman, yang berisi pertanyaan-pertanyaan untuk nasabah. Isi formulir dengan lengkap dan benar, setelah itu masuk ke cara gadai BPKB mobil selanjutnya.

3. Bawa dan Lengkapi Seluruh Persyaratan

Cara ketiga ialah bawa dan lengkapi seluruh persyaratan. Setelah mengisi formulir, lengkapi lah syarat yang diberikan. Ini merupakan tahapan cara gadai BPKB mobil paling penting. Biasanya pihak pegadaian akan meminta para nasabah memenuhi beberapa persyaratan. Seperti fotokopi KTP atau identitas diri lainnya, BPKB asli, dan fisik kendaraan yang akan digadaikan.

4. Serahkan Formulir dan Seluruh Persyaratan

Cara berikutnya ialah menyerahkan formulir dan seluruh persyaratan. Serahkan formulir dan persyaratan ke pihak pegadaian. Jangan lupa untuk membawa mobil terkait, karena nantinya mobil tersebut akan dievaluasi oleh pihak pegadaian. Mobil tersebut juga akan menjadi penentu, besaran dana pinjaman yang akan didapatkan oleh nasabah.

5. Pihak Pegadaian Akan Menaksir Besaran Dana Pinjaman

Jika seluruh formulir dan persyaratan telah disetujui, selanjutnya adalah menunggu. Pihak pegadaian akan menaksir besaran dana pinjaman. Setelah menaksir besaran dana, pihak pegadaian akan memberitahu nasabahnya. Jika nasabah setuju, maka nasabah akan diarahkan ke proses selanjutnya.

6. Pihak Pegadaian Akan Membuat SBK

Tahap selanjutnya adalah menunggu pihak pegadaian membuat SBK. Apa itu SBK? SBK adalah Surat Bukti Kredit. Pembuatan Surat Bukti Kredit biasanya hanya memakan waktu 15 menit, tergantung dari ramai atau tidaknya tempat gadai. Setelah Surat Bukti Kredit jadi, para nasabah akan diarahkan ke tahap selanjutnya.

7. Pihak Pegadaian Akan Menjelaskan Tentang Pembayaran

Tahap berikutnya ialah pihak pegadaian akan menjelaskan tentang pembayaran. Para nasabah akan mendapatkan penjelasan tentang waktu jatuh tempo kredit. Penjelasan lainnya ialah mengenai barang jaminan yang akan dilelang. Jadi jika para nasabah tidak dapat melunasi kreditnya, maka barang pada nasabah akan dilelang oleh pihak pegadaian.

8. Menandatangani Surat Bukti Kredit dan Membayar Administrasi

Selanjutnya ialah para nasabah akan diminta untuk menandatangani Surat Bukti Kredit. Setelah menandatangani, para nasabah juga diminta untuk membayar biaya administrasi. Biaya administrasi yang dikenakan sebesar 10%, dihitung dari besaran dana pinjaman. Para nasabah dapat membayar biaya administrasi secara tunai, atau memotong dari dana pinjaman.

9. Bawa Pulang Dana Pinjaman yang Telah Didapatkan

Terakhir ialah membawa pulang dana pinjaman yang telah didapatkan. BPKB atau STNK akan ditahan oleh pihak pegadaian. Bahkan ada beberapa pegadaian yang juga menahan mobil para nasabah. Jadi cari pegadaian yang sesuai. Jika mobil memang dibutuhkan untuk kegiatan, maka cari pegadaian yang tidak perlu menahan mobil.

Itulah tadi cara gadai BPKB mobil yang harus diketahui. Cara diatas akan sangat berguna, untuk yang belum mengetahui tentang cara menggadaikan BPKB mobil. Ikutilah cara diatas agar gadai BPKB mobil dapat berhasil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *