7 Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard, Praktis Banget!

Praktis! 7 Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard Ini Bisa Jadi Opsi saat Kepepet

Mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai cara mematikan laptop dengan keyboard. Padahal cara ini bisa menjadi alternatif baru untuk mengoperasikan laptop. Kamu bisa dengan mudah mematikan laptop tanpa perlu memindahkan jemari dari keyboard.

Sudah umum diketahui bahwa keyboard sendiri digunakan bukan hanya untuk kepentingan mengetik saja, tapi juga untuk mengendalikan berbagai sistem operasi perangkat tersebut. Dari mulai membuka layar baru, hingga menonaktifkan perangkat.

Dengan cara baru ini, kamu tidak perlu lagi menggunakan cara mainstream. Dimana kamu harus membuka fitur power di logo windows yang terletak di pojok kiri bawah menggunakan mouse atau touchpad untuk mematikan laptop.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Tuts di keyboard ternyata bisa dimanfaatkan untuk mematikan laptop. Untuk berbagai merek dan tipe laptop caranya mungkin berbeda sedikit tapi secara umum tidak begitu jauh. Di bawah ini adalah beberapa shortcut yang bisa kamu lakukan untuk mematikan laptop hanya dengan keyboard saja;

1. Menggunakan Tombol Windows

Menggunakan Tombol Windows

Cara yang paling banyak dan umum diketahui adalah dengan menekan tombol Windows atau yang memiliki logo windows. Sebetulnya, cara ini adalah cara biasa, hanya saja tidak melibatkan mouse atau touchpad dalam operasinya. Tahapan seperti ini;

  • Klik tombol Windows
  • Pilih menu power
  • Lalu pilih opsi shutdown

2. Gabungan Tombol Alt+F4

Gabungan Tombol Alt+F4

Teknik pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menekan tombol Alt dan F4 secara bersamaan. Nantinya setelah ditekan, akan muncul opsi perintah untuk laptop, seperti switch user, shut down, sign out, sleep dan restart. Kamu bisa memilih ‘shut down’ untuk mematikan laptop.

3. Gabungan Tombol Win+U+U

Gabungan Tombol Win+U+U

Selain itu, kamu bisa menggunakan tombol yang berbeda, yaitu dengan menekan tombol Win dan diikuti dengan tombol ‘U’ dua kali dalam waktu yang berurutan. Dengan demikian maka laptop akan mati secara otomatis. Namun, cara ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Windows XP saja. 

4.    Gunakan CMD

Gunakan CMD

Cara mematikan laptop dengan keyboard lainnnya adalah dengan metode CMD. Dengan menggunakan teknik CMD ini, laptop yang sedang kamu gunakan akan mati dengan cepat dan mudah. Caranya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa tidak ada lagi aplikasi yang masih berjalan
  • Tekan tombol berlogo Windows dan diikuti huruf ‘R’ secara bersamaan
  • Lalu, nanti akan muncul pop up ‘Run’,
  • Ketik CMD di kolom yang tersedia, lalu tekan Enter
  • Setelah selesai, maka laptop akan mati seketika

5. Gabungan Windows + X

Gabungan Windows + X

Trik shortcut lain yaitu dengan menekan tombol Windows dan diikuti dengan tombol huruf ‘X’ secara bersamaan. Sebelum melakukannya, kamu perlu memastikan bahwa sudah tidak ada aplikasi yang masih berjalan atau tab yang terbuka.

6. Gunakan Run

Gunakan Run

Teknik selanjutnya ini hampir sama dengan teknik sebelumnya dengan CMD yaitu dengan menuju pop up menu Run di laptop kamu. Namun ada perbedaan sedikit di tahap terakhirnya. Tahapannya sebagai berikut;

  • Tekan tombol berlogo Windows dan diikuti huruf ‘R’ secara bersamaan
  • Lalu, nanti akan muncul pop up ‘Run’,
  • Ketik shutdown di kolom yang tersedia, lalu tekan Enter
  • Setelah selesai, maka laptop akan mati seketika

7.    Gabungan Tombol Ctrl+ Alt + Del

Gabungan Tombol Ctrl+ Alt + Del

Cara mematikan laptop dengan keyboard yang terakhir adalah dengan menekan tombol Ctrl, Alt, dan Del secara bersamaan. Kombinasi tombol ini akan memunculkan menu windows yang biasa ada di pojok kiri bawah. Setelah muncul, kamu bisa memilih menu power, lalu shutdown.

Cara Mematikan Macbook Dengan Keyboard

Cara Mematikan Macbook Dengan Keyboard

Bagi kamu pengguna Macbook, berikut ini adalah salah satu cara untuk mematikan Macbook dengan keyboard yang bisa kamu lakukan. Salah satu keunggulan dari Macbook sendiri, ia akan secara otomatis menutup semua program yang berjalan sebelum mematikan laptop.

  • Tekan tombol Control, Option, Command dan Media Eject atau power secara bersamaan
  • Kemudian, konfirmasi penyimpanan pekerjaan jika diminta
  • Ikuti alur shutting down.

Tips Cara Mematikan Laptop yang Benar

Tips Cara Mematikan Laptop yang Benar

Untuk menjaga kesehatan laptop, kamu perlu mengoperasikannya degan benar, jangan pernah digunakan sembarangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai eror dan kerusakan lain. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan setiap kali hendak mematikan laptop.

  • Sebelum mematikan laptop, pastikan sudah tidak ada lagi aplikasi yang berjalan, atau tab yang masih terbuka
  • Pastikan juga device luar (flashdisk, USB, atau CD) lepas dari laptop
  • Jangan matikan laptop dengan menekan tombol power kecuali sangat terdesak
  • Jangan tutup paksa laptop saat masih proses Shutting Down. Pastikan dulu laptop sudah mati total, baru bisa ditutup

Bagaimana Cara Mematikan Laptop Yang Hang?

Bagaimana Cara Mematikan Laptop Yang Hang

Terkadang, laptop yang terus terusan dipakai akan overheat dan berisiko ngehang. Saat seperti itu ditandai dengan kondisi laptop yang tidak bisa menjalankan perintah apapun. Lalu bagaimana cara untuk mematikan laptop yang sedang mengalami hang?

Langkah pertama yang bisa coba kamu lakukan adalah dengan menutup semua aplikasi yang sedang terbuka atau yang terlalu membebani laptop untuk beroperasi. Setelah ditutup lakukan cara berikut ini untuk mematikan laptop tersebut;

  • Tekan Ctrl+ Alt + Del
  • Lalu pilih power
  • Dan terakhir, pilih opsi shut down

Namun jika laptop tidak sanggup merespons sama sekali, kamu bisa menekan tombol power yang ada di atas keyboard untuk mematikan laptop secara paksa.

Tips Mengatasi Laptop Lemot

Tips Mengatasi Laptop Lemot

Terkadang, mematikan laptop menjadi tugas yang cukup berat jika perangkat itu sendiri lemot. Jika kamu memiliki laptop yang lemot atau buffering setiap kali menerima perintah, berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Hapus Program yang Tidak Digunakan

Laptop yang lemot kemungkinan besar diakibatkan oleh tidak adanya ruang yang cukup untuk perangkat bisa bekerja secara maksimal. Maka dari itu, kamu perlu menghapus berkas dan program yang sudah tidak digunakan lagi.

2. Bersihkan Berkas Sampah Di File Temp Secara Rutin

Selain itu, kamu juga harus secara rutin menghapus sampah yang biasanya terdapat di file temp secara rutin. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan penyimpanan ruang memori perangkat untuk bekerja. Caranya adalah;

  • Tekan Windows dan R dalam waktu yang sama
  • Lalu ketik %temp% di kolom yang tersedia
  • Pilih semua file dengan Ctrl + A
  • Lalu tekan Shift + Del untuk menghapus semua file

3. Hapus File di Folder Prefetch

Tips yang ketiga adalah dengan menghapus file yang ada di dalam folder prefetch dengan cara sebagai berikut;

  • Tekan Windows dan R dalam waktu yang sama
  • Lalu ketik prefetch di kolom yang tersedia
  • Klik OK jika menjumpai izin administrator
  • Lalu hapus semua file tersebut

Selain kegunaan utamanya untuk mengetik, keyboard juga ternyata menyimpan berbagai macam shortcut yang bisa mempermudah pekerjaan kamu. Seperti fungsinya untuk mematikan laptop dengan lebih praktis dengan ketujuh cara di atas.

Bagaimana? Mudah bukan cara mematikan laptop dengan keyboard saja? Jika kamu sudah terbiasa dengan cara ini, maka kamu tidak perlu lagi menggunakan mouse atau touchpad saat hendak mematikan laptop. Selamat Mencoba.

Baca Juga: 7 Merk HP Buatan Indonesia yang Tak Kalah Saing dan Bagus!