Cara Membuat Animasi di Power Point Dengan Jenis Animasinya

  • Whatsapp

Pentingnya membuat presentasi yang menarik melibatkan fitur yang ada pada power point untuk menghasilkan tampilan yang berkualitas. Untuk membuat animasi di Power Point salah satunya menggunakan alight motion bisa menghasilkan tampilan presentasi yang luar biasa. Maka pada saat membuat animasi pada Power Poin, perlu memahami seperti apa animasi tersebut, jenis dan bagaimana cara membuatnya.

Cara Membuat Animasi di Power Point

Apa Itu Animasi?

Animasi merupakan bagian atau fitur yang ada pada sebuah aplikasi atau perangkat yang biasanya digunakan untuk menghasilkan tampilan tertentu. Salah satunya, animasi yang ada pada Power Point dengan beberapa jenis. Dan digunakan untuk menampilkan, menghilangkan, memindahkan posisi gambar yang ditampilkan pada presentasi.

Fungsi dari membuat animasi pada Power Point yaitu untuk memberikan hasil presentasi secara visual yang aktif serta interaktif. Pada saat audiens meliha tampilan Power Point yang interaktif, maka animasi inilah yang memberikan efek fokus pada audiens.

Biasanya animasi juga terdapat pada semua software yang digunakan untuk presentasi, salah satunya Power Point. Lalu, apa saja jenis animasi yang ada dan bisa digunakan saat membuat presetasi dengan power point, bisa dipahami dan cara menggunakannya.

Jenis-Jenis Animasi

Ada beberapa jenis animasi pada Power Point yang bisa digunakan untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik secara visual. Adapun membuat animasi di Power Point  tersebut digunakan berdasarkan fungsi tampilannya masing-masing.

  • Entrance: Jenis animasi ini yaitu bekerja untuk memunculkan objek di slide yang ada pada Power Point. Entrance ini banyak macamnya seperti fade, fly ini, split, wipe dan sebagainya.
  • Emphasis: Pada emphasis ini fungsinya memberikan penekana pada objek di slide tertampil pada Power Point. Ada banyak macam yang bisa dipilih dan ditampilkan seperti pulse, teeter, dan sebagainya.
  • Exit Animation: Merupakan animasi yang berkebalikan dengan entrance, justru menghilangkan atau mengeluarkan objek. Pengguna bisa memilih swivel, bounce, float out dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis animasi yang menjadi pilihan dan memberikan banyak efek untuk tampilan presentasi yang dibuat. Sehingga hasil presentasi Power Point terlihat lebih hidup, maka inilah cara untuk membuat animasi agar lebih terlihat menarik.

Cara Membuat Animasi di Power Point

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat animasi pada Power Point. Inilah cara mudah untuk membuat animasi menjadi tampilan presentasi yang menarik.

1. Pilih Objek untuk diberi Animasi

Dalam hal ini objek berupa gambar, shaper, teks yang dibuat untuk Powe point. Pilih dengan mengarahkan satu per satu kemuidan tekaon ttombol ctrl dan klik gambar lainnya pada tampilan lapop/pc.

2. Gunakan Animasi yang Tepat

Pentingnya menggunakan animasi yang tepat bisa memilih dari beberapa animasi pada jenis animasi yang sudah ada. Misalnya saja untuk entrance, memilih appear, kemudian akan terlihat secara perlahan dengan klik  tab animation dan tanda panah kebawah. Selanjutnya pilih More enterenace effect dan pilih Float Out lanjut klik Ok untuk finishing.

3. Pilih Durasi

Durasi akan menentukan seberapa cepat atau lambat tampilan animasi pada Power Point. Caranya dengan pilih tab Animations klik Animation Pane atau Custom animation dan lanjut klik kanan pada objek, klik untuk timing. Pengguna tinggal memasukan niali angka, seperyi 0,4 artinya bergerak selama 0,4 detik.

Itulah cara menggunakan animasi di Power Point yang mudah dilakukan dan bisa mendapatkan hasil sempurna. Intinya pada saat membuat animasi Power Point yaitu memahami tahapan yang ada. Dan pahami jenisnya serta urutkan dengan baik agar hasil presentasi bisa maksimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *