Cara Membuat Masker Kain 3 Lapis Sesuai Standar Internasional

  • Whatsapp
Cara Membuat Masker Kain 3 Lapis

Masker kain sekarang ini tengah banyak dicari oleh masyarakat karena memang kebutuhan untuk memakai masker semakin tinggi. Salah satu jenis masker kain yang paling disarankan adalah masker kain 3 lapis. Jenis ini dinilai paling mumpuni dalam menangkal virus. Cara membuat masker kain 3 lapis juga tidaklah sulit, hanya dibutuhkan bahan yang tepat.

Bahan yang Diperlukan

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau dalam membuat masker ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit, tapi memang bahannya harus benar-benar diperhatikan. Karena tentunya bahan yang digunakan harus sesuai dengan standar kesehatan. Tidak boleh sembarangan, dan hanya menggunakan kain saja tanpa mengetahui jenis kainnya. Oleh karena itu perhatikan dengan baik bahan yang ingin digunakan.

  • pada bagian dalamnya memakai kain yang mudah menyerap, katun merupakan pilihan terbaik.
  • kalau untuk bagian tengah, bahan kain non tenun misalnya polipropilen.
  • lalu di bagian depannya gunakan bahan yang tidak menyerap seperti polyester murni atau campurannya. Fungsi penggunaan ini adalah untuk mengusir droplet.

Cara Membuat Masker Kain 3 Lapis

Selain bahan, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah proses pembuatannya. Karena kalau bahan sudah sesuai namun prosesnya tidak benar, maka hasil dari maskernya juga tidak akan benar. Kemungkinan justru proteksi dari masker tidak akan optimal. Tentunya hal ini sangat disayangkan karena sama saja membuang bahan dengan percuma, jadi perhatikan dengan baik.

1. Membuat Pola

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat pola, ataupun gambaran sebagai patokan pembuatan masker. Untuk ukuran dan polanya sendiri disesuaikan dengan ukuran masing-masing. Jadi tidak ada acuan dan pakem standar dalam menentukan ukurannya. Hanya pastikan untuk membuat ukuran sesuai, tidak terlalu besar atau terlalu kecil supaya perlindungan bisa lebih efisien.

2. Menggunting dan Menjahit

Setelah pola selesai dibentuk, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mulai memotong kain yang digunakan sesuai dengan pola. Potong semua kainnya, dan lebih kan 0,5cm dari pola yang sudah dibuat. Setelah selesai digunting, maka jahit kain tersebut sesuai dengan pola yang sudah dibuat. Lakukan semuanya dengan rapi

3. Meletakan Penyangga

Apabila lapisan pertama dan kedua masker sudah selesai dipasang, maka selanjutnya adalah menaruh penyangga. Saat hendak meletakan ini buatlah jalur khusus. Bentuk dari penyangga ini adalah logam kecil, yang sifatnya lentur. Jadi bisa dibentuk sesuai dengan bentuk hidung. Tidak perlu membuatnya sendiri, karena sekarang benda ini sudah bisa ditemukan di toko-toko.

4. Membuat Lapisan Ketiga

Kalau sudah selesai semuanya, dan hanya sisa lapisan ketiga maka saatnya melakukan pasangan ulang. Dalam melakukannya beri sedikit rongga pada bagian kanan dan kirinya. Hal ini sesuai dengan yang sudah dikatakan sebelumnya. Tujuan pemberian rongga ini adalah untuk memudahkan dalam hal bongkar pasang. Jadi lapisan ketiga bisa diganti-ganti sesuai dengan keinginan pengguna.

5. Tahap Merapikan

Pada tahap terakhir ini hanya tinggal merapikan saja. Tujuannya adalah untuk menghilangkan benang yang menjuntai, ataupun beberapa jahitan yang kurang rapi. Di tahap ini juga biasanya dilakukan pemasangan tali penghubung. Dalam panjang tali penghubung ini disesuaikan dengan lingkar kepala.

Biasanya ini pengecekan ulang, untuk melihat apakah ada yang miring atau tidak sesuai. Biasanya bagian yang paling banyak terjadi kesalahan adalah penyangga, ataupun lapisan pertama. Pada tahap ini juga lihat apakah ukuran masker sudah sesuai, dan apakah masih ada udara yang keluar.

Memang terlihat rumit, namun sebenarnya tidak serumit itu. Hal yang terpenting untuk dilakukan dalam membuat ini adalah ketelitian. Sebab kalau cara membuat masker kain 3 lapis ini dilakukan dengan asal-asalan, maka kemungkinan masker tidak bisa melindungi dengan optimal. Padahal tujuan utama dari pembuatan masker ini adalah untuk melindungi.

Pentingnya Membuat Masker Kain 3 Lapis Sesuai dengan Standar Internasional

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa harus membuat kain 3 lapis, dan kenapa bukan masker kain biasa yang hanya memiliki 1 lapisan saja. Hal ini dikarenakan masker ini dinilai bisa menghalangi virus, sebab di dalamnya adalah penghalang mekanistik. Penghalang tersebut dihasilkan dari tiga bagian yang memang terdapat di dalam masker jenis ini.

Masker jenis ini seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya memang memiliki 3 bagian. Bagian itu tentunya memiliki kegunaannya masing-masing. Oleh karena itu dalam menangkal virus, masker ini dinilai sudah mumpuni. Asalkan pemakaiannya dilakukan dengan benar. Dengan menggunakannya juga sama saja membantu mencegah terjadinya kelangkaan masker medis untuk kalangan profesional.

Sebab selain aman untuk digunakan, pembuatannya tidaklah sulit. Lalu bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya juga sangat mudah untuk ditemukan. Hanya saja memang seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau dalam cara membuat masker kain 3 lapis ini adalah ketelitian yang sangat dituntut. Supaya hasilnya bisa benar-benar optimal dan mampu melindungi pemakainya dengan optimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *